Tangkal Korut, Korea Selatan Bangun Iron Dome Senilai Rp37,5 Triliun

Iron Dome diperkirakan siap beroperasi pada 2035

Jakarta, IDN Times - Korea Selatan menyetujui rencana untuk mengembangkan sistem intersepsi artileri, mirip seperti Iron Dome Israel, senilai 2,6 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp37,5 triliun.

Berdasarkan keterangan Badan Akuisisi Pertahanan, sebagaimana dikutip dari The Straits Times, sistem pertahanan itu dibangun untuk melindungi Negeri Ginseng dari senjata dan roket jarak jauh Korea Utara.

Baca Juga: Samsung Masih Raksasa, Intip 10 Orang Terkaya di Korea Selatan

1. Seoul masih berada dalam jangkauan rudal Korea Utara

Tangkal Korut, Korea Selatan Bangun Iron Dome Senilai Rp37,5 TriliunIlustrasi tempat wisata di Seoul, Korea Selatan (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Salah satu pertimbangan di balik pengembangan Iron Dome adalah Seoul masih berada dalam jangkauan senjata jarak jauh dan roket Korea Utara. Ibu kota Korea Selatan itu dihuni oleh hampir setengah dari total populasi yang berjumlah 52 juta orang.

Rencana ini sebenarnya telah dibicarakan oleh pemerintah sejak akhir tahun lalu, ketika otoritas keamanan melalui cetak biru pertahanan mengusulkan kubah besi bergaya Korea.

2. Iron Dome diperkirakan siap beroperasi pada 2035

Tangkal Korut, Korea Selatan Bangun Iron Dome Senilai Rp37,5 TriliunRudal balistik antar benua terbaru dan terbesar yang dimiliki Korea Utara yang masih belum diketahui namanya. twitter.com/martyn_williams

Pada Senin (28/6/2021), komite yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Suh Wook menyetujui proyek pengembangan Iron Dome, yang tergabung dalam proyek pertahanan senilai 3,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp49,1 triliun.

Iron Dome ditargetkan siap beroperasi pada 2035.

“Melalui proyek ini, diharapkan kemampuan untuk merespons ancaman artileri jarak jauh musuh akan diperkuat, serta mengamankan teknologi dalam negeri, dan menciptakan lapangan kerja dalam negeri,” kata Suh Wook.

Baca Juga: Kim Jong-un: Korea Utara Siap Konfrontasi dengan AS

3. Kapasitas rudal Korea Utara terus berkembang

Tangkal Korut, Korea Selatan Bangun Iron Dome Senilai Rp37,5 TriliunParade militer Korea Utara dalam memamerkan rudal balistik yang diklaim sebagai senjata paling kuat di dunia pada hari Kamis, 14 Januari 2021, waktu setempat. (Twitter.com/JosephHDempsey)

Kementerian Pertahanan Nasional mengatakan, saat ini Korea Selatan hanya memiliki sistem pertahanan rudal Patriot dan Thaad yang dirancang untuk rudal balistik jarak pendek. Di sisi lain, kemampuan rudal Korea Utara terus mengalami peningkatan, terkhusus roket jarak jauhnya.  

Pyongyang tidak mengomentari pengerahan militer Seoul, tetapi para ahli percaya sebagian besar dari 13.600 senjata dan peluncur roket Korea Utara ditempatkan di dekat perbatasan, sekitar 40 km dari Seoul.

Baca Juga: 71 Tahun Pasca Perang Korea, Pentagon Perkuat Aliansi AS-Korsel

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya