Comscore Tracker

Texas Darurat Ameba, Butuh 60 Hari untuk Membersihkan Saluran Air

Harus masak air sampai mendidih supaya amebanya mati

Jakarta, IDN Times - Pejabat Texas mengumumkan butuh waktu lebih dari dua bulan untuk memastikan sistem perairan di negaranya benar-benar bersih dari ameba pemakan otak. Ameba dengan nama ilmiah Naegleria fowleri itu merenggut anak berusia enam tahun pada 8 September 2020 lalu.
 
Dilansir dari Reuters, Gubernur Texas Greg Abbott mengumumkan Brazoria Country dalam status darurat bencana. Dalam konferensi pers, dia mengingatkan seluruh warganya untuk merebus air hingga mendidih sebelum diminum atau digunakan.

1. Ameba sudah menyebar hingga saluran perairan

Texas Darurat Ameba, Butuh 60 Hari untuk Membersihkan Saluran AirGubernur negara bagian Texas, Greg Abbott (Twitter/GregAbbott_TX)

Dalam konferensi pers, Abbott menguraikan sejumlah rencananya yang akan berlangsung hingga musim gugur. Direktur Eksekutif Komisi Texas untuk Kualitas Lingkungan, Toby Baker, menambahkan perlu waktu dua hingga tiga minggu untuk menghapus pemberitahuan memasak air sampai mendidih. Kemudian, butuh waktu lebih dari 60 hari untuk meningkatkan kadar klorin supaya menghilangkan sistem perairan dari ancaman.
 
Saat ini, jajarannya tengah menguji air di berbagai wilayah Texas untuk mengetahui tingkat disinfektan yang bisa membunuh ameba tersebut. Dari 54 titik sampel air, dia mendapati 11 di antaranya berkualitas rendah dari nilai rata-rata.  

Baca Juga: Jenazah George Floyd Dimakamkan di Samping Nisan Ibunya di Texas

2. Tidak pernah ada masalah terkait air sebelumnya

Texas Darurat Ameba, Butuh 60 Hari untuk Membersihkan Saluran AirIlustrasi Texas (www.txdot.gov)

Manajer Kota Lake Jackson, Modesto Mundo, mengatakan bahwa kehadiran ameba ini sama sekali tidak terduga. Sebelumnya, kota di negara bagian Texas ini tidak memiliki permasalahan dengan air.
 
Para pejabat mengaku tidak tahu perihal ameba yang telah menyusup ke air minum umum. Biasanya, ameba ditemukan di banyak perairan di seluruh Amerika Serikat bagian Selatan, terutama menjelang bulan-bulan yang hangat.
 Meski begitu, Komisaris Departemen Layanan Kesehatan Texas John Hellerstedt mengatakan bahwa penyakit yang disebabkan ameba belum pernah terjadi sebelumnya.

3. Bocah meninggal akibat ameba pemakan otak

Texas Darurat Ameba, Butuh 60 Hari untuk Membersihkan Saluran Airilustrasi amuba (www.cdc.gov/)

Bocah berusia delapan tahun bernama Houston Chronicle meninggal akibat ameba pemakan otak. Ameba ini menyebabkan seseorang mengalami hipertemia, leher kaku, hingga halusinasi.
 
Hasil pengujian menemukan jejak ameba di taman lokal. Keluarga Chronicle menduga ameba menginang di tubuhnya setelah dia bermain di taman yang dimaksud. Sebab, dia jatuh sakit tidak lama setelah bermain di taman tersebut.
 
Jejak ameba juga ditemukan di air mancur pusat kota serta aliran air yang terhubung dengan hidran kebakaran.

Baca Juga: Jangan Asal Minum, Ini Lho 5 Aturan Minum Air Putih yang Benar

Topic:

  • Vanny El Rahman
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya