Comscore Tracker

Tiongkok: Taliban Sekarang Lebih Rasional dan Santun

Tiongkok ingin Taliban bisa melawan kelompok terorisme

Jakarta, IDN Times – Tiongkok menilai gerilyawan Taliban, yang baru saja merebut kekuasaan di Afghanistan, memiliki sikap yang lebih santun dan rasional.

"Banyak media yang percaya bahwa Taliban lebih santun dan rasional dibandingkan sebelumnya, dan China mendorong serta berharap Taliban segera mengimplementasikan pandangan positif ini," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying, Jumat (20/8/2021), seperti dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: NATO Siap Perangi Taliban jika Afghanistan Menjadi Sarang Terorisme

1. Tiongkok ingin Taliban bisa mewujudkan perdamaian di Afghanistan

Tiongkok: Taliban Sekarang Lebih Rasional dan SantunPejuang Taliban berjaga-jaga di provinsi Ghazni, Afghanistan, Sabtu (14/8/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer.

Beijing juga berharap Taliban dapat membangun sistem politik yang sesuai dengan situasi domestik Afghanistan.

"Taliban harus bisa mengatasi terorisme dan tindak kejahatan, memastikan terwujudnya perdamaian di Afghanistan, sehingga rakyat yang menderita akibat peperangan bisa hidup damai," ujar diplomat perempuan itu.

2. Tiongkok yakin Taliban sekarang berbeda dari Taliban masa lalu

Tiongkok: Taliban Sekarang Lebih Rasional dan SantunJuru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying. twitter.com/MFA_China

Banyak pihak yang meragukan komitmen Taliban membangun pemerintahan yang inklusif dan moderat.

Menanggapi keraguan itu, Hua meyakinkan bahwa tidak ada sesuatu di dunia ini yang tidak berubah. “Saya lebih suka melihat hal-hal secara dialektika, untuk melihat masa lalu dan masa kini, antara kata dan tindakan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Tiongkok juga berharap komunitas internasional dapat bekerja sama membantu pihak-pihak di Afghanistan, untuk mewujudkan dialog dan komunikasi untuk menghindari konflik serta perang saudara.

"Yang fundamental dalam mengatasi pengungsi Afghanistan adalah meminimalkan jatuhnya korban dan pengungsian berskala besar," ujarnya.

3. Tiongkok jelaskan perbedaan antara Afghanistan dan Taiwan

Tiongkok: Taliban Sekarang Lebih Rasional dan Santunpotret Taliban setelah menguasai Kabul (dnaindia.com)

Melalui pengarahan pers harian, Hua juga menjawab kritik Amerika Serikat yang membandingkan sikap Tiongkok terhadap Afghanistan dan Taiwan.

"Perbedaan utama antara Taiwan dan Afghanistan adalah Afghanistan negara berdaulat, sedangkan Taiwan bagian yang tak terpisahkan dari teritori China," jawabnya.

Sebaliknya, Hua juga mengkritik kebijakan luar negeri AS yang hanya fokus pada intervensi militer.

Sebelumnya, Tiongkok juga mengharapkan Taliban untuk dapat memerangi kelompok terorisme, salah satunya adalah East Turkestan Islamic Movement (ETIM), kelompok teroris yang berbasis di Xinjiang dan banyak diisi oleh orang-orang Uighur.
 

Baca Juga: Bukan Cuma Negara, Taliban Kuasai Harta Afghanistan 1 Triliun Dolar

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya