WHO Keluhkan Izin Masuk Peneliti COVID-19, Tiongkok: Jangan Berlebihan

Beijing berjanji akan kooperatif dengan WHO

Jakarta, IDN Times - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Tiongkok menyampaikan bahwa mereka sedang berkomunikasi dengan World Health Organization (WHO) tentang pemberian izin kepada tim peneliti independen yang berusaha menguak asal virus COVID-19.
 
Sebelumnya, pada Rabu (6/1/2021) WHO mengeluh karena Beijing tak kunjung memberikan izin masuk kepada 10 anggota tim peneliti.
 
“Itu bukan cuma perkara visa. Masalahnya lebih kompleks untuk memastikan jadwal dan menjamin bahwa tim peneliti bisa berhasil di Tiongkok. Kedua pihak kini sedang berkomunikasi untuk membahas kapan pastinya delegasi misi WHO bisa masuk ke Tiongkok,” kata Juru Bicara Kemenlu Tiongkok, Hua Chunying, sebagaimana dikutip dari South China Morning Post, Kamis (7/1/2021).

1. Tiongkok memastikan bersikap kooperatif dengan WHO

WHO Keluhkan Izin Masuk Peneliti COVID-19, Tiongkok: Jangan BerlebihanIlustrasi bendera Tiongkok (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter)

Hua menegaskan, otoritas Negeri Tirai Bambu akan bersikap kooperatif dengan segala misi WHO. Oleh sebab itu, dia berjanji akan memberikan konfirmasi secepat mungkin kapan ketua tim peneliti Peter Ben Embarik dan rekan-rekannya memperoleh akses masuk ke Tiongkok.
 
“Kami memahami perhatian WHO bahwa mengungkap asal-muasal COVID-19 bukan perkara mudah. Untuk memastikan tim bisa bekerja dengan nyaman, kami sedang merancang beberapa penyesuaian,” sambung Hua.

Baca Juga: WHO Kecewa Tiongkok Belum Izinkan Penelusuran Asal Usul COVID-19

2. Permasalahan ini tidak perlu dibesar-besarkan

WHO Keluhkan Izin Masuk Peneliti COVID-19, Tiongkok: Jangan BerlebihanIlustrasi Bendera Tiongkok berkibar (Kantor berita Xinhua)

Terkait kekecewaan WHO, Hua mengatakan bila sempat terjadi kesalahpahaman. Kendati begitu, dia meminta supaya masalah ini tidak diperpanjang karena Beijing telah berkomitmen untuk bersikap kooperatif.
 
“Pasti terjadi kesalahpahaman, tapi ini tidak perlu dilebih-lebihkan. Kerja sama kami (dengan WHO) sangat baik, dan saya percaya dan kami akan terus bekerja sama,” tutup Hua.

3. WHO kecewa kepada Tiongkok

WHO Keluhkan Izin Masuk Peneliti COVID-19, Tiongkok: Jangan BerlebihanDirektur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (REUTERS/Denis Balibouse)

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan pada Rabu, dia kecewa karena Tiongkok enggan bersikap kooperatif untuk mengungkap sumber SARS-CoV-2. Paling tidak satu dari dua peneliti yang sudah terbang ke Tiongkok harus kembali ke negara asal, dan satunya lagi harus transit di negara ketiga, sembari menanti izin masuk.
 
Virus yang pertama kali muncul di Wuhan ini telah menginfeksi lebih dari 87 juta umat manusia. Menlu Tiongkok sempat berdalih bahwa virus ini tidak berasal dari Tiongkok. Namun, WHO enggan mengamini dalih Tiongkok atau serampangan menyebut bahwa virus ini berasal dari Wuhan tanpa ada bukti ilmiah.

Baca Juga: Selidiki Asal-Usul COVID-19, Tim WHO Ditolak Masuk Tiongkok

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya