Comscore Tracker

Duh Kasus Stroberi Berjarum di Australia Makin Meluas

Warga diminta memotong stroberi sebelum memakannya

Queensland, IDN Times – Masih ingetkah dengan kasus jarum-jarum tersembunyi di dalam buah stroberi di Australia? Kasus buah berbahaya itu dikhawatirkan meluas. 

Kasus jarum dalam stroberi ini membuat khawatir se-Australia. Semula, kemasan buah berjarum itu hanya ditemukan di tiga negara bagian. Kini meluas menjadi enam negara bagian, demikian dikutip dari situs BBC (17/9). 

Seorang pria juga dilaporkan harus dibawa ke rumah sakit setelah mengonsumsi buah yang ternyata mengandung jarum jahit tersebut. 

Pemerintah Australia memerintahkan agar otoritas pangan Australia terus menyelidiki bagaimana jarum-jarum jahit berbahaya itu bisa masuk ke dalam stroberi.

1. Jarum dalam stroberi adalah kejahatan yang sangat kejam

Duh Kasus Stroberi Berjarum di Australia Makin MeluasPixabay

Untuk mencegah jatuhnya korban lain, beberapa merek produsen buah stroberi ditarik dari pasar. Sedikitnya, enam merek stroberi segar yang ditengarai mengandung jarum, yaitu Berry Obsession, Berry Licious, Love Berry, Donnybrook Berries, Delightful Strawberries, dan Oasis.

Petugas kesehatan setempat sudah mengimbau agar warga Australia memotong-motong lebih dulu stroberi yang akan mereka konsumsi. 

Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt menyebut bahwa kejadian ini merupakan sebuah kejahatan yang sangat kejam.  "Ini merupakan serangan umum terhadap masyarakat,"  kata Hunt.

2. Insiden peniru dari insiden sebelumnya

Duh Kasus Stroberi Berjarum di Australia Makin MeluasFacebook/Joshua Gane

Kasus jarum tersembunyi dalam stroberi pertama kali dilaporkan pekan lalu di Queensland. Kemudian kasusnya menyebar ke New South Wales, Victoria, Wilayah Ibu Kota Australia, Australia Selatan,  dan Tasmania. Petani dan polisi menduga, beberapa kasus kemungkinan insiden copycat atau meniru. 

Untuk menangkap pelakunya, pemerintah sampai menggelar sayembara. Siapa saja yang yang bisa mengungkap pelaku di balik penyimpanan jarum jahit ini dan dihadiahkan uang senilai A$100 ribu atau sekitar Rp1 miliar.

Baca Juga: Protes Lagu Kebangsaan, Bocah 9 Tahun Ini Dihujat Politisi Australia

3. Kekhawatiran yang meluas

Duh Kasus Stroberi Berjarum di Australia Makin MeluasStroberi siap kemas (Pixabay)

Harga stroberi langsung turun drastis akibat skandal jarum ini. Harga buah stoberi di Australia Barat bahkan dijual di bawah ongkos produksi, demikian dilaporkan ABC News.

Para petani prihatin dan mengungkap bahwa kasus ini muncul justru saat musim panen tiba. Tak pelak, kasus tersebut akan menghantam penjualan industri bernilai A$130 juta per tahun itu. 

Pada Senin, dua perusahaan terbesar di Selandia Baru, Countdown and Foodstuffs, menyatakan bahwa mereka menghentikan pasokan stroberi ke Australia karena khawatir. 

Duh, kok ada orang yang tega sih memasukkan jarum ke dalam stroberi-stroberi itu. 

Baca Juga: Ada Jarum dalam Stroberi-stroberi di Australia. Kok Bisa ya

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya