Comscore Tracker

Alasan Presiden Filipina Perintahkan Tutup Pulau Populer Turis Ini

Tutup 6 bulan

Pulau Boracay, IDN Times - Pemerintah Filipina mengumumkan penutupan salah satu pulau tujuan wisata terkenal mereka, yaitu Pulau Boracay selama enam bulan karena masalah limbah kotoran manusia. Penutupan ini akan dimulai tanggal 26 April nanti, demikian ditegaskan oleh juru bicara Presiden Duterte melalui akun Twitter tanpa memberikan penjelasan yang lebih rinci.

1. Presiden Filipina perintahkan tutup pulau populer turis ini

Alasan Presiden Filipina Perintahkan Tutup Pulau Populer Turis Initwitter.com/DubredoArmy

Pemerintah Filipina mengumumkan penutupan salah satu pulau tujuan wisata terkenal mereka, yaitu Pulau Boracay selama enam bulan karena masalah limbah kotoran manusia. Penutupan ini akan dimulai tanggal 26 April nanti, demikian ditegaskan oleh juru bicara Presiden Duterte melalui akun Twitter tanpa memberikan penjelasan yang lebih rinci.

2. Pendapatan pulau tersebut tahun senilai Rp 17 triliun

Alasan Presiden Filipina Perintahkan Tutup Pulau Populer Turis Initwitter.com/CGTNOfficial

Pulau berpasir putih seluas lebih dari 1.000 ha ini merupakan salah satu tujuan wisata terkenal di negara tersebut yang memiliki omset sebesar 17 triliun rupiah ((1.07 milyar dolar AS) tahun lalu, demikian dilansir dari The Guardian. Bulan Februari lalu, Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengkritik keras hotel, restoran dan bisnis lainnya yang berada di pulau ini dengan menuduh mereka membuang limbah kotoran manusia langsung ke laut dan menjadikan laut sebagai septic tank liar.

3. Sistem pembuangan limbah tidak memadai

Alasan Presiden Filipina Perintahkan Tutup Pulau Populer Turis Initwitter.com/CGTNOfficial

Para pejabat sudah memperingatkan bahwa sistem drainase pulau tersebut dipergunakan untuk mengirimkan limbah kotoran manusia ke laut lepas. Kementerian Lingkungan Hidup menyebutkan bahwa 195 bisnis bersama dengan 4.000 tempat tinggal lainnya tidak terkoneksi dengan jalur septic tank.

Dua bulan lalu pemerintah sudah memberikan evaluasi kepada 300 usaha karena masalah kebersihan atau pelanggaran lainnya, dimana 51 di antaranya sudah diberikan peringatan karena melanggar regulasi lingkungan.

4. Puluhan ribu orang akan terkena dampaknya

Alasan Presiden Filipina Perintahkan Tutup Pulau Populer Turis Initwitter.com/CGTNOfficial

Langkah nyata penutupan ini dengan menghentikan layanan penerbangan dan layanan ferry serta melarang kedatangan turis, dan jika perlu menempatkan aparat kepolisian 'jika diperlukan'. Asosiasi pengusaha di pulau tersebut telah meminta pemerintah mempertimbangkan langkah tersebut dan hanya menutup tempat usaha yang melanggar peraturan, meskipun sebenarnya kondisi pariwisata di pulau ini sudah menunjukkan tanpa penurunan.

Dengan 500 hotel yang berada di pulau tersebut, Pulau Boracay mempekerjakan lebih dari 17 ribu tenaga kerja dan sekitar 11 ribu pekerja konstruksi yang bekerja dalam proyek baru di sana.

margalayyd Photo Community Writer margalayyd

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You