Beri Hadiah pada Wanita yang Dihamili Pemain Bola, Burger King Dikecam

Terpaksa minta maaf dan menarik iklannya

Publik Rusia dibuat marah oleh sebuah iklan dari jaringan fast food, Burger King Rusia yang menawarkan hadiah sebesar 3 juta Rubel (Rp 663 juta) dan gratis Whoppers jika wanita negara tersebut berhasil dihamili oleh para pemain yang berkompetisi di Piala Dunia Rusia 2018.

1. Bertujuan menurunkan gen sepak bola terbaik untuk timnas Rusia

Iklan ini pertama kali muncul di media sosial VK - Facebook versi Rusia hari Selasa lalu, dengan penawaran tersebut di atas namun mendapatkan tanggapan negatif dari warga negara tersebut, demikian dilansir dari CNN. Dalam iklan yang sempat di-screenshot oleh situs Deadspin tertulis kampanye sebagai berikut:

"Burger King, dalam rangka tanggung jawab sosial, telah memutuskan memberikan hadiah kepada para gadis yang hamil dari para pemain di dunia sepak bola.

"Setiap orang akan menerima 3 juta rubel, dan hadiah Whooper seumur hidup. 

"Bagi para gadis ini, akan memungkinkan mendapatkan gen sepak bola terbaik, dan akan membawa kesuksesan timnas Rusia beberapa generasi mendatang.

"Tetap semangat! Kami percaya kepada kalian."

2. Burger King Rusia terpaksa minta maaf

Akibatnya Burger King Russia terpaksa menyampaikan permintaan maaf mereka melalui platform media sosial yang sama dan menegaskan telah menghapus semua materi terkait promosi tersebut.

"Kami meminta maaf atas pernyataan yang kami buat.

"Ternyata ini terlalu menghina. Kami mengucapkan terima kasih atas masukan Anda dan menyampaikan bahwa kami telah menghapus semua materi terkait penawaran ini," demikian tegas Burger King Rusia sebagaimana dilansir dari Sport Bible.

3. Tahun lalu sempat lakukan blunder lecehkan wanita

Catatan The Guardian, Burger King Rusia memang sempat melakukan blunder marketing dimana tahun lalu perusahaan jaringan dari Amerika Serikat ini menggunakan foto seorang korban perkosaan dalam iklan mereka.

Foto yang mirip Diana Shurygina yang diperkosa saat berusia 16 tahun saat pesta rumah dijadikan iklan kampanye beli satu gratis satu untuk burger mereka.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya