George Weah, Eks Pesepak Bola Terbaik Dunia Jadi Presiden Liberia

Selamat Weah, semoga amanah!

Jalan hidup seseorang memang sulit diramalkan. Inilah yang terjadi dengan mantan bintang sepak bola George Weah yang terpilih sebagai presiden Liberia.

Dari sejumlah pemain benua Afrika yang pernah mencicipi kerasnya kompetisi di liga utama Eropa, George Weah bisa dianggap sebagai yang terbesar. Pasalnya, dialah satu-satunya pemain dari benua hitam yang berhasil menggondol gelar FIFA World Player of the Year dan gelar Ballon d'Or pada tahun 1995.

Berkat pencapaiannya ini mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela sempat menjulukinya sebagai 'kebanggaan Afrika,' demikian dilansir dari The Guardian. George Weah yang kini berusia 51 tahun sempat bermain untuk Paris Saint-Germain dan AC Milan di tahun 1990-an sebelum pindah ke Chelsea dan Manchester City di penghujung karier profesionalnya.

1. Perjuangan selama 12 tahun

George Weah, Eks Pesepak Bola Terbaik Dunia Jadi Presiden LiberiaTwitter.com/GeorgeWeahOff

Setelah gantung sepatu dia sempat mencalonkan diri untuk jabatan presiden di negara Afrika yang sangat miskin ini. Hal itu terjadi 12 tahun lalu, namun saat itu dia dikalahkan oleh presiden incumbent saat ini, Johnson Sirleaf.

Johnson Sirleaf yang adalah seorang wanita mantan pejabat Bank Dunia ini kembali mengalahkan George Weah enam tahun kemudian. Saat itu, mantan pesepak bola ini mencalonkan diri sebagai wakil presiden, demikian dilansir dari Wall Street Journal.

2. Berdasarkan putusan Mahkamah Agung Liberia, George Weah resmi jadi presiden

George Weah, Eks Pesepak Bola Terbaik Dunia Jadi Presiden LiberiaTwitter.com/GeorgeWeahOff

Pemilihan presiden yang dilakukan setiap enam tahun sekali ini sempat mengalami kebuntuan setelah pihak lawan George Weah melancarkan tuduhan kecurangan dalam pemungutan suara di bulan Oktober lalu. Namun Mahkamah Agung negara tersebut menolak tuduhan tersebut di awal bulan Desember ini.

Berpatokan kepada putusan tersebut, akhirnya komisi pemilihan umum negara itu mengumumkan bahwa George Weah memenangkan pemilu presiden pada hari Kamis (28/12/2017) waktu setempat.

3. Suksesi damai di negara Afrika ini

George Weah, Eks Pesepak Bola Terbaik Dunia Jadi Presiden LiberiaTwitter.com/GeorgeWeahOff

Dalam pemilu kali ini, George Weah berpasangan dengan Jewel Howard Taylor, istri dari mantan presiden yang dipenjara dan yang didakwa sebagai penjahat perang, Charles Taylor. Kini tantangan berat menanti sang presiden terpilih Liberia yang menjanjikan perbaikan sistem kesehatan dan perbaikan layanan sosial seperti air bersih dan listrik.

Akankah George Weah mampu membawa negaranya keluar dari krisis ekonomi yang sedang melanda negaranya yang dipicu oleh epidemi Ebola, jatuhnya harga komoditas, dan korupsi yang merajalela di negaranya ini? Namun suksesi kepemimpinan yang berjalan mulus, dimana Liberia menjadi negara pertama di Afrika yang memiliki presiden wanita dan sekaligus negara pertama yang memilih seorang mantan pemain sepak bola sebagai presiden, mungkin bisa menjadi titik awal yang baik.

Selamat bekerja.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya