Presiden Putin Dianugerahi Medali Persahabatan dari Xi Jinping

Selain kesepakatan nuklir bernilai puluhan triliun rupiah

Beijing, IDN Times - Disatukan oleh lawan bersama, Tiongkok dan Rusia sepakat menjalin kerjasama yang lebih dekat lagi saat pemimpin kedua negara bertemu di Beijing hari Jumat lalu.

Pertemuan antara Presiden Xi Jinping dengan Presiden Vladimir Putin dilangsungkan di ibu kota Tiongkok, menjelang dilaksanakannya pertemuan tahunan Shanghai Cooperation Organization yang akan dilaksanakan di Qingdao akhir minggu ini.

1. Tiongkok dan Rusia akan saling mendukung

Presiden Putin Dianugerahi Medali Persahabatan dari Xi Jinpingtwitter.com/KremlinRussia_E

Dalam pertemuan tersebut disepakati sejumlah kesepakatan termasuk kerjasama di bidang nuklir dengan investasi berjumlah 20 miliar yuan (Rp 44 triliun) dan kesepakatan investasi industri sebesar Rp 14 triliun, demikian dilansir dari South China Morning Post.

Ia memuji kesepakatan kerjasama ini yang disebutnya telah mencapai level yang sudah matang.

"Presiden Putin dan Saya sama-sama berpikir bahwa kerjasama strategis Tiongkok-Rusia berada dalam tahap yang matang, kokoh dan stabil. Ini berada dalam level tertinggi, paling mendalam dan secara strategis menjadi hubungan yang paling penting antara dua negara besar di dunia," demikian tegas Xi Jinping kepada jurnalis usai pertemuan tersebut.

Entah bagaimana situasi internasional berubah, Tiongkok dan Rusia akan selalu saling mendukung dalam mempertahankan kepentingan utama negara mereka.

2. Rusia akan bekerja sama dengan Tiongkok dalam isu nuklir Korea Utara

Presiden Putin Dianugerahi Medali Persahabatan dari Xi Jinpingtwitter.com/EmbassyofRussia

Sementara itu Presiden Vladimir Putin menyatakan negaranya akan bekerja sama dengan Tiongkok dalam isu nuklir Korea Utara menjelang KTT antara Presiden AS, Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un yang akan diselenggarakan tanggal 12 Juni di Singapura.

Menurutnya Rusia dan Tiongkok 'berkepentingan mencapai perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea," demikian tegas Vladimir Putin dalam kesempatan yang sama, sebagaimana dilansir dari Quartz.

3. Presiden Xi Jinping sebut Putin sebagai sahabat terbaik saat anugerahkan 'Medali Persahabatan'

Presiden Putin Dianugerahi Medali Persahabatan dari Xi Jinpingtwitter.com/globaltimesnews

Dalam kesempatan yang sama Presiden Tiongkok menganugerahkan 'medali persahabatan' pertama Tiongkok, dengan menyebut Putin sebagai 'teman lama dan baik dari rakyat Tiongkok' sekaligus teman baiknya.

"Presiden Putin adalah pemimpin negara besar dan berpengaruh di dunia. Dia adalah teman terbaik dan paling dekat denganku," demikian pengakuan Xi Jinping.

Hubungan antara Tiongkok dan Rusia memang semakin membaik di tengah ketegangan ekonomi dan militer antara Tiongkok dan Amerika Serikat. Sementara Rusia sendiri masih terkena sanksi dari Amerika Serikat akibat mencaplok Crimera.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya