Inilah Daftar Biaya Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markle

Selain biaya pengamanan yang mencapai Rp 571 miliar

London, IDN Times - Pernikahan kerajaan (Royal wedding) antara Pangeran Harry dari Inggris dengan tunangannya, aktris Meghan Markle akan dilangsungkan kurang lebih 48 jam lagi.

Berbagai persiapan sejak sang pangeran dari Inggris mengumumkan pertunangannya tahun lalu sampai saat ini sudah dilakukan secara matang - tentunya dengan standar kerajaan Inggris yang dikenal memiliki harta yang tidak sedikit.

Seorang wedding planner berbasis di Inggris bernama Aimee Dunne memperkirakan, bahwa selain biaya pengamanan yang mencapai Rp 571 miliar ($40,1 juta), pasangan kerajaan ini setidaknya harus mengeluarkan dana Rp 52 miliar untuk berbagai jenis biaya lainnya.

1. Food and beverage Rp 9,6 miliar ($680.000)

Inilah Daftar Biaya Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markletwitter.com/@GoodHomesMag

Dengan 600 orang tamu yang akan menghadiri jamuan makan siang dan makan malam, ditambah 2.640 tamu umum yang akan mendapatkan jamuan camilan di lapangan Windsor Castle tempat dilangsungkannya upacara pemberkatan pernikahan, sang wedding planner memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan akan mencapai Rp 13 miliar ($680.000).

2. Tenda gelas Rp 5,6 miliar ($400.000)

Inilah Daftar Biaya Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markletwitter.com/@Reuters

Meskipun tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat upacara pernikahan mereka, diperkirakan bahwa pasangan ini akan membangun sebuah tenda besar dari gelas guna menyambut tamu - yang diperkirakan akan menelan biaya Rp 7,6 miliar ($400.000).

3. Gaun pengantin Rp 3,8 miliar ($270.000)

Inilah Daftar Biaya Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markletwitter.com/@MirrorCeleb

Meghan Markle diperkirakan akan mengenakan gaun pengantin rancangan rumah desainer Ralph & Russo, yang sebelumnya juga merancang gaun bagi selebriti Hollywood seperti Gwyneth Paltrow, Angelina Jolie and Beyonce.

Ralph & Russo pulalah yang merancang gaun yang dikenakan oleh Meghan Markle saat photo shoot upacara pertunangan pasangan ini.

Meskipun The Telegraph menurunkan berita bahwa gaun pengantin tersebut akan menelan biaya Rp 1,9 miliar, namun Aimee Dunne memperkirakan nilainya akan membengkak dua kali lipatnya.

4. Bunga, hiburan, cincin dan biaya lainnya

Inilah Daftar Biaya Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markletwitter.com/@ThandoMaNdlo

Untuk biaya pembelian bunga guna mendekorasi tempat penyelenggaraan upacara pemberkatan pernikahan dibutuhkan biaya setidaknya Rp 1,8 miliar ($130.000).

Biaya yang cukup besar juga dikeluarkan untuk membayar jasa hiburan yang terdiri dari paduan suara Choir of St George's Chapel, dan berbagai musisi lainnya seperti Karen Gibson and The Kingdom Choir serta pemain celo berusia 19 tahun, Sheku Kanneh-Mason.

Cincin pernikahan disebutkan akan terbuat dari emas Wales. Cincin pertunangan yang dirancang sendiri oleh Pangeran Harry itu menggunakan berlian dari Botswana, dikelilingi oleh dua berlian milik mendiang ibunya, Putri Diana. Para pakar menaksir bahwa cincin tersebut bisa bernilai Rp 4,9 miliar ($350.000).

Pengeluaran pasangan kerajaan ini jelas jauh lebih besar dari rata-rata pengeluaran yang dikeluarkan oleh rakyat Inggris kebanyakan, saat melangsungkan pernikahan mereka yang mencapai Rp 520 juta.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya