Comscore Tracker

Rumah Kaca Dome Terbesar Dunia Segera Dibangun di Perancis

Mirip film The Hunger Games

Sebuah rumah kaca tropis dome terbesar dunia direncanakan akan dibangun di Perancis dalam waktu dekat ini. Rancangan rumah kaca seluas 65 ribu meter per segi yang rencananya akan dibangun di Pas-de-Calais, Perancis pun sudah diumumkan.  Rumah kaca bernama Tropicalla ini dirancang oleh perusahaan arsitektur Perancis bernama Coldefy & Associates yang mengumumkan rancangan mereka ini.

1. Isinya dipenuhi dengan berbagai flora dan fauna eksotis

Rumah Kaca Dome Terbesar Dunia Segera Dibangun di PerancisColdefy & Associates

Yang paling menarik dari rancangan ini tentunya adalah skala atap dome yang rencananya akan berbentuk seperti cangkang dengan insulasi dobel dan transparan, mengingatkan kita akan film The Hunger Games. Bentuknya pun boleh dianggap luar biasa dan digadang-gadang sebagai sebuah 'gelembung harmoni' karena bentuk rumah kaca tersebut, demikian dilansir dari CNN.

Sebuah jalan sepanjang satu kilometer juga akan melintasi rumah kaca ini yang menghubungkan berbagai lanskap tropis yang memungkinkan para tamunya berjalan di dalamnya, yang dipenuhi dengan berbagai flora dan fauna eksotis.

2. Juga terdapat sebuah pantai selain berbagai hal lainnya

Rumah Kaca Dome Terbesar Dunia Segera Dibangun di PerancisColdefy & Associates

Antara lain bunga-bunga dan tetumbuhan, burung-burung eksotis, sebuah pantai dan air terjun setinggi 25 meter serta kolam seluas kolam renang yang dipenuhi dengan berbagai ikan Amazon termasuk di dalamnya. Dengan konsep bangunan ramah lingkungan, firma arsitektur ini juga merancang pemanfaatan sumber energi yang bisa dihasilkan dari atap bangunan ini.

Bangunan rumah kaca raksasa ini akan menggunakan bahan baja dan plastik ETFE dan akan ditanamkan ke dalam bumi untuk mendayagunakan insulasi alami dan memastikan udara dalam ruangan stabil dalam suhu 26 derajat celcius sepanjang tahun.

3. Tropicalla direncanakan akan dibangun tahun 2019 dan selesai tahun 2021

Rumah Kaca Dome Terbesar Dunia Segera Dibangun di Perancishighsnobiety.com

Tropicalla ini diperkirakan akan menelan biaya sebesar 62 juta dolar AS dan akan bekerja sama dengan perusahaan energi Dalkia.  Dalkia merupakan sebuah perusahaan jasa energi yang menawarkan jasa layanan pemeliharaan dan manajemen energi dalam skala industri bagi berbagai tempat seperti kantor, rumah sakit, dan layanan publik.

Tropicalla akan memulai peletakan batu pertamanya tahun depan dengan masa konstruksi selama dua tahun.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya