Satu Lagi Putri Kekaisaran Jepang Pilih Nikahi Rakyat Jelata

Harus tanggalkan gelar putri kekaisaran

Putri Ayako dari kekaisaran Jepang mengumumkan keputusannya untuk menikahi seorang rakyat jelata, yang membuatnya harus meninggalkan statusnya sebagai anggota kerabat kekaisaran Jepang.

Keputusan ini disampaikan oleh biro rumah tangga kekaisaran Jepang hari Selasa kemarin bahwa putri ketiga dan termuda dari mendiang Pangeran Takamodo, yang adalah sepupu dari Kaisar Akhihito, akan menikahi seorang karyawan sebuah perusahaan perkapalan Nippon Yusen K.K. bernama Kei Moriya. Dia merupakan lulusan dari Keio University, demikian dilansir dari Kyodo News.

1. Dicomblangi oleh ibunda Putri Ayako

Satu Lagi Putri Kekaisaran Jepang Pilih Nikahi Rakyat Jelatatwitter.com/vaninaswchindt

Dilansir dari CNN, pasangan ini bertemu setelah dicomblangi oleh sang ibu Putri Ayako, yaitu Putri Hisako Takamodo, yang baru-baru ini mengunjungi timnas Jepang yang berpartisipasi di Piala Dunia Rusia 2018.

Putri Hisako Takamodo mengenal ayah dari calon menantunya ini selama 40 tahun lebih saat keduanya kuliah di Inggris. 

Putri Hisako Takamodo juga berharap agar putrinya bisa ikut tertarik dengan kegiatan kesejahteraan internasional saat bertemu dengan Kei Moriya, yang juga merupakan anggota dewan dari sebuah NGO yang membantu memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mendapatkan pendidikan di negara-negara berkembang.

Kebetulan Putri Ayako adalah seorang lulusan pasca sarjana dengan spesialisasi keadilan sosial.

2. Tinggalkan gelar putri kekaisaran Jepang namun dapat kompensasi 1 juta dolar AS

Satu Lagi Putri Kekaisaran Jepang Pilih Nikahi Rakyat Jelatatwitter.com/Royal_Circular

Dalam kenyataannya, pasangan ini ternyata memiliki banyak kesamaan selain kegiatan amal di bidang kesejahteraan sosial dimana mereka sama-sama menyukai ski, buku dan travelling.

Menurut biro rumah tangga kekaisaran Jepang pasangan ini akan melakukan upacara pertunangan tanggal 12 Agustus 2018 dan melangsungkan upacara pernikahan di kuil Meiji Jingu, Tokyo tanggal 29 Oktober 2018.

Sesuai dengan peraturan kekaisaran Jepang, sang putri diharuskan meninggalkan kerabat kerajaan saat mengucapkan sumpah pernikahannya dengan suaminya, namun Sang Putri akan menerima bonus yang diperkirakan berjumlah 1 juta dolar AS.

3. Jumlah anggota keluarga kekaisaran Jepang semakin berkurang

Satu Lagi Putri Kekaisaran Jepang Pilih Nikahi Rakyat Jelatatwitter.com/ChannelNewsAsia

Putri Ayako bukanlah putri pertama di generasinya untuk berencana menanggalkan gelarnya sebagai putri kekaisaran Jepang dimana sepupu keduanya dan cucu tertua dari Kaisar Akhihito, yaitu Putri Mako juga sudah mengumumkan rencananya menikahi seorang pengacara bernama Kei Komoro.

Namun rencana yang semula diumumkan bulan Mei lalu akhirnya ditunda sampai bulan Februari tahun depan dengan alasan belum siap menikah, demikian dilansir dari CNN.

Meskipun rencana pernikahan Putri Ayako tidak seheboh rencana pernikahan Putri Mako, karena bukan merupakan keturunan langsung dari Kaisar Akhihito, namun pernikahannya akan membuat jumlah anggota kekaisaran Jepang menurun menjadi 17 orang saja.

Hal ini membuat tugas mereka semakin bertambah mengingat anggota mereka semakin berkurang.

Sebuah resolusi yang ditambahkan dalam UU Abdikasi Kaisar Akhihito bulan Juni tahun lalu juga memasukkan desakan agar pemerintah mempertimbangkan isu suksesi, termasuk opsi para putri membangun sebuah cabang keluarga setelah menikahi rakyat jelata, yang memungkinkan keturunan mereka ikut ambil bagian dalam tugas-tugas kekaisaran.

Selain itu juga ada debat apakah memperbolehkan seorang putri kekaisaran menjadi kaisar negara tersebut, namun debat ini berakhir setelah kelahiran Pangeran Hisahito tahun 2006 - yang menjadi putra pertama yang lahir sejak 40 tahun terakhir.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya