Tidak Ada Siaran Piala Dunia Bagi Tahanan Hamas di Penjara Israel

Hak para tahanan Hamas dicabut

Tel Aviv, IDN Times - Menteri Keamanan Umum Israel menyatakan bahwa dirinya sedang berusaha mencabut hak bagi anggota Hamas yang berada dalam tahanan Israel untuk menonton siaran Piala Dunia Rusia yang akan berlangsung pertengahan bulan depan ini.

Sang Menteri bernama Gilad Erdan yang membawahi kepolisian dan penjara Israel telah memerintahkan kepala penjara Israel, Ofra Klinger dalam sebuah pertemuan yang berlangsung hari Minggu lalu, agar tahanan Hamas dilarang menyaksikan turnamen yang akan berlangsung di Rusia dari tanggal 14 Juni sampai 15 Juli mendatang.

1. Untuk tekan Hamas kembalikan serdadu Israel

Tidak Ada Siaran Piala Dunia Bagi Tahanan Hamas di Penjara Israeltwitter.com/kareemMajjour

Rupanya kebijakan ini memiliki maksud untuk memberikan tekanan kepada Hamas, guna mengembalikan serdadu dan jasad serdadu mereka yang masih berada di tangan Hamas.

"Saya tidak berniat membiarkan anggota Hamas yang ditahan di penjara kami menikmati laga Piala Dunia sementara masih ada sandera Israel dan tentara Israel yang meninggal di Jalur Gaza," demikian tegasnya sebagaimana dilansir dari Independent UK.

Ucapan Gilad Erdan ini mengacu kepada dua serdadu Israel. Yaitu Oren Shaul dan Hadar Goldin yang terbunuh di dalam Perang Gaza tahun 2014, namun sampai saat ini jasad mereka bulan dikembalikan.

Selain itu, dua serdadu Israel lainnya, yaitu Israelis Abera Mengistu dan Hisham al-Sayed sampai saat ini masih ditahan oleh Hamas selama beberapa tahun terakhir ini.

2. Sang Menteri kumpulkan tim pakar untuk ubah peraturan tahun 1997

Tidak Ada Siaran Piala Dunia Bagi Tahanan Hamas di Penjara Israelhaaretz.com/Itzik Ben-Malki

Menteri Keamanan Umum Israel ini dilaporkan sedang mengumpulkan sebuah tim pakar hukum untuk mengubah peraturan, menyangkut waktu menonton televisi bagi tahanan yang dikategorikan sebagai ancaman keamanan dengan tahanan biasa.

Berdasarkan peraturan yang dikeluarkan tahun 1997 ini, kedua jenis tahanan tersebut tidak dipisahkan, di mana tahanan biasa memiliki hak untuk menonton siaran televisi, demikian dilansir dari Haaretz.

3. Selain itu tekanan lainnya adalah melarang kunjungan keluarga

Tidak Ada Siaran Piala Dunia Bagi Tahanan Hamas di Penjara Israeltwitter.com/FIFAWorldCup

Saat ini terdapat sekitar 6500 orang Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel, demikian berdasarkan data dari pengamat hak asasi manusia.

Selain melarang para tahanan Hamas menyaksikan turnamen sepak bola terakbar dunia ini, langkah lainnya guna memberikan tekanan kepada Hamas adalah melarang kunjungan keluarga dari Gaza.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya