Baru Diresmikan, Patung Eks Jendral Iran Hangus Terbakar

Pembakaran patung Soleimani bukan kali pertama terjadi

Jakarta, IDN Times - Sebuah patung mantan komandan Pasukan Quds Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), Qasem Soleimani, dibakar pada Rabu (5/1/2022) malam di Shahrekord, Iran barat.

Video yang dilaporkan dari tempat kejadian memperlihatkan kondisi patung itu dilalap api di tengah bundaran. Pelaku pembakaran merupakan pendukung gerakan oposisi Iran, Organisasi Mujahidin Rakyat Iran, sebagaimana dikutip dari Arab News.

1. Dikaitkan dengan pembunuhan Soleimani 

Melansir The Jerussalem Post, Mohammad Ali Nekounam, perwakilan Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei dan pemimpin shalat Jumat Shahrekord, mengaitkan pembakaran patung itu dengan pembunuhan Soleimani.

"kejahatan ini (terjadi) di kegelapan malam seperti kejahatan yang sama di bandara Baghdad yang diselimuti malam dan puncak kepengecutan, dan itu akan membuat posisi haji Qasim di hati lebih stabil," kata Nekounam.

Sementara itu, Ali Safavi, anggota Komite Urusan Luar Negeri mengatakan rakyat Iran membenci Soleimani karena peran aktifnya dalam penindasan berdarah beberapa pemberontakan nasional di Iran.

Beliau juga terlibat dalam enam serangan mematikan terhadap anggota Mujahidin-Khalq (MEK) ketika mereka berbasis di kamp Ashraf dan Liberty di Irak. Selain itu, dia juga aktif dalam mengarahkan, mempersenjatai, dan mendanai kelompok proksi rezim Iran di Suriah, Irak, Lebanon, dan Yaman.

2. Pembakaran patung telah terjadi beberapa kali 

Baru Diresmikan, Patung Eks Jendral Iran Hangus TerbakarTangkapan layar video pembakaran patung mantan jendral Iran pada Rabu malam. (twitter.com/سائر سبيل)

Patung Soleimani tersebut baru saja diresmikan pada Rabu (5/1/2022) pagi. Patung setinggi enam meter itu dibangun dengan biaya sekitar 150 juta Toman (sekitar Rp 510 juta), menurut ISNA.

Ini bukan pertama kalinya patung mantan komandan Pasukan Quds dibakar di Iran. Pada Agustus tahun lalu, sebuah patung Soleimani juga dibakar di kota Yasuj di barat daya Iran.

Baca Juga: Iran Eksekusi Pria yang Bocorkan Informasi soal Soleimani kepada AS

3. Menandai 2 tahun terbunuhnya Soleimani 

Baru Diresmikan, Patung Eks Jendral Iran Hangus TerbakarIlustrasi bendera Iran (unsplash.com/mostafa meraji)

Dilansir VOA, reporter media IRIB mengutuk tindakan tersebut dan menyebutnya sebagai tindakan penghinaan yang terjadi ketika Iran menandai peringatan kedua pembunuhan Soleimani.

Pada hari Kamis, ribuan orang Iran juga memberikan penghormatan kepada 250 "syuhada tak dikenal" yang tewas dalam perang Iran-Irak 1980-1988. Upacara diadakan di seluruh negeri, seperti yang dilaporkan media pemerintah.

"Kami selalu menderita kehilangan para syuhada, seperti Haji Qassem (Soleimani), karena mereka semua berjuang di garis depan dengan hati mereka," kata Ali Asghar, seorang pelayat di Teheran.

Baca Juga: Iran vs AS: Standar Ganda Washington soal Pembunuhan Soleimani

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya