Bertemu Para Veteran, 3 Menteri Afsel Malah Disandera

Akibat upaya negosiasi terkait tunjangan yang gagal

Jakarta, IDN Times – Pihak kepolisian Afrika Selatan menuju ke sebuah hotel di daerah Centurion dekat ibukota Pretoria pada Kamis (14/10/2021) malam setelah mendengar kabar mengenai penyanderaan terhadap 3 orang menteri.

Menteri pertahanan, Thandi Modise, wakil menterinya, Thabang Makwetla, dan Menteri Kepresidenan, Mondli Gungubele, menjadi korban dalam aksi penyanderaan tersebut. Sebelumnya, mereka sedang mengadakan pertemuan dengan para veteran anti-apharteid. Polisi mengonfirmasi bahwa tidak ada tembakan dalam aksi penyelamatan sandera.

1. Pertemuan dengan para veteran

Dilansir AP News, pertemuan 3 menteri dengan para veteran tersebut yang diselenggarakan di sebuah hotel bertujuan untuk mengatasi keluhan yang disampaikan oleh para veteran. Para veteran anti-apharteid menginginkan beberapa hal seperti bantuan tunai, perumahan, dan tunjangan Kesehatan atas jasa mereka dalam perjuangan apharteid.

Ketika para menteri dan veteran gagal mencapai kesepakatan, mereka memutuskan untuk menunda pembicaraan mereka.

"Saat kami meninggalkan pertemuan, menuju pintu, mereka (para veteran) menutup pintu. Saat itulah kami menyadari bahwa kami disandera," kata Gungubele, dilansir dari Reuters.

2. 56 orang ditangkap atas aksi tersebut

Bertemu Para Veteran, 3 Menteri Afsel Malah DisanderaIlustrasi Borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Polisi Afrika Selatan pada hari Jumat (15/10/2021), mengatakan bahwa 56 orang telah ditangkap karena aksi penyanderaan tersebut. Mereka kemungkinan akan dituntut karena melakukan upaya penculikan.

“56 tersangka saat ini berada dalam tahanan polisi dan mereka diperkirakan akan didakwa setidaknya tiga tuduhan penculikan,” kata juru Bicara Nasional SAPS, Brigadir Vish Naidoo yang dilansir dari The South African.

Naidoo, mengatakan bahwa tidak ada tembakan yang dilepaskan selama penyelamatan sandera. Namun, tiga tersangka dibawa untuk perawatan medis karena mengeluh sakit, sementara satu tersangka mengeluh cedera.

Baca Juga: Afrika Selatan: 30 Singa Dibunuh karena Terlalu Menderita

3. Upaya negosiasi yang gagal

Bertemu Para Veteran, 3 Menteri Afsel Malah DisanderaTim Tugas Presiden tentang Pembekalan dan Kesejahteraan Veteran Militer. (twitter.com/KepresidenanAfrika Selatan)

Dilaporkan oleh The South African bahwa alasan penyanderaan itu akibat kegagalan ketiga menteri tersebut dalam memenuhi apa yang dituntut oleh para veteran. Veteran mengatakan bahwa mereka telah diabaikan oleh pemerintah, padahal mereka sangat berperan dalam membuka jalan bagi Kongres Nasional Afrika (ANC) untuk memenangkan pemilihan demokratis pertama di tahun 1994.

Para veteran menuntut agar Presiden Cyril Ramaphosa bisa turun tangan untuk mengatasi keluhan mereka karena Modise tidak dapat mengatasinya. Awalnya mereka direncanakan untuk bertemu dengan David Mabuza, yang merupakan kepala tim tugas kepresidenan tentang isu-isu yang berkaitan dengan veteran militer, tetapi dia tidak dapat menghadiri pertemuan tersebut dan Modise dan kontingennya dikirim sebagai gantinya.

Baca Juga: Afrika Selatan: 30 Singa Dibunuh karena Terlalu Menderita

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya