Gaji Rendah, Ribuan Guru di Iran Unjuk Rasa di 100 Kota

Gaji dirasa rendah akibat inflasi yang melanda Iran

Jakarta, IDN Times – Ribuan guru di Iran turun ke jalan untuk mengadakan protes terkait lambatnya reformasi gaji dan dana pensiun. Demonstrasi digelar di lebih dari 100 kota negara Iran, mengutip Middle East Eye, Minggu (20/2/2022).

Demonstrasi itu merupakan serangkaian aksi terbaru para guru dalam upaya menuntut kenaikan gaji akibat biaya hidup yang terus meningkat. Selama beberapa bulan terakhir, para guru menuntut pemerintah mempercepat penerapan sistem pemberian gaji berdasarkan pengalaman dan kinerja mereka. 

1. Beberapa guru ditangkap dalam aksi protes 

Gaji Rendah, Ribuan Guru di Iran Unjuk Rasa di 100 KotaIlustrasi Borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebuah surat kabar lokal melaporkan bahwa para guru memprotes di luar parlemen di Teheran dan di depan pejabat Kementerian Pendidikan di ibu kota provinsi, termasuk Isfahan, Shiraz, dan Mashhad.

Dilansir Al Awsat, anggota Sindikat Guru Iran, Mohammed Habibi, mengatakan bahwa sebanyak 15 orang ditangkap di Kota Karaj. Dia juga mempublikasikan rekaman video pertemuan guru di beberapa provinsi Iran. Salah satu video memperlihatkan para guru dipukuli oleh aparat keamanan.

2. Reformasi gaji direncanakan akan diterapkan pada bulan Maret 

Baca Juga: Iran Luncurkan Rudal Baru dengan Jangkauan 1.450 Km, Tembus ke Israel!

Dalam tuntutannya, para guru menyerukan agar dana pensiun mereka disejajarkan dengan pegawai sektor publik lainnya. Selain itu, mereka juga menyerukan pembebasan bagi guru yang dipenjara.

Sementara pekan lalu, parlemen Iran mengatakan sistem baru, yang tertunda selama lebih dari satu dekade, akan diterapkan dari awal tahun kalender baru Iran, yang dimulai pada 21 Maret.

3. Inflasi akibat sanksi dari AS 

Gaji Rendah, Ribuan Guru di Iran Unjuk Rasa di 100 KotaIlustrasi sanksi (uscgpi.com)

Protes oleh para guru di Iran dilakukan sebagai imbas dari inflasi yang mencapai 40 persen. Inflasi tersebut disebabkan oleh sanksi ekonomi yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS) sejak 2018. 

Salah satu yang paling terdampak dari inflasi itu adalah para pegawai negeri terutama guru yang mendapatkan gaji tetap. Pendapatan mereka tidak dapat mencukupi biaya hidup mereka, yang setiap hari semakin meningkat.

Baca Juga: Iran Pamer Rudal di Tengah Perundingan Kesepakatan Nuklir

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya