Gempa Bumi 6,1 SR di Afghanistan Tewaskan 250 Orang

Guncangan terasa hingga Pakistan dan India

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan 6,1 SR menewaskan sedikitnya 250 orang di Afghanistan pada Rabu (22/6/2022), menurut Kantor Berita Bakhtar yang dilansir The Straits Times.

Seorang pejabat mengatakan, sekitar 250 orang juga terluka dan pemeriksaan sedang dilakukan untuk melihat apakah jumlah korban mungkin meningkat.

Gempa itu terjadi sekitar 44 kilometer dari kota Khost, dekat perbatasan Pakistan, pada kedalaman 51 kilometer, kata US Geological Survey.

1. Getaran dirasakan di tiga negara 

Getaran dirasakan oleh sekitar 119 juta orang di Pakistan, Afghanistan, dan India. Itu disampaikan oleh European Mediterranean Seismological Centre (EMSC) di Twitter resminya.

“Goncangan kuat dan lama,” ungkap seorang penduduk ibu kota Afghanistan, Kabul, yang diposting di situs web EMSC.

Foto-foto yang diunggah di media sosial menunjukkan beberapa rumah lumpur yang rusak parah di daerah pedesaan terpencil.

Baca Juga: Arab Saudi Sumbang Rp437 Miliar untuk atasi Krisis di Afghanistan

2. Mendesak bantuan segera 

Gempa Bumi 6,1 SR di Afghanistan Tewaskan 250 OrangIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala kementerian bencana alam pemerintahan Taliban, Mohammad Nassim Haqqani, mengatakan sebagian besar korban meninggal berada di provinsi Paktika, di mana 100 orang tewas dan 250 lainnya terluka.

“25 orang lainnya tewas di Khost dan lima di provinsi Nangarhar,” katanya, seraya menambahkan bahwa penyelidikan sedang dilakukan untuk menentukan apa ada lebih banyak korban.

Sementara itu, juru bicara pemerintah, Bilal Karimi, menyerukan kepada badan-badan bantuan untuk tanggap darurat kepada para korban gempa, demi mencegah bencana kemanusiaan lebih lanjut.

Mohammad Amin Huzaifa, kepala Departemen Informasi dan Kebudayaan di Paktika, salah satu provinsi yang terkena gempa, mengatakan kepada AFP bahwa jumlah korban diperkirakan akan meningkat.

3. Belum ada laporan korban di negara tetangga 

Gempa Bumi 6,1 SR di Afghanistan Tewaskan 250 OrangIlustrasi gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Tidak ada laporan segera mengenai kerusakan atau korban di Pakistan maupun India.

Bencana itu terjadi ketika Afghanistan telah mengalami krisis ekonomi yang parah sejak Taliban mengambil alih pada  Agustus tahun lalu. Peralihan kekuasaan terjadi tidak lama setelah pasukan internasional pimpinan AS ditarik setelah dua dekade perang.

Menanggapi pengambilalihan Taliban, banyak negara yang menjatuhkan sanksi pada sektor perbankan Afghanistan dan memotong bantuan pembangunan senilai miliaran dolar.

Afghanistan sering dilanda gempa bumi, terutama di pegunungan Hindu Kush, yang terletak di dekat persimpangan lempeng tektonik Eurasia dan India. 

Baca Juga: Motif ISIS-K Serang Kuil Sikh di Afghanistan: Balas Dendam untuk India

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya