Comscore Tracker

Imbas Kunjungan Pelosi ke Taiwan, China Setop Kerja Sama dengan AS

Beijing juga jatuhkan sanksi kepada Pelosi dan keluarganya

Jakarta, IDN Times – China mengumumkan penangguhan beberapa kerja sama dengan Amerika Serikat (AS) pada Jumat (5/8/2022). Langkah itu diambil sebagai bentuk pembalasan Beijing atas kunjungan ketua DPR AS, Nancy Pelosi, baru-baru ini ke Taiwan.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan telah menangguhkan pembicaraan iklim di kedua belah pihak. Begitu pun dengan dialog antara komandan militer tingkat senior kedua negara, sebagaimana dilansir Channel News Asia. Langkah itu juga akan menangguhkan kerja sama dengan Washington dalam hal pemulangan migran ilegal, bantuan peradilan dan kejahatan transnasional, serta tindakan antinarkoba.

Baca Juga: Utusan Malaysia untuk China Mengecam Kunjungan Pelosi di Taiwan

1. Beijing menjatuhkan sanksi terhadap Pelosi dan keluarganya  

Imbas Kunjungan Pelosi ke Taiwan, China Setop Kerja Sama dengan ASNancy Pelosi, Ketua DPR Amerika Serikat (Twitter.com/Nancy Pelosi)

China memandang Taiwan sebagai sebuah wilayah yang memiliki pemerintahan sendiri, tetapi masih bagian dari wilayahnya dan berjanji bahwa suatu hari akan mengambilnya, bahkan secara paksa jika perlu. Kunjungan Pelosi ke Taiwan pada Rabu (3/8/2022), membuat China bereaksi dengan melakukan operasi militer menjelang dan setelah kunjungan tersebut.

Beijing memandang kunjungan AS ke Taiwan tidak dapat diterima. Pada Jumat, China juga memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Pelosi dan keluarga dekatnya sebagai tanggapan atas tindakannya yang dianggap kejam dan provokatif.

Baca Juga: Nancy Pelosi: AS Tak Akan Tinggalkan Taiwan walau Ditekan China

2. China sebelumnya telah memperingatkan Pelosi 

Imbas Kunjungan Pelosi ke Taiwan, China Setop Kerja Sama dengan ASDelegasi Amerika Serikat yang dipimpin Nancy Pelosi saat mengunjungi Taiwan pada 3 Agustus 2022. (Twitter.com/Nancy Pelosi)

Respons China ini adalah yang terbaru dari serangkaian tanggapan terhadap keputusan Pelosi untuk mengunjungi Taiwan. Itu kunjungan tingkat tertinggi oleh seorang pejabat AS dalam 25 tahun, meskipun China telah berulang kali memperingatkan untuk membatalkan niatnya itu.

Selama kunjungannya, Pelosi memuji demokrasi Taiwan, keberhasilan ekonomi dan catatan hak asasi manusianya. Dia juga bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen dan mengadakan konferensi pers bersama.

Sebagai tanggapan, China menembakkan rudal balistik dan mengerahkan jet tempur dan kapal perang pada Kamis, meluncurkan latihan militer terbesarnya di sekitar Taiwan. Latihan ini melintasi jalur pelayaran tersibuk di dunia, di beberapa titik hanya 20 kilometer dari pantai Taiwan.

Baca Juga: China Luncurkan 11 Rudal Balistik ke Perairan Taiwan

3. Kerja sama China dan AS dalam hal iklim 

Imbas Kunjungan Pelosi ke Taiwan, China Setop Kerja Sama dengan ASPresiden AS, Joe Biden (twitter.com/President Biden)

China dan Amerika Serikat, dua penghasil karbon terbesar di dunia, sempat meluncurkan pakta iklim yang mengejutkan pada pertemuan puncak COP26 di Glasgow tahun lalu.

Mereka telah berjanji untuk bekerja sama untuk mempercepat aksi iklim dekade ini, dan berjanji untuk bertemu secara teratur untuk mengatasi krisis iklim.

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya