Iran Kecam Serangan Rudal Israel di Suriah: Langgar Kedaulatan!

Badan-badan internasional bungkam atas serangan ke Suriah 

Jakarta, IDN Times – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Iran mengecam keras serangan yang dilakukan Israel di pinggiran kota Damaskus, Suriah, pada Jumat (22/7/2022). Juru bicara Kemlu, Nasser Kanaani, mengatakan tindakan itu adalah pelanggaran mencolok atas kedaulatan sebuah negara dan hukum internasional yang diakui.

Ia juga mengaku terkejut dan mempertanyakan kebungkaman badan-badan internasional terutama pembela hak asasi manusia, sebagaimana dikutip dari Tasnim.

Kanaani mengatakan masyarakat internasional, khususnya Dewan Keamanan PBB, harus memenuhi tanggung jawab mereka terkait kejahatan yang terus berlanjut dan tindakan berbahaya rezim Zionis.

Baca Juga: Hubungan Iran-Israel Memburuk, PM Bennett: Rezim Iran Akan Berakhir

1. Serangan rudal tewaskan 10 orang 

Iran Kecam Serangan Rudal Israel di Suriah: Langgar Kedaulatan!Ilustrasi Garis Polisi (IDN Times/Mardya Shakti)

Dilansir Al Jazeera, Israel melancarkan serangan rudal ke wilayah Damaskus pada Jumat. Menurut Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Suriah, serangan itu menewaskan tiga tentara Suriah dan melukai tujuh lainnya.

Observatorium Suriah Untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) menambahkan bahwa tiga warga asing tewas sehingga total korban tewas berjumlah enam dan korban terluka menjadi 10 orang. Kemenhan juga menerangkan bahwa beberapa rudal yang diluncurkan dari Dataran Tinggi Golan itu berhasil dicegat.

Baca Juga: Serangan Udara Rusia di Suriah Tewaskan 7 Orang, Termasuk Anak-anak

2. Serangan hantam fasilitas intelijen 

Iran Kecam Serangan Rudal Israel di Suriah: Langgar Kedaulatan!Ilustrasi peluncuran rudal Israel (twitter.com/Ge Douglas Fraser)

SOHR mengungkap, rudal yang diluncurkan pada Jumat menghantan fasilitas intelijen angkatan udara, kantor perwira tinggi, dan sebuah mobil di dekat bandara militer Mezzeh.

“Rudal itu juga menghancurkan depot senjata Iran di daerah Sayyida Zeinab,” lapor badan tersebut.

Sejauh ini, Israel belum mengomentari laporan tersebut.

Baca Juga: Iran Tunjuk Kepala Intelijen Baru untuk Atasi Ancaman Israel

3. Israel jarang mengakui serangannya ke Suriah 

Iran Kecam Serangan Rudal Israel di Suriah: Langgar Kedaulatan!Ilustrasi bendera Israel (Unsplash.com/Levi Meir Clancy)

Israel telah melakukan ratusan serangan udara ke wilayah Suriah sejak pecahnya perang pada 2011 terhadap pasukan pemerintah serta pasukan proksi Iran dan pejuang Hizbullah Lebanon di wilayah itu.

Meski begitu, Israel ajrang mengakui serangan yang mereka lancarkan. Israel mengklaim, serangan itu dilakukan untuk mencegah meluasnya pengaruh Iran di dekat wilayahnya.

Bulan lalu, Israel juga melakukan serangan terhadap bandara Damaskus. Akibatnya, landasan pacu tidak dapat digunakan selama berminggu-minggu.

SUMBER RUJUKAN:

  • https://www.tasnimnews.com/en/news/2022/07/23/2746628/iran-raps-israeli-regime-s-deadly-missile-attack-on-syria
  • https://www.aljazeera.com/news/2022/7/22/israeli-strike-kills-three-soldiers-syrian-ministry
Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya