Iran-Qatar Adakan Petemuan, Nyatakan Siap Jalin Kerja Sama

Iran tawarkan bantuan dalam perhelatan Piala Dunia FIFA 2022

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran, Hossein Amirabdollahian, bertemu dengan Emir Qatar, Tamim bin Hamad Al Thani, di Doha pada Selasa (11/1/2022) untuk menyuarakan kesiapan Iran dalam membuka kerja sama regional baik yang bersifat bilateral maupun multilateral.

Atas perluasan hubungan pemerintah Iran dengan tetangganya itu, menteri luar negeri menekankan perlunya delegasi tingkat tinggi Iran dan Qatar untuk melakukan kunjungan timbal balik untuk konsultasi, seperti yang dikutip dari Kantor Berita Tasnim.

1. Menjalin kerja sama ekonomi untuk perkuat hubungan 

Iran-Qatar Adakan Petemuan, Nyatakan Siap Jalin Kerja SamaIlustrasi saling berjabat tangan (pexels.com/Oleg Magni)

Menlu Iran dalam kunjungannya juga meninjau perkembangan terakhir dalam hubungan politik, keamanan, dan perdagangan antara Teheran dan Doha. Hal itu menunjukkan banyak peluang untuk peningkatan kerja sama ekonomi dan menekankan perlunya untuk meningkatkan interaksi antara kedua negara tetangga tersebut.

Sementara itu, Emir Qatar menekankan pentingnya hubungan dengan Iran dan kerja sama dalam isu-isu regional. Dia mengungkapkan kesiapan negaranya untuk meningkatkan hubungan dengan negara tersebut.

2. Menawarkan bantuan kepada Qatar dalam perhelatan Piala Dunia FIFA 

Iran-Qatar Adakan Petemuan, Nyatakan Siap Jalin Kerja SamaIlustrasi Sepak Bola (IDN Times/Mardya Shakti)

Baca Juga: Menlu Iran: Tidak Ada Tempat Bagi Zionisme di Masa Depan! 

Menlu mencatat, kunjungannya ke Iran tak lain sebagai bagian dari rencana untuk memperkuat kebijakan pemerintah tentang upaya bertetangga yang baik. Merujuk pada peluang kerja sama dengan Qatar, Amirabdollahian mengatakan serangkaian pembicaraan telah diadakan dengan negara Arab itu karena akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022.

Menlu mencatat bahwa Iran memiliki kapasitas besar dalam hal ini. Dia menawarkan bantuan pada layanan teknis, rekayasa, dan fasilitas yang dapat diberikan Iran untuk membantu Qatar dalam perhelatan empat tahunan tersebut.

3. Iran juga mengadakan pertemuan dengan Oman 

Iran-Qatar Adakan Petemuan, Nyatakan Siap Jalin Kerja SamaPertemuan Menlu Iran, Hossein Amirabdollahian, dengan Menlu Oman, Oman Sayyid Badr Al-Busaidi. (twitter.com/Iran Foreign Ministry)

Sebelum bertandang ke Qatar, pada Senin (10/1/2022), Menlu Iran juga berkunjung ke Oman untuk memperingati 50 tahun hubungan keduanya. Dalam kunjungannya tersebut, Amirabdollahian menyatakan kepuasannya terhadap hubungan kedua negara dan menyatakan perlunya mengadakan pertemuan lanjutan guna membahas masalah politik, ekonomi, dan budaya.

Menlu Iran juga memuji sikap Oman terkait isu-isu regional yang diselesaikan berdasarkan dialog dan kerja sama. Dia juga menyatakan puas mengadakan perdagangan dan berharap upaya itu dapat menjadi sarana untuk menjaga perdamaian dan keamanan kawasan.

Baca Juga: Gedung Putih: Iran akan Bayar Mahal Jika Berani Menyerang AS

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya