Comscore Tracker

Iran Tekankan Dukungan untuk Upaya Perdamaian PBB di Suriah

Iran salahkan AS karena halang-halangi proses perdamaian 

Jakarta, IDN Times - Seorang diplomat Iran bernama Ali Asghar Khaji menyuarakan dukungan negaranya terhadap rencana Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) guna menjamin perdamaian dan stabilitas di Suriah, serta untuk melindungi kedaulatan negara Arab tersebut.

Dilansir Tasnim, dalam sebuah pertemuan di Teheran pada hari Sabtu, 15 Januari 2022, Khaji bertemu dengan utusan PBB untuk Suriah, Geir Pedersen. Mereka sempat bertukar pandangan terkait perkembangan terakhir krisis Suriah.

"Pemerintah dan negara Suriah telah melawan Daesh (ISIS) dan kelompok teroris lainnya selama lebih dari 10 tahun dan sekarang telah mencapai stabilitas relatif, dan hubungan negara itu dengan negara-negara regional meningkat," kata Khaji.

1. Iran minta negara-negara lainnya juga bantu Suriah 

Iran Tekankan Dukungan untuk Upaya Perdamaian PBB di SuriahIlustrasi bendera Suriah berkibar (usip.org)

Khaji dalam pertemuan itu juga meminta kepada PBB dan badan-badan regional dan internasional lainnya untuk turut memperhatikan kondisi rakyat di Suriah. Diplomat Iran tersebut ingin agar sanksi yang diberlakukan segera dihapus, serta memberikan bantuan kepada rakyat Suriah.

Pemulangan para pengungsi juga menjadi sorotan Iran. Negara tersebut meminta agar negara-negara lainnya mau membantu dalam memulangkan pengungsi Suriah dan mulai membangun kembali negaranya.

Dilansir Xinhua, pada Minggu, 16 Januari 2022, Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Hossein Amirabdollahian juga menyerukan penyelesaian masalah pengungsi dan embargo anti Suriah sebagai cara untuk membantu menyelesaikan krisis Suriah.

2. Iran salahkan AS sebagai dalang dari krisis Suriah

Iran Tekankan Dukungan untuk Upaya Perdamaian PBB di SuriahHossein Amirabdollahian, Menteri Luar Negeri Iran (twitter.com/Jamalia)

Dilansir Press TV, Amirabdollahian telah memperingatkan bahwa kehadiran militer Amerika Serikat (AS) dan serangan Israel di Suriah menghalangi solusi politik untuk krisis yang mencengkeram negara Arab itu. Dia menyerukan PBB untuk bertindak melawan kegiatan yang melanggar hukum tersebut.

Suriah telah dicengkeram oleh militansi yang didukung asing sejak Maret 2011. Pemerintah Suriah mengatakan rezim Israel dan sekutu Barat dan regionalnya membantu kelompok teroris Takfiri yang mendatangkan malapetaka di negara itu.

Israel sering melakukan serangan di dalam Suriah, terutama kepada gerakan perlawanan Hizbullah yang telah memainkan peran kunci dalam membantu tentara Suriah untuk memerangi teroris yang didukung asing.

Negara Zionis tersebut tidak pernah mengakui maksudnya secara jelas dan hanya mengatakan bahwa mereka menyasar faksi-faksi yang disokong Iran di negara itu.

Selain itu, parlemen AS juga baru-baru ini meminta kepada presiden Joe Biden untuk menggagalkan upaya normalisasi hubungan negara-negara Arab dengan Suriah. Mereka ingin negara yang menormalisasi hubungannya dengan Suriah diberikan konsekuensi.

Baca Juga: Belum Bayar Uang Iuran, Iran Kehilangan Hak Voting di PBB 

3. Utusan PBB puji tindakan Iran  

Iran Tekankan Dukungan untuk Upaya Perdamaian PBB di SuriahLogo PBB di markas besarnya di kota New York (instagram.com/unitednations)

Utusan PBB yang berada di Teheran sebagai kepala delegasi memuji upaya Iran untuk mempromosikan kerja sama dengan PBB dalam negosiasi format Astana untuk menyelesaikan krisis di Suriah melalui saluran diplomatik dan menyerukan kelanjutan interaksi tersebut.

Keduanya juga menekankan pentingnya mengadakan lebih banyak pertemuan di masa mendatang.

Dalam pertemuan lain, Khaji juga sempat bertemu dengan dengan utusan khusus Norwegia untuk Yaman, Kjersti Tromsdal, di Teheran. Khaji mengatakan PBB harus melakukan lebih banyak upaya untuk mengakhiri perang dan blokade di Yaman.

Diplomat senior Iran menambahkan bahwa rakyat Yaman menderita akibat perang yang dipimpin Arab Saudi dan aksi pengepungan ekonomi. Diplomat Norwegia yang saat ini menjabat sebagai presiden Dewan Keamanan PBB mengatakan krisis yang sedang berlangsung di Yaman menjadi prioritas utama badan tersebut.

Baca Juga: Milisi Suriah-AS Menculik Pemuda di Barat Hasaka, Suriah

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

Belajar Hubungan Internasional

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya