Comscore Tracker

Kembalikan Uang Temuan, Remaja ini Dipuji Sebagai Pahlawan

Beberapa orang menyayangkan tindakannya itu

Jakarta, IDN Times - Seorang remaja di Liberia dipuji sebagai pahlawan nasional setelah menemukan 50.000 Dolar Amerika di jalan dan mengembalikannya kepada pemiliknya yang sah di timur laut Kabupaten Nimba.

Emmanuel Tuloe yang berusia delapan belas tahun mengatakan kepada The Associated Press pada Kamis (14/10/2021) bahwa dia sedang mengemudikan ojek di jalan raya ketika dia melihat banyak uang terbungkus dalam kantong plastik yang jatuh tanpa diketahui pemiliknya.

1. Seorang pengusaha mengaku kehilangan uang

Kembalikan Uang Temuan, Remaja ini Dipuji Sebagai PahlawanIlustrasi Dollar (twitter.com/Dan Popescu)

Hari itu, Musu Yancy, seorang pengusaha wanita yang kehilangan uang, di radio menangis untuk uangnya dan memohon kepada siapa pun yang menemukannya agar mengembalikan kepadanya. Tuloe mengaku mendengarkan suara wanita tersebut di radio dan kemudian berinisiatif untuk mengembalikannya dengan memberitahu kepada pejabat setempat.

Sebelumnya, Tuloe mendapat uang itu pada hari Selasa ketika sedang mengemudikan ojek. Ketika dia melihat uang itu, dia berkata, “Saya takut karena itu banyak; jadi saya membawanya pulang dan memberikannya kepada bibi saya untuk disimpan sampai pemiliknya dapat memintanya”, tuturnya, dilansir dari AP News.

2. Dianggap pahlawan

Baca Juga: Pemberontak Liberia Dihukum 20 Tahun Penjara

Tuloe mengatakan dia berhasil mengembalikan uang itu pada hari yang sama kepada pemiliknya, dan telah dipuji oleh banyak orang sebagai pahlawan atas tindakannya. Yancy menghadiahi anak laki-laki itu dengan uang tunai dan materi senilai sekitar 1.500 Dolar, katanya.

Selain itu, mereka juga mengadakan perayaan besar setelah dikembalikannya uang tersebut kepada pemiliknya. Yancy mengaku sangat senang dan tidak bisa berkata-kata setelah dia mendapatkan uang itu kembali. Dia mengaku merasa lega dan selalu bersyukur kepada tuhan.

Ketika euphoria telah selesai, anak laki-laki itu kemudian membagikan hadiahnya kepada beberapa orang yang ikut bersamanya. Komisi Anti-Korupsi Liberia mengatakan bahwa mereka sangat tersentuh oleh ketulusan remaja itu.

3. Beberapa orang menyayangkan aksi remaja tersebut

Tuloe mengatakan bahwa sementara banyak warga Liberia memuji tindakannya, yang lain termasuk beberapa teman mengejeknya karena melakukan apa yang jarang dilakukan di negara pasca-perang.

“Sejak keputusan saya, ketika saya mengalami kerusakan di jalan raya dan beberapa teman pengendara saya melihat saya, mereka tidak membantu; mereka bilang aku bertindak bodoh untuk mencari dan mengembalikan uang. Saya harus membiarkan uang itu membantu saya,” katanya kepada AP dari kampung halamannya di Gbolor Dialla, perbatasan dengan Pantai Gading.

“Mereka memberi tahu saya bahwa saya tidak akan pernah kaya seumur hidup saya; mereka mengatakan karena saya mengembalikan uang sebanyak itu, saya akan hidup dan mati miskin.”

Dia juga mengatakan bahwa dia menerima ancaman atas tindakannya.

"Saya harus melindungi diri saya sendiri," katanya.

Tapi dia berdiri teguh dalam tindakan jujurnya, menasihati orang lain untuk mengembalikan uang, ponsel atau barang lain yang mungkin mereka temukan.

“Kalau pemiliknya minta, harus dikembalikan karena kita tidak tahu masa depan,” tambahnya.

Baca Juga: Pemberontak Liberia Dihukum 20 Tahun Penjara

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

News Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya