Operasi Besar, Pasukan AS di Suriah Bantu Hadapi ISIS

Operasi udara dimulai sejak Senin pagi

Jakarta, IDN Times – Pasukan Suriah Demokratis (SDF) yang terdiri dari aliansi Kurdi-Arab dan didukung Amerika Serikat (AS) berhasil membunuh lima anggota ISIS dalam sebuah operasi udara di provinsi Deir Az Zor, Suriah timur. Pasukan SDF mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin (13/12/2021) bahwa serangan tersebut terjadi di dekat desa Al-Busaira.

Melansir SANA, operasi dimulai pada Senin pagi dimana pesawat-pesawat tempur AS melakukan operasi airdrop skala besar di Al-Busaira dan sekitarnya. Airdrop itu disertai dengan penembakan yang intens dan membabi buta di rumah-rumah dan lahan pertanian.

1. Targetkan persembunyian milisi ISIS 

Operasi Besar, Pasukan AS di Suriah Bantu Hadapi ISISIlustrasi ISIS, Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Melansir Al Jazeera, dengan dukungan dari koalisi AS, serangan yang dilancarkan pada Senin itu menargetkan tempat persembunyian dari kelompok bersenjata ISIL (ISIS), kata SDF dalam sebuah pernyataan. Kelompok ISIS yang telah menguasai sebagian besar wilayah Suriah dan Irak sejak 2014 berhasil dikalahakan pada 2019 dengan bantuan koalisi internasional tersebut.

SDF mengatakan, kontak senjata terjadi yang berakhir dengan terbunuhnya lima anggota ISIS, yang sebagian besar mengenakan sabuk peledak.

“Hari ini SDF melakukan operasi di Kegubernuran Deir Ezzor mengeluarkan empat pejuang Daesh (ISIS) dari medan perang dan melakukan penghancuran bahan peledak yang terkendali. Operasi ini melanjutkan upaya berkelanjutan untuk memberikan keselamatan dan keamanan di kawasan itu," kata SDF di Twitter.

2. Menculik sejumlah warga sipil 

Operasi Besar, Pasukan AS di Suriah Bantu Hadapi ISISIlustrasi Korban Penculikan (IDN Times/Mardya Shakti)

Baca Juga: 10 Cabang ISIS di Berbagai Belahan Dunia Selain ISIS-K 

Kantor berita Suriah SANA sebelumnya melaporkan bahwa di awal operasi yang telah dimulai pada Senin pagi, pasukan AS menculik beberapa warga sipil dan membawa mereka ke tujuan yang diketahui. Dalam serangan itu, pasukan AS disebut menyerang secara membabi buta dan menewaskan setidaknya 3 orang.

Sementara itu, Badan Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah mengatakan setidaknya empat orang tewas dalam serangan tersebut. Korban tewas adalah anggota keluarga yang sama, termasuk dua orang yang ditembak oleh helikopter ketika mereka mencoba melarikan diri dengan sepeda motor, kata Rami Abdel Rahman, kepala Badan tersebut.

3. Sekilas mengenai lokasi operasi 

Operasi Besar, Pasukan AS di Suriah Bantu Hadapi ISISIlustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Al-Busaira adalah sebuah desa yang terletak di tepi sungai Efrat, antara dua kota utama Deir Az Zor dan Mayadeen, di tengah jantung asli ISIL.

Sementara itu, provinsi Deir al-Zor, di sepanjang perbatasan Irak, adalah rute pasokan strategis bagi milisi yang didukung Iran yang secara teratur mengirim bala bantuan ke Suriah untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad melawan pemberontak yang berusaha menggulingkan kekuasaan keluarganya.

Pasukan AS dikerahkan di sebuah pangkalan di wilayah Al-Tanf, selatan Deir Al-Zor, sebagai bagian dari misi tempur melawan militan ISIS yang terus melancarkan pemberontakan tingkat rendah di Irak dan Suriah. ISIS terus melakukan serangan, meluncurkan serangan tabrak lari dari tempat persembunyian di kedua sisi perbatasan dengan Irak.

Baca Juga: Irak Repatriasi 100 Anggota ISIS yang Ditahan di Suriah

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya