Pemimpin ISIS Abu Hassan al-Hashimi Diduga Tertangkap di Istanbul

Ia ditangkap oleh pihak berwenang tanpa perlawanan

Jakarta, IDN Times – Pemimpin Islamic State in Iraq and Syria (ISIS), Abu Hassan al-Hashimi al-Qurashi, dilaporkan tertangkap di Istanbul Turki. Penangkapan itu dilakukan dengan operasi besar dari kepolisian negara dan badan intelijen nasional.

Penangkapan terjadi pekan lalu di rumah persembunyiannya di lingkungan ibu kota, namun baru diungkap pada Kamis, 26 April 2022, oleh sebuah stasiun televisi lokal, Oda TV. Jurnalis stasiun tersebut bernama Toygun Atilla mengatakan, Abu Hassan ditangkap tanpa perlawanan.

Abu Hassan sendiri baru diangkat sebagai pimpinan ISIS pada Maret lalu usai terbunuhnya mantan pemimpin Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi dalam sebuah operasi Amerika Serikat (AS) di barat laut Suriah pada awal Februrari.

Baca Juga: Anggota ISIS di AS Rencanakan Operasi Pembunuhan George W Bush

1. Pemerintah Turki belum mengeluarkan pernyataan resmi

Pemimpin ISIS Abu Hassan al-Hashimi Diduga Tertangkap di IstanbulRecep Tayyip Erdogan, presiden Turki (twitter.com/AK Party)

Dilansir Middle East Monitor, kendati penangkapan tersebut telah dilaporkan, namun sejauh ini belum ada pengumuman secara resmi dari pemerintah Turki. Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan, juga telah diberitahu tentang penangkapan itu dan berjanji akan mengumumkan perkembangannya dalam beberapa hari mendatang.

Oda TV juga tidak merinci terkait bagaimana mereka memperoleh informasi terkait hasil identifikasi tersbebut. Demikian pula Bloomberg yang belum dapat memverifikasi hal tersebut.

Akan tetapi, menurut Atalayar, beberapa pejabat sudah sangat meyakini bahwa yang ditangkap itu adalah Abu Hassan. “Ia adalah orang yang mereka yakini telah memimpin organisasi ekstremis sejak pembunuhan mantan pemimpinnya," kata media tersebut.

Baca Juga: Sadis! ISIS Diduga Eksekusi 50 Orang di Burkino Faso

2. Abu Hassan adalah saudara al-Baghdadi 

Pemimpin ISIS Abu Hassan al-Hashimi Diduga Tertangkap di IstanbulIlustrasi Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Penangkapan Abu Hassan akan menjadi tonggak terbaru bagi Turki dalam operasi kontra-terorismenya jika tersangka tersebut memang merupakan pemimpin ISIS. Itu juga menjadi penangkapan pertama pemimpin ISIS yang dilakukan di luar Suriah.

Abu Hassan sendiri diyakini merupakan saudara dari Abu Bakr al-Baghdadi, mantan pemimpin ISIS di masa kejayaannya. Menurut Reuters, ia adalah seorang ekstremis yang bergabung dengan kelompok Salafi pada 2003, dan setia mendampingi al-Baghdadi.

Baca Juga: 10 Cabang ISIS di Berbagai Belahan Dunia Selain ISIS-K 

3. Turki aktif melakukan operasi kontra-terorisme 

Pemimpin ISIS Abu Hassan al-Hashimi Diduga Tertangkap di IstanbulIlustrasi Aksi Terorisme (IDN Times/Mardya Shakti)

Dikutip Arab News, dalam beberapa bulan terakhir, polisi Turki secara sistematis melakukan penggerebekan terhadap sel-sel ISIS di seluruh negeri.

Sebelumnya pada bulan Mei, seorang calon pembom bunuh diri yang diduga terkait dengan kelompok itu ditangkap di Urfa, perbatasan Suriah. Sementara tiga orang lagi ditahan pada minggu yang sama di Bursa.

Pada Kamis, anggota ISIS lainnya ditembak mati oleh polisi ketika diduga mencoba meledakkan dirinya di depan departemen kepolisian di provinsi tenggara Gaziantep.

Para ahli mencatat bahwa operasi terbaru ini dapat digunakan sebagai pengaruh oleh Ankara untuk meningkatkan komitmennya terhadap sekutu NATO-nya atas upaya kontraterorisme.

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya