Pendaki Asal Rusia Dinyatakan Meninggal dalam Pendakian Everest

Sebanyak 311 pendaki meninggal di Gunung Everest, Nepal

Jakarta, IDN Times - Seorang pendaki asal Rusia bernama Pavel Kostrikin dinyatakan meninggal pada Sabtu (7/5/2022) di kamp I Gunung Everest. Hal itu baru diungkap oleh pejabat pariwisata Nepal, Bhishma Kumar Bhattarai, pada Minggu.

Dilansir Reuters, insiden tersebut menjadi kematian pertama bagi orang asing di puncak tertinggi dunia itu pada musim pendakian saat ini yang dimulai pada Maret 2022.

Baca Juga: Nepal Minta Tabung Oksigen Kosong Pendaki Everest untuk Pasien COVID

1. Sempat mengalami sakit  

Pendaki Asal Rusia Dinyatakan Meninggal dalam Pendakian EverestIlustrasi meninggal (pixabay.com/soumen82hazra)

Kostrikin yang berumur 55 tahun dinyatakan meninggal di kamp yang terletak di ketinggian sekitar 5.360 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pejabat mengatakan, jenazah Kostrikin akan dibawa ke Kathmandu ketika kondisi cuaca sudah membaik.

Dia dilaporkan jatuh sakit di kamp II sebelum akhirnya dibawa ke kamp I. Tidak ada informasi lebih lanjut terkait penyakit apa yang dideritanya. Kamp II di rute punggungan tenggara normal di Everest terletak di ketinggian sekitar 6.400 mdpl.

Baca Juga: Karena Virus Corona, Nepal Tutup Jalur Pendakian Gunung Everest

2. Beberapa orang juga meninggal dalam pendakian di Nepal  

Pendaki Asal Rusia Dinyatakan Meninggal dalam Pendakian EverestIlustrasi pendaki gunung di Everest (Pixabay.com/12019/10257Images)

Gunung Everest telah didaki sebanyak 10.657 kali sejak pertama kali dimulai pada 1953 dari sisi gunung Nepal dan Tibet. Sejauh ini, ada 311 orang telah meninggal, menurut The Himalayan Database.

Pada Sabtu, di lain tempat, seorang pendaki India juga tewas dalam pendakian puncak di Gunung Kanchenjunga Nepal, gunung tertinggi ketiga di dunia.

Hal sama juga terjadi bulan lalu, di mana seorang pendaki Yunani dan pemandu Sherpa Nepal meninggal di puncak lainnya.

Baca Juga: Inilah 13 Faktor Mengapa Gunung Everest Terus Menelan Banyak Korban

3. Sebanyak 900 pendaki asing telah diizinkan mendaki  

Pendaki Asal Rusia Dinyatakan Meninggal dalam Pendakian EverestIlustrasi pendaki puncak Everest (Pixabay.com/Nepalidevu)

Mendaki gunung adalah kegiatan pariwisata utama di Nepal dan sumber pendapatan dominan bagi negara tersebut. Negara itu memiliki delapan dari 14 gunung tertinggi di dunia.

Lebih dari 900 pendaki gunung asing telah menerima izin untuk mendaki 26 puncak Himalaya di Nepal, termasuk 316 izin untuk Gunung Everest, selama musim berjalan yang berakhir pada Mei.

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya