Presiden Zambia Kunjungi Gedung Putih Setelah Sidang PBB

Bertujuan untuk memperkuat kerja sama di antara kedua negara

Jakarta, IDN Times – Presiden Zambia, Hakainde Hichilema mengunjungi Gedung Putih pada Rabu (22/09/2021). Kedatangan Hichilema disambut langsung oleh wakil presiden Amerika Serikat, Kamala Harris. Harris mengatakan bahwa dia adalah pemimpin Zambia pertama yang mengunjungi Gedung Putih sejak 1992.

Di pertemuan itu, Kamala Harris menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Hichilema sebagai presiden Zambia pada Agustus lalu. Menurutnya, terpilihnya Hichilema sebagai presiden merupakan jalan yang sangat demokratis. Harris menyebutnya “Demokrasi dalam tindakan”.

Selain itu Hichilema juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Pasangan Biden-Harris dalam pemilihan AS 2020 lalu. Dia mengatakan bahwa pemerintahannya mengikuti jejak pemerintahan Biden-Harris.

1. Membicarakan terkait kerja sama iklim dan pandemi

https://www.youtube.com/embed/aDiWf2zkqpE

Kehadiran Hichilema di gedung putih bertujuan untuk memperkuat hubungan Zambia dengan Amerika Serikat utamanya dalam hal perubahan iklim dan kerja sama penanganan pandemi. Melansir News Central TV, AS akan memperkuat komitmen kerja sama dengan Zambia dalam hal investasi serta pada upaya menangani perubahan iklim dengan menggunakan sumber daya terbarukan.

Dalam pertemuannya Hichilema juga mengatakan bahwa upaya demokratis akan berusaha untuk tetap dipertahankan agar tindak kekerasan di Zambia dapat berkurang. Pria berusia 59 tahun itu secara meyakinkan memenangkan pemilihan 12 Agustus yang tegang dan terkadang penuh kekerasan dengan mendapatkan lebih dari 2,8 juta suara.

Wakil presiden AS juga memujinya karena fokus dalam memprioritaskan reformasi yang diperlukan dan upayanya untuk menstabilkan dan menumbuhkan ekonomi Zambia.

2. Akan berkunjung ke IMF dan World Bank

Baca Juga: Nelly Mutti: Ketua Parlemen Wanita Pertama Zambia

Melansir Reuters, Juru bicara presiden mengatakan bahwa Hichilema juga akan berkunjung ke International Monetary Fund (IMF) dan World Bank. Belum ada kabar mengenai kapan kunjungan itu akan dilaksanakan.

Tujuan dari kunjungan itu adalah untuk mendapatkan pinjaman untuk berusaha mengeluarkan Zambia dari krisis utang. Menteri keuangannya pada bulan lalu mengatakan bahwa mendapatkan program IMF sangat penting untuk memulihkan kepercayaan kreditur dan memberi pemerintah akses ke pembiayaan yang lebih murah dan lebih lama.

Sejak terpilih jadi presiden, Hichilema memang memfokuskan untuk memperbaiki perekonomian dan menangani korupsi. Hal ini dilakukannya lantaran pemerintahan sebelumnya penuh dengan aksi korupsi dan bahkan saat dia terpilih kas negara disebut kosong karena telah dicuri oleh para koruptor.

3. Kunjungannya itu dilakukan di sela-sela kunjungan untuk menghadiri sidang umum PBB

Presiden Zambia Kunjungi Gedung Putih Setelah Sidang PBBPresiden Zambia, Hakainde Hichilema saat berpidato di sidang umum PBB pada Selasa (21/09/2021). (twitter.com/Hakainde Hichilema)

Kehadiran Hicilema di AS bertujuan untuk menghadiri sidang umum PBB pada Selasa (21/09/2021).  Ia bertolak dari Lusaka pada Senin malam bersama 3 pejabat. Dia didampingi oleh Menteri Luar Negeri dan kerja sama internasional, Stanley Kakubo dan Menteri Keuangan dan Perencanaan Nasional, Dr. Situmbeko Musokotwane.

Tema Sidang Umum PBB tahun ini adalah membangun ketahanan melalui harapan untuk pulih dari COVID-19, membangun kembali secara berkelanjutan, menanggapi kebutuhan planet ini, menghormati hak-hak orang dan merevitalisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa. Presiden Zambia itu melakukan pidato pada Selasa lalu.

Dalam kunjungannya itu, Hichilema juga turut menghadiri beberapa pertemuan lain seperti KTT tingkat tinggi SDG 2021, dialog tingkat tinggi tentang energi, KTT sistem pangan PBB, dan KTT global COVID-19. Kunjungan akan berlangsung hingga tanggal 26 September dan rencananya dia akan kembali ke Zambia pada 27 September mendatang.

Baca Juga: Kampus Zambia Minta Maaf soal Larangan Berpakaian Mini ke Perpustakaan

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya