Putin dan Xi Jinping Selamati Macron yang Menangi Pilpres Prancis

Putin sampaikan selamat di tengah eskalasi konflik Ukraina

Jakarta, IDN Times - Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengucapkan selamat kepada Emmanuel Macron atas terpilihnya kembali menjadi presiden Prancis. Ucapan itu diberikan ketika ketegangan atas konflik di Ukraina tetap meningkat.

“Saya dengan tulus berharap Anda sukses dalam kegiatan kenegaraan Anda, serta kesehatan dan kesejahteraan yang baik,” kata Putin dalam sebuah telegram kepada Macron, dilansir Al Mayadeen, Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Emmanuel Macron Terpilih Lagi Jadi Presiden Prancis

1. Prancis ikut dalam memberikan sanksi kepada Moskow 

Putin dan Xi Jinping Selamati Macron yang Menangi Pilpres PrancisIlustrasi sanksi (uscgpi.com)

Macron adalah salah satu dari sedikit pemimpin Barat yang menjalin kontak dengan Putin sejak Moskow mengirim pasukan ke Ukraina. Keduanya menghabiskan waktu berjam-jam di telepon untuk mencoba mencapai kesepakatan.

Sambil menjaga saluran diplomatik tetap terbuka dengan Moskow, Prancis di bawah kepemimpinan Macron juga terbergabung dengan rentetan pemberian sanksi internasional yang dijatuhkan pada Rusia sebagai akibat dari invasi militernya.

Baca Juga: Menangi Pilpres Prancis, Macron Ukir Sejarah

2. Xi Jinping juga sampaikan selamat kepada Macron 

Putin dan Xi Jinping Selamati Macron yang Menangi Pilpres PrancisXi Jinping, presiden China (twitter.com/MFA Russia)

Tidak hanya Rusia, Presiden China, Xi Jinping, juga ikut memberi selamat kepada timpalannya dari Prancis tersebut. Xi mengatakan dalam lima tahun terakhir, China dan Prancis telah meningkatkan pembangunan di bawah bimbingan kedua kepala negara, dilansir CCTV.

Xi juga mengatakan bahwa dia ingin terus bekerjasama dengan Macron untuk menjaga hubungan diplomatik berdasarkan kemerdekaan, saling pengertian, pandangan ke depan, dan tindakan yang saling menguntungkan.

Kedua belah pihak juga terus memperdalam kerja sama praktis di berbagai bidang, bahu-membahu memerangi pandemik COVID-19, bersama-sama menjunjung tinggi multilateralisme, dan meningkatkan tata kelola global.

Baca Juga: Parlemen Prancis Tuding China Lakukan Genosida terhadap Uighur

3. Macron banjir ucapan selamat 

Putin dan Xi Jinping Selamati Macron yang Menangi Pilpres PrancisPresiden Prancis, Emanuel Macron, di pertemuan iklim Athena 2021. (twitter.com/Derek Gatopoulos)

Para pemimpin dunia, termasuk dari Amerika Serikat, Uni Eropa , Australia, dan India, juga menyambut baik terpilihnya kembali presiden Prancis yang berhaluan tengah tersebut.

Macron berhasil memenangkan pemilihan dengan perolehan suara sebesar 58,2 persen mengalahkan penantangnya, Marine Le Pen, yang hanya mendulang 41,8 persen dukungan.

Ini merupakan kali kedua bagi Macron untuk memimpin negara tersebut. Ini juga menjadi yang kedua kalinya bagi dia dalam mengalahkan Le Pen sebagai rival utamanya dalam pilpres.

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya