Wakil Menlu AS Kunjungi Kepulauan Solomon, Kritisi Pengaruh China

Solomon pada April teken pakta pertahanan dengan China

Jakarta, IDN Times - Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Wendy Sherman, pada Minggu (7/8/2022) berada di Kepulauan Solomon. Dalam kunjungan itu, ia mengatakan, Presiden Joe Biden, melihat hubungan yang kuat dengan negara di kawasan Pasifik sebagai prioritas.

"Presiden Biden telah menjadikan solidaritas dengan Kepulauan Pasifik sebagai prioritas bagi seluruh pemerintahannya sejak awal," kata Sherman dalam acara peringatan Perang Dunia II di ibu kota Solomon, Honiara, seperti dikutip dari  Reuters.

1. Mengkritisi hubungan China dengan Solomon

Wakil Menlu AS Kunjungi Kepulauan Solomon, Kritisi Pengaruh ChinaWakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Wendy Sherman, saat bertemu Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasseh Sogavare, pada 7 Agustus 2022. (Twitter/Wendy R Sherman)

Sherman mengadakan kunjungan ke kawasan Pasifik karena semakin meningkatkan ketegangan di kawasan itu. China disebut semakin memperluas pengaruhnya.

Dalam kesempatan itu, dia sempat mengkritik pemerintah atas tindakan yang disebut merusak tatanan internasional berbasis aturan. Dia tidak merinci pemerintah negara mana yang dikritik.

Namun, Reuters merujuk pada pakta pertahanan yang diteken oleh Solomon dan China pada April lalu. Langkah itu sempat membuat AS dan Australia terkejut.

Kesepakatan kedua negara itu ditakutkan akan menjadi pijakan China untuk membangun basis militernya di Pasifik Selatan.

Baca Juga: Menlu China dan Rusia Bertemu di Kamboja, Bahas Apa?

2. Kunjungan untuk peringatan perang dunia II

Wakil Menlu AS Kunjungi Kepulauan Solomon, Kritisi Pengaruh ChinaWendy Sherman dan delegasi AS lainnya dalam peringatan pertempuran Guadalcanal semasa Perang Dunia II, di Kepulauan Solomon pada Minggu, 7 Agustus 2022. (Twitter/Wendy Sherman)

Dilansir VOA, Sherman memimpin delegasi AS dalam kunjungan ke Solomon untuk memperingati 80 tahun pertempuran Guadalcanal dalam Perang Dunia II. Ayah Sherman, Mal Sherman, merupakan salah satu marinir yang terluka dalam pertempuran di Pasifik kala itu.

Duta Besar AS untuk Australia, Caroline Kennedy, turut hadir dalam kunjungan tersebut. Kedatangannya sekaligus mengenang ayahnya yakni John F Kennedy, mantan presiden AS dan marinir yang pernah bertempur di Pasifik selama perang dunia.

Beberapa pejabat senior AS dikabarkan mengunjungi kepulauan itu di tahun ini karena persaingan geostrategis yang semakin meningkat.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengunjungi Samoa dan Tonga pada bulan Mei, diikuti oleh Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong pada awal Juni.

3. Keinginan membuka kedutaan di Kepulauan Solomon 

Wakil Menlu AS Kunjungi Kepulauan Solomon, Kritisi Pengaruh ChinaGedung Putih di Amerika Serikat (Unsplash.com/Louis Velazquez)

Pada bulan Februari 2022, Anthony Blinken menjadi Menlu AS pertama yang berkunjung ke Kepulauan Solomon dalam 40 tahun terakhir.

Ketika berada di sana, ia menyampaikan keinginan untuk membuka kembali kedutaan AS. Namun, sejauh ini, Washington belum memberikan kapan pastinya pembukaan kedutaan itu akan dilakukan.

Baca Juga: 68 Jet Tempur dan 13 Kapal Perang China Tembus Zona Taiwan 

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya