Suka Melucu dan Saling Puji, Jokowi Akrab dengan Donald Trump

Kira-kira bahas tentang apa ya?

Akhirnya sekian banyak bertemu dengan beberapa kepala Negara di dunia akhirnya Presiden Joko Widodo bisa mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di sela-sela pertemuan tingkat tinggi KTT G20, Hamburg, Jerman. Menurut Informasi, Pertemuan itu berlangsung di Ruang Pertemuan Bilateral Hambug Messe Und Congress, Sabtu, 8 Juli 2017.

Seperti inilah momen pertemuan perdana Presiden Jokowi dan Donald Trump.

Suka Melucu dan Saling Puji, Jokowi Akrab dengan Donald TrumpTwitter @jokowi

Di pertemuan perdana itu, awalnya kedua kepala negara itu canggung namun karena memiliki profesional yang sangat baik, kedua kepala negara itu mempunyai cara membuat cair suasana pertemuan pertamanya dengan cara memuji.

Seperti dilansir dari Situs web Setkab.go.id, terbukti dengan cara Donald Trump memuji sosok Pak Jokowi dengan menyampaikan rasa gembiranya dalam pertemuan kali ini karena Indonesia dikenal sebagai negara yang sangat baik kepemimpinannya. Ia berharap pertemuan tersebut dapat menghasilkan banyak kesepakatan.

"Saya harap kita menjadi teman dan bisa menghasilkan banyak kesepakatan. Kita memang sudah memiliki relatif banyak kerja sama ekonomi," kata Trump.

Sementara itu, Jokowi juga menyampaikan balasan bahwa Trump memiliki banyak fans dan teman di Indonesia.

“Saya ingin menyampaikan salam dari jutaan penggemar anda di Indonesia. Mereka tertarik untuk menyambut anda di Indonesia," ujar Presiden mencairkan suasana di awal pembicaraannya

Bahkan Jokowi juga mengungkapkan sosok Donald Trump yang dinilainya suka melucu.

Suka Melucu dan Saling Puji, Jokowi Akrab dengan Donald TrumpTwitter/@jokowi

Namun dilain sisi, Setelah Pertemuan itu Pak Jokowi juga mengabadikan moment bersama dengan Pak Donald Trump di akun twitternya.  

"Ternyata Donald Trump suka melucu," ujar Jokowi melalui akun Twitter resminya @jokowi, Sabtu (8/7/2017). 

Bukan hanya itu saja, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Pence ke Jakarta beberapa waktu lalu. Bagi Indonesia, kunjungan itu menandai komitmen Amerika Serikat untuk memperkuat hubungan dengan Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi karena telah memberikan kesempatan Indonesia sebagai salah satu dari 4 negara yang dikunjungi di Asia dalam masa jabatan pertama Anda," kata Jokowi.

Mau tahu keakraban mereka dalam pertemuan tersebut, Inilah cuplikan videonya.

Inilah cuplikan video pertemuan antara Donald Trump & Presiden Jokowi.

https://www.youtube.com/embed/KiVi365dSgI

Dalam pertemuan itu, peningkatan kerja sama di bidang ekonomi dan pemberantasan terorisme antara lain dibahas dalam pertemuan.

Di bidang ekonomi, Presiden Jokowi menyampaikan kepedulian indonesia terhadap ekspor kelapa sawit untuk biodisel ke Amerika Serikat. Presiden Jokowi juga menyampaikan  bahwa Indonesia mengimpor kedelai dalam jumlah yang besar. Oleh karenanya kedua presiden tersebut sepakat untuk meningkatkan perdagangan bilateral yang saling menguntungkan.

Hubungan perdagangan Indonesia dengan Amerika Serikat saat ini sangat bervariasi, mulai dari kelapa sawit, kedelai sampai ke pesawat terbang.

Sementara itu, di bidang penanggulangan terorisme, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya kepada komitmen Amerika Serikat untuk tidak memusuhi Islam dan bekerja sama dengan negara muslim untuk memerangi terorisme. Hal ini sesuai dengan hasil Riyadh Summit pada bulan Mei yang lalu yang dihadiri juga oleh kedua pemimpin tersebut.

“Berkurangnya pergerakan ISIS di Syria dan Iraq mengharuskan kita memberikan perhatian ekstra kepada pergerakan mereka di daerah lain, termasuk Asia Tenggara. Penyerangan dan pendudukan grup teroris di Marawi, Filipina merupakan bukti meningkatnya ancaman terorisme,” kata Presiden Jokowi.

Untuk itu, Presiden Jokowi berharap kerja sama penanggulangan terorisme melalui pertukaran informasi intelijen, penghentian aliran dana, pemberdayaan masyarakat moderat dan penyebaran kontra narasi dapat dilakukan oleh kedua negara.

Zother Veregrent Photo Verified Writer Zother Veregrent

Pria musim semi yang Ambivert

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya