Comscore Tracker

7 Pesan dan Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baik di Masa Depan

#DearFutureIndonesia Singsingkan baju untuk Indonesia maju!

Indonesia tanah air beta, pusaka abadi nan jaya. Indonesia sejak dulu kala, selalu dipuja-puja bangsa. Indonesia merupakan negara yang kaya dan memiliki keindahan yang luar biasa. Namun, ada 7 pesan dan harapan nih untuk seluruh masyarakat Indonesia, pesan dan harapan ini merupakan keresahan dan keinginan yang diharapkan dapat menjadikan Indonesia menjadi lebih baik dan lebih maju di masa yang akan datang.

Bersama-sama berpegang tangan untuk mewujudkan Indonesia satu, maju dan jaya. Hal itu dikarenakan mewujudkan mimpi Indonesia adalah tugas seluruh masyarakat Indonesia bukan hanya tugas satu atau dua orang saja. Lalu, apa saja 7 pesan dan harapan itu? Sudah siap sisingkan lengan bajumu? Yuk, pahami dan resapi!

1. Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kegiatan bermasyarakat

7 Pesan dan Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baik di Masa DepanUnsplash.com/Tyler Morgan

Negara tanpa dasar, bagaikan rumah tanpa fondasi. Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia yang merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Jika diibaratkan rumah, Pancasila merupakan sebuah pondasi yang menjadi sebuah penentu kekuatan sebuah rumah. Begitu pula dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Pancasila merupakan dasar negara yang menjadi sumber dari segala sumber hukum yang mengatur seluruh pemerintahan, wilayah dan masyarakat Indonesia. Dari fungsi dan pengertiannya saja dapat langsung disimpulkan bahwa pada dasarnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara semestinya kita berpedoman pada Pancasila.

Menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mengingatnya selalu di dalam hati. Namun, apakah kita sudah menerapkan nilai-nilai tersebut? Jika melihat kenyataan yang ada saat ini, bisa dikatakan bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila sudah mulai luntur dan hilang.

Jangan sampai harta paling berharga Indonesia ini hilang ya teman-teman. Pemerintah juga harus terus menerapkan nilai-nilai Pancasila ini dalam berbagai kegiatan pemerintahan maupun dalam kehidupan sehari-hari agar nantinya dapat terus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Bersama kita bisa bersama Pancasila pemersatu kita.

2. Melestarikan dan meningkatkan rasa cinta terhadap kebudayaan Indonesia

7 Pesan dan Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baik di Masa DepanUnsplash.com/Ruben Hutabarat

Menurut TAP MPR No.II tahun 1998 kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap kehidupan bangsa. Dengan demikian pembangunan nasional merupakan pembangunan yang berbudaya.

Kebudayaan Indonesia sangatlah beragam. Mulai dari rumah adat, pakaian adat, upacara adat, seni musik, seni tari, seni rupa, senjata tradisional, suku bangsa dan bahasa daerah. Tentu saja, kebudayaan Indonesia sangatlah kaya. Tapi, seiring perkembangan zaman dan globalisasi yang semakin mendunia. Kebudayaan Indonesia semakin lama semakin terkikis keberadaannya.

Para generasi muda yang semestinya dapat mempertahankan, melestarikan serta memperkenalkan kebudayaan bangsa tampaknya lebih menyukai kebudayaan yang berasal dari luar. Berbondong-bondong mempelajari kebudayaan luar tetapi lupa dengan kebudayaan asli negeri sendiri.

Bukanlah suatu kesalahan ketika kamu ingin mempelajari kebudayaan luar tetapi jangan pernah lupakan kebudayaan sendiri. Malahan, jadikanlah kesempatan itu untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia ke mancanegara. Pemerintah juga perlu memberikan ruang serta sarana prasarana untuk masyarakat agar dapat terus melestarikan kebudayaan Indonesia.

Pemberian apresiasi juga harus dilakukan sebagai bentuk dukungan agar masyarakat menjadi lebih semangat dan kebudayaan Indonesia dapat terus mendunia baik di negeri sendiri maupun di negeri orang lain.

3. Pendidikan dengan sistem yang tepat, bermanfaat serta menyeluruh

7 Pesan dan Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baik di Masa Depanunsplash.com/RobertCollins

Berbicara mengenai pendidikan tampaknya tidak akan pernah bosan kita lakukan. Pendidikan merupakan pintu gerbang bagi para penerus bangsa untuk memeroleh berbagai ilmu dan pelajaran yang akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kenyataannya, masih banyak kesenjangan sosial yang terjadi di dalam dunia pendidikan Indonesia. Salah satunya adalah perbedaan antara fasilitas penunjang pendidikan di pusat kota dan daerah. Masih banyak sekolah-sekolah yang masih jauh dari kata layak dan nyaman.

Kesejahteraan para pengajar juga masih dipertanyakan, belum lagi masih ada anak-anak yang putus sekolah atau bahkan memutuskan untuk tidak sekolah dikarenakan sulitnya keadaan ekonomi serta mahalnya biaya perlengkapan sekolah. Setidaknya ada beberapa permasalahan yang bisa teridentifikasi dalam dunia pendidikan kita, yaitu rendahnya kualitas sarana fisik, rendahnya kualitas guru, rendahnya kesejahteraan guru, rendahnya prestasi siswa, rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan, rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan, dan mahalnya biaya pendidikan.

Walaupun sudah terdapat berbagai bantuan dari pemerintah seperti beasiswa untuk anak berprestasi, anak kurang mampu dan juga sistem wajib belajar 12 tahun. Namun, tampaknya kebijakan ini belum sepenuhnya merata. Akan sangat baik jika memang anak-anak negeri ini dapat mengenyam pendidikan tanpa harus khawatir mengenai biaya, sehingga nantinya ilmu yang mereka dapatkan menjadi bekal untuk membuat hidupnya menjadi lebih baik.

Sistem pendidikan juga perlu ditinjau kembali, mulai dari kebijakan kurikulum, basis pengajaran yang harus tepat dan memiliki manfaat yang bersifat baik.

Baca Juga: Dear Presiden Baru, 6 Hal Ini Jadi Harapan Perubahan Indonesia

4. Penguatan hukum untuk keadilan sosial

7 Pesan dan Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baik di Masa DepanUnsplash.com/Zeyn Afuang

Hukum di Indonesia dapat dibeli? Kalimat ini tampaknya sudah bukan hal yang asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan, berbagai kejadian yang berurusan dengan hukum sudah sering terjadi. Baik yang terlihat maupun tidak terlihat dapat dikatakan secara jelas bahwa hukum di Indonesia masih sangat kendor.

Masih banyak aparat-aparat yang tidak bertanggung jawab berusaha mencari keuntungan pribadi tanpa memikirkan hukum dan undang-undang yang berlaku. Jika memiliki uang maka apa saja bisa dilakukan. Yang salah jadi benar yang benar jadi salah.

Hal ini tidak bisa dibiarkan. Diperlukan adanya penguatan hukum diberbagai bidang. Jangan pernah beri ruang untuk kecurangan sekecil apapun itu. Tegakkan keadilan dan kejujuran tanpa memandang siapa serta berapa. Seperti sila kelima Pancasila “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Semua orang sama di mata hukum.

Hal itulah yang diharapkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Sehingga tidak ada lagi kejadian-kejadian yang merugikan pihak yang tidak bersalah. Pemerintahan yang terlibat secara langsung dalam bidang hukum juga wajib di seleksi agar mempunyai kredibilitas baik dari segi akademik maupun non akademik.

5. Meningkatkan kepedulian terhadap hutan Indonesia

7 Pesan dan Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baik di Masa Depanunsplash.com/Sebastian Staines

Indonesia dikenal dengan sebutan Zamrud Khatulistiwa. Sebagai negara dengan pemilik hutan terbesar nomor 3 di dunia, apakah sebutan ini akan terus disandang oleh Indonesia? Melihat keadaan hutan Indonesia yang semakin lama semakin sedikit jumlahnya dikarenakan oleh alih fungsi hutan besar-besaran.

Hutan yang semestinya memiliki fungsi  mereduksi karbon dioksida di udara, penghasil oksigen, daerah resapan, tempat tinggal bagi fauna dan flora, penahan air di dalam tanah, tetapi malah dialihfungsikan untuk berbagai kepentingan ekonomi seperti kebun kelapa sawit, pertambangan batu bara, pembangunan industri serta perumahan dan masih banyak lagi.

Berbagai cara dilakukan oleh pihak-pihak nakal untuk membuka hutan. Salah satunya adalah dengan pembakaran hutan yang menyebabkan terjadinya polusi udara besar-besaran yang tentunya akan sangat berdampak negatif bagi lingkungan sekitarnya. Berbagai tindakan lain yang lebih ramah sebenarnya dapat digunakan yaitu tebang pilih, tebang tanam, serta reboisasi yang tampaknya sudah tidak pernah dijadikan sebagai pilihan utama.

Kepedulian pemerintah dan masyarakat perlu ditingkatkan untuk dapat menjaga kelestarian hutan Indonesia. Perlu adanya kajian regulasi lebih dalam mengenai tata kelola hutan dan lahan. Harus ada sanksi-sanksi yang kuat serta memiliki dampak jera bagi para pelanggarnya.

Selain itu pemerintah bersama dengan masyarakat diharapkan dapat langsung turun tangan untuk memperbaiki keadaan hutan yang ditinggalkan tanpa tanggung jawab. Bersama-sama melakukan reboisasi, reklamasi dan kedepannya turut menjaga hutan dari tangan-tangan nakal.

Ingat, menjaga alam Indonesia adalah tugas seluruh rakyat Indonesia bukan hanya tugas pemerintah.  Pemerintah pun harus memberi ruang dan contoh yang baik kepada rakyatnya. Agar demokrasi dari rakyat, untuk rakyat dan kembali ke rakyat dapat berjalan dengan baik dan seimbang.

6. Kemudahan dalam mendapatkan jaringan internet cepat dengan harga yang terjangkau

7 Pesan dan Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baik di Masa DepanUnslpash.com/Muhammad Raufan Yusup

Penggunaan internet memang sudah bukan hal yang asing lagi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Malahan, internet sudah menjadi kebutuhan wajib yang sangat dibutuhkan. Bahkan sampai ada pepatah nih “Kalau tidak ada internet hidup akan terasa sangat hampa”.

Bagaimana tidak? Pada zaman yang modern dan serba canggih ini pasti rasanya akan sangat menyulitkan jika tidak ada internet. Hampir seluruh kegiatan yang ada kini bisa didapatkan dengan lebih mudah melalui satu ketukan saja di perangkat elektronik seperti handphone. Mulai dari komunikasi, transportasi, ekonomi, kesehatan, berbagai macam jenis transaksi dan masih banyak lagi.

Sayangnya, internet tidak dapat begitu saja kamu dapatkan secara cuma-cuma. Walaupun di beberapa lokasi menyediakan internet gratis, tapi tetap saja internet gratis itu terbatas ruang dan waktunya. Selain menggunakan internet gratis tentu saja kamu dapat membeli paketan data internet yang jangka waktunya dan besaran datanya bervariasi.

Tapi paketan data internet yang berbeda-beda sesuai dengan provider membuat jaringan yang didapatkan pun berbeda-beda. Harganya juga beragam, ada yang murah dengan kualitas jaringan yang tidak terlalu baik, ada yang mahal tetapi memiliki jaringan dan kecepatan internet yang baik.

Bayangkan deh, jika di Indonesia paketan data internetnya murah dan terjangkau tapi jaringan dan kecepatannya juga lancar jaya dan merata dijamin segala sesuatu menjadi lebih mudah di mana pun kamu berada. Tidak perlu khawatir kehabisan kuota dan kantong menjadi terkuras deh.

Namun, untuk poin yang satu ini Indonesia tampaknya perlu berbangga. Hal itu dikarenakan sudah ada Smartfren. Salah satu provider yang memiliki jaringan terbaik dengan harga yang terjangkau, tidak perlu khawatir kuota habis karena kamu bebas #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu dengan #Super4Gkuota dari Smartfren yang menawarkan kuota internet di jaringan 4G selama 24 jam penuh selama sebulan yang pastinya dengan harga yang sangat terjangkau.

7. Maju dan berkembang melalui revolusi industri 4.0

7 Pesan dan Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baik di Masa DepanUnsplash.com/Geraldine Lewa

Industri 4.0 adalah tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Tren ini akan mengubah berbagai bidang kehidupan manusia, seperti ekonomi, dunia kerja, bahkan gaya hidup.

Singkatnya, revolusi 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai bidang kehidupan manusia. Revolusi industri 4.0 memiliki empat prinsip yaitu kesesuaian, transparansi informasi, bantuan teknis dan keputusan mandiri. Berbagai kecemasan terkait revolusi industri 4.0 sudah mulai dirasakan.

Seperti berkurangnya pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) yang akan digantikan oleh mesin atau robot. Oleh karena itu manusia terutama dalam hal ini adalah masyarakat Indonesia dituntut untuk terus meningkatkan talenta, kreativitas dan juga kinerja agar tidak tergerus oleh kehadiran robot dan juga mesin.

Yang perlu diingat adalah manusia harus dilatih agar bisa bekerja bersama dengan robot bukan bekerja bersaing dengan robot. Karena pada dasarnya robot diciptakan untuk membantu manusia tapi bukanlah suatu hal yang tidak mungkin jika manusia akan digantikan oleh robot.

Oleh karena itu, sejak dini perlu terus ditingkatkan berbagai kreativitas serta diperlukan wadah untuk ide-ide kreatif dari anak bangsa kita karena jika teknologi dapat dikembangkan dengan baik dan optimal. Maka teknologi betul-betul akan berpengaruh lebih besar dan memberikan dampak positif yang lebih baik.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

cindy amelia Photo Community Writer cindy amelia

follow: @cindyamelia_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You