5 Alasan Kamu Harus Peduli Sama Perkembangan Politik Indonesia 

Jadi generasi muda yang ikut membangun Indonesia

Mendekati pemilihan presiden, berita politik pastinya akan semakin santer terdengar di lingkungan kita. Dengan adanya momen penting ini, jangan sampai kita sebagai generasi muda, apatis dengan kondisi perpolitikan negara sendiri dan tak peduli sama sekali tentangnya. 

Pada kenyataanya dengan peduli terhadap perkembangan politik Indonesia kita juga mendapatkan banyak manfaat loh. Di bawah ini ada 5 alasan kenapa kamu harus peduli dengan perkembangan politik di Indonesia. Yuk langsung kita cek aja!

1. Politik berpengaruh di semua aspek kehidupanmu

5 Alasan Kamu Harus Peduli Sama Perkembangan Politik Indonesia unsplash.com

Meski semua pekerjaan kamu gak akan bisa mempengaruhi kondisi perpolitikan Indonesia, namun kamu adalah salah satu penduduk Indonesia. Hidup kita mau tidak mau selalu diikat dengan undang-udang yang ada.

Biaya makan kita, berapa mahal untuk beli kuota, biaya trasportasi buat ke kampus/ kantor, pajak yang harus kita bayar, seberapa berkualitas layanan kesehatan kita, semua bergantung dari kebijakan para politikus yang ada di negara kita. Jika kamu tak tahu dengan kondisi politik yang ada, kamu pastinya tidak bisa menentukan pilihan yang tepat untuk menunjang nasib kamu kedepan.

Jadi tahu tentang politik ternyata juga bisa bikin hidup kita jauh lebih mudah 

2. Gak boleh asal, keputusanmu juga berpengaruh pada nasib banyak orang

5 Alasan Kamu Harus Peduli Sama Perkembangan Politik Indonesia unsplash.com

Tak tahu perkembangan politik pasti bisa bikin kita asal pilih pemimpin, padahal pilihanmu menentukan nasib banyak orang loh. Dengan kamu mengikuti perkembangan politik, kamu bisa membantu hidup banyak orang untuk bisa jadi lebih baik. 

Bahkan bukan hanya memilih, kamu juga bisa kontrol kualitas mereka. Jika ada kebijakan yang menyebabkan banyak masalah atau mendiskriminasi kelompok tertentu maka kamu biasa suarakan pendapatmu bersama-sama yang lain. Politikus bekerja untuk masyarakat yang lebih baik lagi, jadi tak ada salahnya mengingatkan mereka jika tak sesuai dengan tujuannya.

Tapi ingat kita harus menggunakan cara yang baik ketika menyuarakan pendapat kita.  

Baca Juga: Bebas dari Penjara, Ahok Disarankan Tidak Kembali ke Dunia Politik

3. Salah satu wujud cinta tanah air

5 Alasan Kamu Harus Peduli Sama Perkembangan Politik Indonesia unsplash.com

Siapa yang ingin negara kita punya banyak masalah, terkenal karena kasus korupsinya, atau masyarakatnya tidak sejahtera. Sebagai orang yang mencintai negaranya sendiri, pasti kita ingin negara kita dikenal sebagai negara yang baik di mata dunia. 

Untuk itu kita perlu untuk tahu setiap perkembangan perpolitikan yang ada di negara kita. Dengan adanya pantauan masyarakat diharapkan para politikus bisa berkerja dengan baik karena diawasi terus menerus.Jika mereka tidak bekerja dengan baik pastinya akan menyebabkan mereka tidak terpilih lagi untuk mewakili rakyat.

Kalau kamu cinta dengan negaramu, salah satu upaya kecil ini pastinya bisa membuat Indonesia semakin baik lagi.

4. Gak cuman drama korea, politik juga punya dramanya

5 Alasan Kamu Harus Peduli Sama Perkembangan Politik Indonesia hollywoodreporter.com

Tenang, politik tidak membosankan seperti apa yang di citrakan banyak orang. Kebijakan politik selalu berubah-ubah, para politikus juga berlomba-lomba untuk membuat kebijakan yang lebih baik untuk rakyatnya.

Mereka terus menerus dipaksa membuat kebijakan yang lebih dari para lawannya, membangun citra positif agar semakin difigurkan, dan bekerja keras untuk menuntaskan setiap tugasnya. 

Drama politik bukanlah drama biasa, drama politik bisa memberikan kita banyak pembelajaran hidup untuk jadi orang yang lebih baik dan berkualitas dari pada sebelumnya.  

5. Setidaknya kamu gak kemakan hoax

5 Alasan Kamu Harus Peduli Sama Perkembangan Politik Indonesia unsplash.com

Zaman sekarang hoax uda ada dimana-dimana, dari grup whatsapp keluarga sampai situs berita abal-abal pasti gak bisa lolos dari berita-berita hoax. Buat kalian yang gak pernah baca berita politik pastinya bisa mudah percaya dengan berita hoax. Bagaimana bisa gak percaya, jika kita aja gak pernah tahu rekan jejak dan track record para politikus Indonesia. 

Jadi penting buat kalian untuk baca perkembangan politik indonesia, tahu bagaimana kualitas para politikus dan cara mereka bekerja, sehingga jika ada berita-berita hoax kalian bisa menilai dengan bijak berita itu benar atau salah.  

Itu tadi 5 alasan kamu harus peduli sama perkembangan politik Indonesia. Yuk kita bersama-sama bangun Indonesia jadi lebih baik untuk kita semua. 

Baca Juga: 5 Tips untuk Millennial yang Ingin Berkarier di Dunia Politik

Indra Dwi Prakoso Photo Verified Writer Indra Dwi Prakoso

Young and Blessed

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya