5 Alasan Penting Mengapa Anak Muda Indonesia Harus Melek Politik 

Masa depan Indonesia ada di tangan kamu

Politik saat ini tidak hanya didominasi oleh generasi tua saja. Munculnya partai-partai politik yang menggaet anggota kader dari golongan anak muda tentu membawa angin segar terhadap masa depan perpolitikan di Indonesia.

Bahkan, kita semua telah mengetahui bahwa salah satu peristiwa besar yang mengiringi percepatan proses proklamasi kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peran pemuda yang kala itu rela membawa Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok.

Apalagi di era globalisasi saat ini, banyak tantangan yang mesti dihadapi oleh seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Tantangan yang semakin besar tentu saja membutuhkan ide dan gagasan yang lebih dinamis dari para pemuda Indonesia.

Yuk, simak 5 alasan penting mengapa saat ini anak muda di Indonesia harus melek politik.

1. Mengkritik kebijakan pemerintah secara objektif

5 Alasan Penting Mengapa Anak Muda Indonesia Harus Melek Politik ilustrasi demonstran (pexels.com/Febry Arya)

Setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah selalu menimbulkan sikap pro dan kontra di tengah masyarakat. Dengan memahami berbagai bentuk kebijakan dalam sistem politik, tentu kita bisa menilai lebih objektif kebijakan tersebut tanpa harus dipengaruhi oleh isu-isu yang beredar.

2. Meningkatkan sikap toleransi di masyarakat

5 Alasan Penting Mengapa Anak Muda Indonesia Harus Melek Politik ilustrasi toleransi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Indonesia merupakan negara demokrasi yang memberikan hak kebebasan berpendapat bagi setiap warganya. Dengan berbagai latar belakang masyarakatnya, tentu akan melahirkan pendepat yang berbeda pula.

Dengan memiliki pemahaman politik yang baik, tentu saja kita bisa saling menghargai pendapat masing-masing tanpa harus memaksakan kehendak kita kepada orang lain.

Baca Juga: 10 Negara dengan Partisipasi Perempuan dalam Politik Terbesar di Dunia

3. Melawan dan menghentikan penyebaran berita palsu

5 Alasan Penting Mengapa Anak Muda Indonesia Harus Melek Politik ilustrasi berita palsu (pexels.com/Markus Winkler)

Mudahnya membuat dan menyebarkan berita palsu atau hoaks merupakan salah satu dampak negatif kemajuan teknologi yang harus kita brantas bersama. Hoaks merupakan ancaman besar di era globalisasi yang akan mengganggu keamanan dan stabilitas suatu negara.

Pemuda generasi saat ini sangat dibutuhkan perannya untuk menangkal berbagai berita bohong tersebut. Dengan memahami bagaimana sistem politik itu berjalan di suatu negara, maka akan mampu memilah-milah pesan yang dianggap palsu dan provokatif agar tidak disebarkan ke orang lain.

4. Memilih pemimpin yang berkualitas

5 Alasan Penting Mengapa Anak Muda Indonesia Harus Melek Politik ilustrasi pemilihan umum (pexels.com/Element5 Digital)

Setiap 5 tahun sekali, Indonesia menyelenggarakan pemilihan umum untuk memilih pemimpin yang akan menjadi nahkoda Indonesia ke depan. Mulai dari pemilihan anggota legislatif hingga presiden dan wakilnya.

Bagi generasi milenial, hal ini merupakan kesempatan besar untuk ikut berpartisipasi dalam menentukan masa depan Indonesia. Dengan memiliki pengetahuan berpolitik yang baik, terutama terkait dengan kebijakan suatu negara, tentu kita sebagai anak muda mampu melihat calon pemimpin yang dapat merealisasikan program kerjanya dan mana yang hanya sekadar lontaran kata-kata yang sulit untuk diwujudkan.

5. Menjadi calon pemimpin masa depan Indonesia

5 Alasan Penting Mengapa Anak Muda Indonesia Harus Melek Politik ilustrasi seorang pemimpin (pexels.com/Thirdman)

Kita semua yang saat ini masih berusia muda, bukan tidak mungkin akan menjadi salah satu calon pemimpin masa depan Indonesia. Menjadi pemimpin di negara sebesar Indonesia tentu membutuhkan manusia yang berkualitas. Meningkatkan ilmu pengetahuan serta memperbanyak pengalaman berorganisasi, bisa kita lakukan mulai dari sekarang.

Negara Indonesia dengan segudang kekayaan yang tak terhitung nilainya senantiasa menghadapi berbagai persoalan negara yang tidak pernah surut, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Presiden sebagai kepala negara tidak bisa bekerja sendirian tanpa adanya peran aktif dari warganya.

Sebagai anak muda Indonesia, kita memiliki kewajiban untuk menjaga keberlangsungan hidup bangsa dan negara. Dengan belajar dan memahami politik, sumbangsih terbesar yang bisa kita berikan kepada negara saat ini adalah ide dan gagasan yang bermanfaat yang disalurkan dengan cara yang baik, serta mampu menghindari segala bentuk provokatif dari sekelompok orang yang ingin memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga: Diplomat Milenial, 5 Podcast Buat Kamu yang Into Isu Politik Dunia

Muh. Ruslim Akbar Photo Writer Muh. Ruslim Akbar

Instagram @muhruslimakbar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya