Daripada Golput, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menyambut Pilpres 2019

Yuk bantu sukseskan pilpres 2019

Tahun ini jadi tahun pertamamu untuk ikutan nyoblos dalam pemilihan presiden? Tenang, gak perlu canggung. Tapi, jangan asal-asalan ya memilihnya. Tetap memilih dengan penuh pertimbangan. Namun, jangan sampai golput juga karena takut salah memilih. Nih, lakukan beberapa hal ini agar kamu bisa memberikan pilihan yang paling tepat.

1. Tonton setiap debat yang diselenggarakan

Daripada Golput, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menyambut Pilpres 2019jabar.tribunnews.com

Sebelum hari pemilihan tiba, pasti akan ada acara debat calon presiden dan wakilnya yang disiarkan di televisi. Jangan sampai terlewat untuk nonton acara ini. Sebab, dengan menyaksikan debat ini akan tampak apakah calon tersebut memiliki gagasan yang sesuai dengan harapan kamu atau tidak. Gak perlu khawatir kalau sudah terlewat debat yang pertama. Namun, jangan sampai ketinggalan untuk nonton debat selanjutnya ya.

2. Cari tahu profil dari setiap calon

Daripada Golput, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menyambut Pilpres 2019medan.tribunnews.com

Kamu juga perlu aktif mencari tahu profil dari setiap calon. Caranya mudah, cukup dengan browsing saja. Misalnya, cari tahu tentang latar belakang pendidikannya, pengalamannya, dan hal-hal lain yang kamu perlukan untuk memberimu keyakinan dalam menentukan pilihan.

3. Ikuti media sosial setiap calon dan tim suksesnya

Daripada Golput, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menyambut Pilpres 2019Unsplash/NordWood Themes

Saat ini media sosial juga bisa digunakan untuk mencari informasi. Lihat postingannya. Dari sana akan tampak apa yang mereka suarakan. Kamu juga bisa melihat respon dari masyarakat. Jangan lupa kalau tujuanmu adalah untuk menemukan calon yang paling tepat.

Baca Juga: Menjelang Pemilu 2019, Maksimalkan Server Kabupaten

4. Selalu update dengan berita terkini

Daripada Golput, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menyambut Pilpres 2019Unsplash/Roman Kraft

Jangan pernah ketinggalan berita terkini tentang setiap calon. Sempatkan waktu untuk menonton berita di televisi ataupun membacanya, bisa dari media cetak ataupun melalui internet. Sehingga, kamu gak ketinggalan informasi penting yang harus diketahui.

5. Jangan malas melangkahkan kaki ke TPS yang ditentukan

Daripada Golput, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menyambut Pilpres 2019Unsplash/Arnaud Jaegers

Setelah mendapatkan informasi yang cukup dan kamu sudah mempunyai pilihan, pastikan kamu datang ke TPS pada waktu yang ditentukan. Jangan sampai hanya karena kamu malas atau mengantuk lalu melewatkan sebuah momen penting. Satu suara tetap sangat berharga.

Sekarang sudah tahu kan apa yang harus dilakukan agar tidak bingung menentukan pilihan. Dengan melakukan beberapa hal di atas, maka kamu bisa yakin untuk memberikan suaramu di TPS. Memang semua itu butuh kemauan. Tapi, bukan hal yang sulit juga. Jadi, jangan sia-siakan kesempatanmu untuk memberikan pilihan ya. Ingat, jangan sampai golput.

Baca Juga: Wujudkan Pemilu 2019 Damai dan Berkualitas

Ninda Ayu Hapsari Photo Verified Writer Ninda Ayu Hapsari

Menulis & membaca itu selalu beriringan dan tak bisa terpisahkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya