Comscore Tracker

4 Harapan untuk Indonesiaku Tercinta, Sederhana Namun Mendalam!

#DearFutureIndonesia Ada harapanmu juga?

Kalau kita mau merekap perjalanan negara Indonesia tercinta, sebenarnya sudah banyak perubahan positif yang sangat terasa. Mulai dari dahulunya kemana-mana harus naik delman sampai akhirnya kini semua orang bisa naik MRT.

Perubahan-perubahan positif tersebut pasti tercipta dari harapan seluruh rakyat yang dirangkum sampai menjadi sebuah terobosan. Apakah harapan harus sebesar itu? Apa bentuk terkabulnya sebuah harapan harus berupa sebuah benda?

Harapan yang besar tentu sangatlah baik, harapan yang dikabulkan menjadi sebuah benda atau terobosan yang bisa kita langsung rasakan manfaatnya pasti sangatlah luar biasa. Namun saya sebagai penulis, memiliki harapan sederhana ini untuk Indonesia yang bisa kita wujudkan bersama.

1. Tetaplah menjadi Indonesia yang dikenal karena keramahannya

4 Harapan untuk Indonesiaku Tercinta, Sederhana Namun Mendalam!pexels.com/AftaPuttaGunawan

Bukan hanya ramah dengan diartikan selalu menyapa dan tersenyum kepada setiap orang. Akan tetapi ramah terhadap setiap perbedaan yang ada. Mungkin terkadang perbedaan tersebut membuat kita tidak nyaman, baik berbeda pemikiran, berbeda sudut pandang, ataupun kepercayaan.

Namun itu semua kembali lagi apakah kita menyambut perbedaan tersebut dengan ramah atau dengan sensitivitas yang tinggi? Sebuah harapan yang terdengar sederhana namun memiliki keindahan yang luar biasa. Bukankah karena adanya banyak perbedaan, Bhinneka Tunggal Ika itu tercipta?

2. Indonesia yang berani untuk berharap, berani untuk bermimpi dan berani untuk yakin!

4 Harapan untuk Indonesiaku Tercinta, Sederhana Namun Mendalam!pexels.com/AlexanderDummer

Tidak ada lagi pemikiran bahwa, yang miskin tetap menjadi miskin dan yang kaya semakin kaya. Karena sesungguhnya berharap atau yakin terhadap suatu hal yang kita impikan adalah sebuah hak asasi.

Apabila ada anak dari seorang pengusaha ternama berumur 15 tahun yang bercita-cita untuk menjadi seorang CEO perusahaan Unicorn, impian itu juga menjadi sebuah hal yang wajar untuk anak dari seorang tukang becak berumur 15 tahun. Karena Indonesia di masa depan adalah Indonesia yang mampu membuat semua anak negerinya berani untuk memilih impian yang mereka cita-citakan.

Mereka tak akan mundur karena hanya sebuah alasan klasik yaitu latar belakang di mana dia lahir, dibesarkan dan tumbuh. Lagi-lagi hal ini karena Indonesia di masa depan tidak hanya memiliki pemerintah yang berani untuk membuat impian tersebut terwujud, akan tetapi memiliki rakyat yang percaya kalau itu semua dapat terwujud.

Baca Juga: 7 Pesan dan Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baik di Masa Depan

3. Berani berpendapat dan mau mendengarkan

4 Harapan untuk Indonesiaku Tercinta, Sederhana Namun Mendalam!pexels.com/MiguelAPadrinan

Harapan yang mungkin sebenarnya kita selalu melakukan hal ini sehari-hari, tetapi apakah kita melakukan hal ini dengan serius? Berpendapat dari apa yang dengar dan mendengarkan pendapat yang diberikan?

Bukan berpendapat tanpa memedulikan yang mendengar, dan mendengar apa yang memang kita ingin dengar. Karena dua hal tersebut apabila kita melakukan dengan serius dan benar akan menciptakan sebuah kata yang disebut saling mengerti.

4. Karena perubahan sebenarnya cukup menjadi yang lebih baik

4 Harapan untuk Indonesiaku Tercinta, Sederhana Namun Mendalam!pexels.com/JuanPabloArenas

Salah satu harapan bahkan ini adalah sebuah cita-cita di mana Indonesia mau untuk berubah menjadi lebih baik. Sesederhana menjadi lebih ramah, lebih berani untuk bermimpi, lebih berani untuk berpendapat dan lebih mau untuk mendengarkan.

Dimulai dari diri sendiri lalu menyebarkan dan mencontohkan hal ini ke semua orang yang kita kenal maupun tidak kita kenal. Apabila kita masih di zaman media cetak adalah sebuah solusi untuk menjadi informasi massal mungkin akan terdengar sulit dan lama.

Namun sekarang dengan kemajuan teknologi, dengan adanya internet hal ini akan terasa sangat sederhana. Terlebih lagi SMARTFREN mau untuk membantu mewujudkan hal ini, dengan #Super4GKuota kamu bisa membantu mencontohkan bagaimana ramahnya Indonesia dimulai dari sosial media ataupun aplikasi sosial lainnya.

Kamu bisa #KuotaKanMaumu bahkan impianmu untuk membuat banyak orang tahu kalo kamu memiliki impian yang besar dan kamu berani serta yakin dalam hal tersebut. Tentunya kamu juga bisa lebih berani #KuotaKanSuaraumu karena sebelumnya kamu telah mendengarkan dengan baik, itu semua untuk Indonesia yang saling mengerti.

Dan ini semua bisa menjadi lebih dari sebuah harapan karena dengan #Super4GKuota mulai harga Rp60.000 untuk kuota internet 30GB dapat membantu mewujudkannya. Cek info lengkap soal Super 4G dari SMARTFREN disini ya https://www.smartfren.com/id/super-4g-kuota.

Itulah beberapa harapan sederhana untuk Indonesia di masa depan. Indonesia ramah, Indonesia yang berani bermimpi, dan Indonesia yang berani berpendapat dan mau mendengar.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Yugo Adibrata Photo Community Writer Yugo Adibrata

Almost become a full-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 05:15:05

Progress: 765.196 dari 813.350 TPS (94.07955%)

Just For You