Comscore Tracker

[OPINI] Anime Attack on Titan: Apakah Sudah Mulai Overhype?

Pembahasan anime AoT yang selalu ramai di Indonesia

Anime Attack on Titan (AoT)merupakan salah satu anime yang laris di kalangan para pecinta anime. Penyebabnya ialah alur cerita yang menarik, penuh plot twist  yang membuat orang terkagum-kagum dengan kecerdasan si mangaka, Hajime Isayama.

Diketahui anime AoT rilis pada tahun 2013, tepatnya pada tanggal 7 April. Sedangkan manga pertamanya terbit pada 9 September 2009. Tidak disangka bahwa anime ini lama kelamaan memiliki banyak penggemar, selalu hype di tiap episode dan chapter terbarunya.

Tentu saja asal mula anime Attack on Titan menjadi terkenal karena banyak orang yang merekomendasikan anime ini. Setiap orang yang berpikiran bahwa anime AoT keren, akan langsung memberitahu orang terdekatnya. "Coba tonton deh anime ini, keren banget tau!" Begitulah kira-kira.

Dari tahun ke tahun, orang-orang mulai mengerti anime AoT.  Episode dan chapter yang baru rilis langsung disambut dengan meriah. Apalagi di media sosial seperti Twitter dan Instagram. Foto dan potongan video dari anime mulai bertebaran di sana sini, disertai caption yang berisi opini mereka.

Setelah melihat-lihat keadaan media sosial seperti Twitter dan Instagram, sebenarnya anime AoT dapat dikategorikan sebagai anime yang overhype. Bahkan anime AoT sudah merambah ke dunia meme, padahal penikmat konten meme di Indonesia tidak hanya fandom AoT saja. Selain itu juga banyak spoiler manga yang muncul di media sosial dan membuat orang-orang terpaksa harus membisukan kata (mute words)  terkait dengan manga AoT.

Anime AoT yang sudah overhype akan semakin menjadi ketika ada orang yang penasaran, "Sebenarnya apa sih AoT itu? Eren itu siapa? Siapa Mikasa?" Berawal dari situlah beberapa orang akan mencoba menonton AoT. Jika sesuai selera maka akan ikut memuji, tetapi jika tidak mungkin tidak ikut menanggapi terlalu jauh.

Tidak ada yang salah dari anime Attack on Titan yang overhype, tetapi terkadang ada orang-orang yang merasa kesal karena selalu kena spoiler. Selain itu, juga ada yang merasa muak karena selalu melihat konten mengenai AoT di mana-mana. Namun, sebenarnya hal itu bisa diatasi asal tidak merugikan kedua belah pihak. Istilahnya "toleransi", kalau kamu belum tahu.

Singkatnya, anime Attack on Titan memang sudah termasuk ke dalam anime yang overhype karena banyak dibicarakan masyarakat dan selalu trending di media sosial. Bagi pihak yang merasa terganggu dengan hype Attack on Titan mungkin bisa menghindar atau memaklumi keadaan tersebut. Sedangkan untuk para fandom AoT dapat mengontrol diri agar tidak melampaui batas dengan menghujat fans AoT baru dengan sebutan 'fans karbitan' karena baru tahu anime sebagus ini saat sudah mulai overhype.

Karena pada dasarnya kelegaan saat menikmati nonton anime adalah hak segala wibu, eh.

Baca Juga: 10 Status Media Sosial Kocak Imajinasi Wibu Punya Pasangan Tokoh Anime

Alfiana Rosyidah Photo Writer Alfiana Rosyidah

college student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya