Comscore Tracker

[OPINI] "Football is Coming Home" Bagi Inggris, Seberapa Mungkin?

#WorldCup2018 Inggris memang punya peluang

Harry Kane dan tim berhasil menaklukan Swedia dengan skor 2-0 pada Sabtu (7/7) di Samara Arena, Rusia. Gol indah dari Harry Maguire dan Dele Alli mengubur mimpi Timnas Swedia untuk menjuarai Piala Dunia. Tentu saja juga berkat kokohnya tembok pertahanan Inggris yang dikawal oleh Jordan Pickford. Kemenangan Inggris telah menjadi harapan baru bagi sepak bola Inggris.

Inggris berhasil melaju ke babak semifinal untuk yang pertama kali sejak Piala Dunia tahun 1990 di Italia. Kala itu mereka kalah dari Jerman Barat melalui skema adu pinalti. Setelah kemenangan atas Swedia pada Sabtu kemarin, maka peluang untuk menjawarai Piala Dunia tinggal beberapa langkah lagi.

1. Seruan 'football is coming home' makin santer digaungkan

[OPINI] Football is Coming Home Bagi Inggris, Seberapa Mungkin?Twitter.com/Trollfootball

Slogan “Football is coming home” mulai santer terdengar di media massa Inggris sejak Timnas Inggris mengalahkan Panama di fase grup. Slogan ini menggambarkan bahwa Football (Trofi Piala Dunia) akan dibawa ke Inggris. Atau dengan kata lain Inggris memenangi Piala Dunia sehingga disebut “Coming Home”.

Inggris berhasil melaju ke babak Semifinal Piala Dunia, hal ini membuat slogan ini semakin didengung-dengungkan di tanah Inggris. Bahkan slogan “Football is coming Home” sudah mendunia dan dipakai oleh semua fans Inggris yang walaupun bukan merupakan warga negara Inggris.Jadi, is Football really coming home?

2. The Three Lions harus menempuh perjalanan yang tak mudah

[OPINI] Football is Coming Home Bagi Inggris, Seberapa Mungkin?Twitter.com/sterling7

Perjalanan Inggris tidak akan mudah, di babak semifinal Inggris harus berhadapan dengan Kroasia. Kroasia adalah salah satu tim kuda hitam di Piala Dunia 2018. Menjuarai grup D tanpa terkalahkan tentu saja menjadi hal yang patut diperhitungkan oleh Gareth Southgate.

Luka Modric dan Mateo Kovacic tentunya tidak akan membiarkan Inggris lolos dengan mudah. Tetapi Inggris berada di atas angin karena pada dua pertemuan terakhir Inggris mampu membantai Kroasia dengan skor 5-1 dan 4-1.

Jika Inggris lolos ke final, maka mereka akan menghadapi salah satu raksasa Eropa antara Prancis atau Belgia. Prancis dan Belgia sama-sama terkenal dengan sektor penyerangan yang membahayakan. Belgia dan Inggris sebelumnya telah bertemu di fase grup di mana Inggris harus bertekuk lutut setelah dikalahkan Belgia 1-0.

Serta 2 pertemuan terakhir Prancis dan Inggris di turnamen resmi berakhir 1-1 dan 2-1 untuk kemenangan Prancis. Tentu perjalanan Inggris akan semakin berat untuk menjuarai Piala Dunia 2018.

3. Pemain Inggris saat ini belum punya pengalaman

[OPINI] Football is Coming Home Bagi Inggris, Seberapa Mungkin?Twitter.com/worldcupfc

Para punggawa Timnas Inggris ternyata belum ada yang pernah memenangi Piala Dunia. Bahkan belum ada yang pernah merasakan bermain di Partai Final Piala Dunia. Hal ini tentunya akan menjadi pengalaman baru bagi mereka untuk melawan rasa gugup yang menghantui mereka.

Mengandalkan pemain-pemain muda, apakah Inggris bisa mewujudkan slogan “Football is coming home”? Mungkin saja.

Allan Maakh Photo Community Writer Allan Maakh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You