Comscore Tracker

5 Harapan dari Penulis Online di Era Digital untuk Presiden Terpilih

#DearFutureIndonesia Semoga penulis online lebih diapresiasi

Profesi atau pekerjaan adalah segala sesuatu yang identik dengan cara kita mendapatkan penghasilan. Salah satu profesi yang sebenarnya cukup menjanjikan tapi masih jarang ditekuni sebagai pekerjaan tetap adalah penulis.

Seringkali, penulis yang menulis suatu hasil karya, dianggap hanya menyalurkan hobinya saja. Sementara untuk pekerjaan tetap, mereka tetap harus pergi ke kantor, atau berdagang di pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Padahal, bila dijadikan sebuah profesi tetap, penulis bisa kok mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dari pegawai kantoran. Apalagi di era modern seperti sekarang, predikat penulis bukan cuma bisa disematkan pada orang yang menghasilkan sebuah karya berupa buku, lho.

Maraknya penggunaan internet dan dunia maya, membuat banyak para penulis online lahir dan lebih bebas mengekspresikan karya-karya mereka. Kalau diminta untuk jujur, sebenarnya ada beberapa hal nih yang menjadi harapan bagi para penulis online agar lebih termotivasi dan berkembang lagi.

1. Sosialisasi lebih kepada masyarakat awam soal hukum plagiarisme

5 Harapan dari Penulis Online di Era Digital untuk Presiden Terpilihunsplash/rawpixel

Menulis online merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dong, tentunya. Tapi, jadi gak menyenangkan lagi begitu kita melihat hasil tulisan kita digandakan oleh orang lain secara bebas. Bahkan, orang lain bisa dengan mudah mengklaim bahwa mereka lah yang menghasilkan tulisan tersebut.

Bayangkan betapa kecewanya kita jika sudah capek-capek memikirkan ide, menjabarkannya dalam bentuk tulisan, dan malah diambil begitu saja oleh orang lain. Apalagi media online begitu bebasnya sehingga siapa pun bisa mengakses dan menggandakan tulisan kita. Baik itu dalam bentuk tulisan lagi, atau dalam bentuk video.

Oleh karena itulah, para penulis online memiliki harapan yang tinggi soal hukum plagiarisme di Indonesia. Diharapkan, banyak orang yang lebih mengerti sehingga lebih mampu menghargai tulisan orang lain.

2. Penulis online diharapkan dapat menjadi pekerjaan yang menjanjikan

5 Harapan dari Penulis Online di Era Digital untuk Presiden Terpilihunsplash/Glenn Carsters-Peters

Ketika video blogger alias vlogger atau yang biasa disapa sebagai YouTuber bisa memiliki penghasilan yang menakjubkan, kenapa para penulis online gak bisa seperti mereka? Padahal, budaya menulis yang tinggi di Indonesia, jika didukung dengan baik, pasti juga akan menjadikan budaya membaca masyarakat kita meningkat juga. Bukankah menulis dan membaca merupakan kebiasaan baik yang akan mampu membuat Indonesia menjadi lebih maju?

Jadi, harapan para penulis online adalah agar profesi yang satu ini bisa menjadi suatu pekerjaan yang menjanjikan dan dapat ditekuni hingga akhir hayat.

Baca Juga: 5 Harapan Besar Rakyat Indonesia untuk Presiden yang Terpilih

3. Wadah untuk menulis yang lebih diperbanyak

5 Harapan dari Penulis Online di Era Digital untuk Presiden Terpilihunsplash/Ilya Pavlov

Salah satu wadah untuk menulis secara online seperti IDN Times ini merupakan salah satu dari sedikit tempat menulis yang tersedia di Indonesia. Sementara, minat menulis para generasi muda bisa dibilang akan semakin meningkat jika pemerintah bisa memberikan dukungan lebih lagi baik secara moril maupun materil. 

Dengan semakin banyaknya wadah menulis, diharapkan nantinya kita semua juga semakin terpacu untuk bersaing dengan penulis online lainnya dan menghasilkan tulisan yang lebih bermanfaat lagi.

4. Difasilitasi untuk mampu bersaing dengan penulis online di seluruh dunia

5 Harapan dari Penulis Online di Era Digital untuk Presiden Terpilihunsplash/Bonnie Kittle

Gak cuma di Indonesia, penulis online juga bermunculan di seluruh dunia terutama di era digital seperti sekarang. Malahan, bisa dibilang, penulis online dari luar negeri sangat kreatif dalam pemilihan tema dan mendapat respon yang cukup luar biasa dari para pembacanya.

Harapannya, salah satu cara yang bisa dilakukan dengan meningkatkan jiwa kompetisi para penulis online Indonesia adalah dengan mengadakan event secara online. Di mana, event ini nantinya mungkin bisa diikuti oleh siapa pun dari negara mana pun. Jika terus dikembangkan, kita tentu bisa menjadi lebih baik dari negara lain, lho.

5. Kuota internet yang murah dan stabil

5 Harapan dari Penulis Online di Era Digital untuk Presiden Terpilihunsplash/Andrew Neel

Menulis secara online tentu gak akan terlepas dari yang namanya kebutuhan terhadap internet. Penulis online seringkali kebingungan kalau harus mencari spot yang tenang saat harus menyalurkan ide-ide mereka. Tapi, untuk harapan yang satu ini para penulis online zaman now harusnya sih sudah gak bingung lagi.

Karena Smartfren sekarang sudah hadir dengan berbagai macam pilihan kuota yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Buat para penulis online, kamu bisa banget nih berkarya dengan bebas tanpa perlu khawatir keluar uang lebih untuk urusan kuota internet tinggal pakai #Super4GKuota dari Smartfren.

Paket Super 4G Kuota dari Smartfren menawarkan berbagai pilihan kuota. Mulai dari Rp60.000 kamu sudah dapat kuota 30GB. Banyak dan bermanfaat banget kan buat kamu yang suka menulis online. Sudah gak usah pikir panjang, pilih aja paket Super 4G Kuota agar kamu bisa #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu melalui tulisan yang bermanfaat.

Intinya, kita semua selalu mengharapkan yang terbaik untuk Indonesia tercinta dan akan bersedia membantu dengan segala daya dan upaya kita. Setuju kan, guys?

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 26 Apr 2019 17:30:04

Progress: 312.931 dari 813.350 TPS (38.47433%)

Just For You