Comscore Tracker

Refleksi Hari Ini, Ada 5 Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baik

#DearFutureIndonesia Kita perlu optimisme!

Bila kita menyaksikan dengan saksama, Indonesia hari ini begitu gaduh. Kegaduhan itu  hadir dari beberapa aspek kehidupan sehari-hari: sosial, pendidikan, budaya, dan sebagainya. Dari itu semua, sayangnya, kita bisa menyimpulkan bahwa Indonesia sedang tidak baik-baik saja.

Namun, sebagai warga negara yang berpikir ke depan, kita sepatutnya memiliki optimisme. Jika sama-sama berniat memperbaiki diri, kelak kita bisa lihat perubahan yang berarti bagi negeri ini. Harapan tidak sekadar dinanti untuk terwujud suatu hari, tetapi diperjuangkan agar mampu terpenuhi hari ini.

1. Kebinekaan yang terawat

Refleksi Hari Ini, Ada 5 Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baikunsplash.com/ayahya09

Harus diakui, dewasa ini toleransi masih merupakan barang mahal. Entah kita sudah atau belum mampu menjauhi kecurigaan terhadap mereka yang berbeda keyakinan, ras, pemikiran atau pandangan politik dengan kita gagaslah ini, “bukan keseragaman yang membentuk Indonesia, tetapi keberagaman”.

2. Diskusi tanpa caci maki

Refleksi Hari Ini, Ada 5 Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baikunsplash.com/trung18tuoi

Berdiskusi kini seolah-olah hanya terlihat seperti adu lempar cemooh, terlebih di media sosial. Di ruang online atau offline, kita bisa memulai ujaran baik yang mendinginkan.  Padatkan pendapat kita dengan argumen yang bergizi, bukan mengisinya dengan serangan subjektif terhadap lawan bicara.

3. Membaca kembali membudaya

Refleksi Hari Ini, Ada 5 Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baikunsplash.com/nicolewolf

Seringnya hoaks tersebar dan mudahnya orang termakan kebohongan bukanlah tanpa sebab. Mari berkaca, apa kita masih memasyarakatkan laku membaca? Ini saatnya kita awali kembali kebiasaan terpuji ini demi pikiran dan tindakan yang lebih berisi—tidak harus membaca buku fisik, ada e-book yang bisa kita akses kapan pun.

Baca Juga: 7 Pesan dan Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baik di Masa Depan

4. Disiplin di ruang publik

Refleksi Hari Ini, Ada 5 Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baikunsplash.com/gamminopantsu

Tidak jarang kita dibuat kesal oleh semrawutnya kota. Namun, tunggu dulu, ada beberapa hal yang mungkin belum kita jadikan kultur. Misalnya tertib mengantre, menggunakan transportasi umum ketika sendirian, mendahulukan orang yang akan turun dari KRL atau keluar dari lift. Bukankah kota yang nyaman membuat kita semringah dan betah?

5. Digitalisasi yang maksimal

Refleksi Hari Ini, Ada 5 Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baikunsplash.com/wx1993

Era digital ini membuat kita harus bersahabat erat dengan internet. Dengan digitalisasi yang gencar dan merangkul, bayangkan hal positif yang bisa diraih oleh Indonesia. Masyarakat yang melek teknologi, pemenuhan kebutuhan harian yang mudah dan murah, dan dampak ekonomi yang positif dari menjamurnya startup digital, bisnis online, dan sebagainya. Namun, sayangnya kita masih sering mengalami kendala ketika berinternet.

Untungnya, Smartfren menghadirkan Super 4G Kuota yang memberi kita kenyamanan selama berselancar di dunia maya seperti sinyal 4G 24 jam, kuota lebih besar, serta bisa digunakan di semua smartphone 4G dan modem WiFi. Dengan #Super4GKuota, kamu bisa #KuotakanMaumu dan #KuotakanSuaramu untuk merealisasikan harapan bagi Indonesia.

Nah, itulah 5 harapan untuk Indonesia yang hanya bisa terwujud jika kita mau berpartisipasi memulai hal yang baik. Semua diawali dari diri sendiri.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Dini Febriani Photo Community Writer Dini Febriani

Pemakan donat-donat cantik nan lezat. // https://www.finidebriani.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 05:15:05

Progress: 765.196 dari 813.350 TPS (94.07955%)

Just For You