Comscore Tracker

[OPINI] Garuda Muda Menuju Piala Dunia

Ku yakin hari ini pasti menang...

Timnas U16 Indonesia sedang berjuang di ajang Piala Asia yang di selenggarakan di Malaysia. Garuda Muda berhasil menjadi juara group setelah bermain imbang 0:0 melawan India. Hasil tersebut cukup mengantar anak asuh Fakhri Husaini tersebut masuk perempat final, yang artinya selangkah lagi menuju Piala Dunia U17 di Peru.

Berikut kisah perjuangan Garuda Muda di kancah Asia.

1. Secercah harapan itu bernama Timnas U16

[OPINI] Garuda Muda Menuju Piala Dunia@wahyuhestind

Beberapa suporter yang memadati stadion Gelora Deltras Sidoarjo dibuat menahan napas, sebelum akhirnya gemuruh pecah memekakkan telinga, setelah Ilham Udin Armaiyn berhasil menceploskan si kulit bundar ke gawang Vietnam.

Hari itu, tahun 2013, Evan Dimas dan kawan-kawan berhasil mengangkat trofi AFF Cup U19 setelah mengalahkan Vietnam lewat adu penalti.

Setelah itu seolah-olah mendung menggelayut di langit persepakbolaan Indonesia. Kegagalan demi kegagalan menghampiri Timnas Indonesia di semua usia. Mulai dari Timnas U19 yang gagal lolos dari piala Asia 2014, AFF Cup 2016 Timnas senior dikalahkan oleh Thailand, Sea Games 2017 Timnas U23 dikalahkan Malaysia, AFF Cup 2017 dan 2018 Timnas U19 juga tumbang.

Di tengah mendung duka yang bergelayut di langit persepakbolaan Indonesia, secercah harapan mengintip malu-malu. “Indonesia juara” akhirnya berkumandang lagi di stadion Gelora Deltras Sidorajo pada 11 Agustus 2018.

Secercah harapan itu adalah Timnas U16 asuhan pelatih Fakhri Husaini. Tepisan dari Ernado mengantar Timnas U16 meraih trofi AFF Cup U16 untuk pertama kalinya.

2. Kaki-kaki kecil menuju gerbang Piala Dunia

[OPINI] Garuda Muda Menuju Piala DuniaPSSI

Piala Asia U16 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 20 September-7 Oktober di Malaysia, Indonesia tergabung di dalam group yang tidak mudah. Garuda muda harus berjuang melawan tim calon juara Iran, tim kuat dari Asia Selatan yaitu India, dan musuh bebuyutan yang selalu merepotkan yaitu Vietnam.

Bermodal sebagai juara AFF Cup 2018 dan semangat pantang menyerah, garuda-garuda muda ini optimis bisa melalui fase group.

Pada pertandingan pertama, secara mengejutkan Garuda muda mampu mengalahkan Iran dengan kedudukan 2:0. Permainan cepat dan efektif, serta pertahanan yang solid mampu merepotkan Iran. Pada laga tersebut, semua pemain bermain sangat baik. Tetapi si kembar Bagas Bagus mencuri perhatian dengan sumbangan golnya.

Pertandingan kedua melawan Vietnam berlangsung cukup sulit. Garuda muda kita dibuat kerepotan dengan pressing ketat dan pertahanan grendel, serta serangan balik yang diterapkan Vietnam. Garuda muda sempat tertinggal dari gol yang diciptakan Nguyen Nganu Ah pada menit 31.

Pada babak kedua, pelatih Fakhri Husaini memasukkan Sutan Zico, yang kemudian mampu menyamakan kedudukan pada menit 51. Pertandingan berjalan cukup alot, beberapa kali pemain-pemain Vietnam mampu merepotkan pertahanan Indonesia. Pertandingan berakhir sama kuat 1:1.

Pada pertandingan terkahir garuda muda melawan India di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Pertandingan cukup terbuka Garuda muda dan Timnas U16 India saling jual beli serangan. Terjadi beberapa peluang di depan gawang yang tak mampu di konversi menjadi gol.

Pertandingan berakhir dengan Skor 0:0. Skor tersebut mengantarkan Garuda Muda sebagai Pemuncak group C dengan raihan 5 poin beda selisih gol dengan India di tempat kedua.

3. Kepakkan sayapmu Garuda Muda

[OPINI] Garuda Muda Menuju Piala Dunia@Garudarevolution

Lolos dari fase group juga memastikan Garuda muda kita lolos ke perempat final yang artinya satu langkah lagi menuju piala dunia U17 yang akan di adakan di Peru. Menjadi juara Group C, bukan berarti Garuda Muda akan dengan mudah melaju ke semi final. Di perempat final Garuda muda Menunggu Runner up dari Group D yang di isi tim-tim tangguh seperti Korea Selatan, Australia, Afganistan dan Irak.

Walaupun tidak mudah tetapi mimpi itu kian dekat. Piala dunia bagi kaki-kaki kecil ini Bukan suatu yang tidak mungkin. Semanagat itu, keyakinan itu terlihat jelas di sorot mata mereka. Ini waktunya Garuda Muda mengepakkan sayapnya.

Bung Riko Jebret pernah mengatakan:

Saudara-saudariku asal kita bersatu dan percaya, pemain-pemain yang ada di atas lapangan dam pelatih, suporter yang ada di stadion dan seluruh warga Indonesia di depan layar televisi, percayalah kita bisa meraih apa yang kita impi-impikan yaitu kemenangan, karena siapa kita? INDONESIA.

Achmad Dwi muntaha Photo Community Writer Achmad Dwi muntaha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You