8 Kebiasaan Buruk yang Harus Segera Dihilangkan dari Indonesia

Apa saja kebiasaan buruk di Indonesia?

Kemajuan suatu negara jelas tergambar dari karakter orang-orangnya. Nah, kalau kamu selama ini bingung kenapa Indonesia gak maju-maju padahal hampir 70 tahun merdeka, maka kamu bisa bercermin sama orang-orangnya. Ada berbagai faktor kenapa Indonesia masih belum bisa maju. Di bawah ini adalah beberapa penjelasan tentang penyebab kenapa masyarakat Indonesia masih belum bisa maju.

1. Kurang disiplin

8 Kebiasaan Buruk yang Harus Segera Dihilangkan dari IndonesiaUnsplash/Ryoji Iwata

Contohnya saja, masyarakat kita sering menerobos lalu lintas, suka mengulur-ulur waktu, buang sampah sembarangan dan yang paling sering ialah jarang bangun pagi. Sifat disiplin adalah kunci dalam kesuksesan, begitu pula dalam negara. Jika masyarakatnya banyak yang tidak disiplin dan mematuhi aturan yang ada maka sudah bisa dipastikan negaranya akan hancur dan tidak bisa maju.

2. Korupsi

8 Kebiasaan Buruk yang Harus Segera Dihilangkan dari IndonesiaKompas.com

Masyarakat yang seharusnya mendapatkan haknya malah tidak mandapatkan, sehingga kemiskinan terjadi di mana-mana, kelaparan terjadi di daerah timur serta merajalelanya pengangguran. Perlu untuk diketahui, negara kita peringkat 90 negara terkorup di dunia loh!

3. Masih percaya hal mistis

8 Kebiasaan Buruk yang Harus Segera Dihilangkan dari IndonesiaIyakan.net

Sampai sekarang, kepercayaan terhadap hal mistis ini masih terus berkembang dan gak ada tanda-tanda akan surut. Saat orang-orang sibuk cari tempat tinggal baru buat penduduk bumi, orang Indonesia masih aja asyik ngomongin mistis. Ada bencana, dikatikan dengan mistis. Artis sakit, dikaitkan dengan mistis, mau nikah, dikaitkan dengan mistis sampai milih pemimpin pun masih dikaitkan sama mistis. Duh, gimana mau maju coba?

4. Gengsi

8 Kebiasaan Buruk yang Harus Segera Dihilangkan dari IndonesiaUnsplash/Jacek Dylag

Sebenarnya gengsi adalah kehormatan yang diperoleh dengan perbuatan besar. Namun masyarakat sekarang lebih materilistis. Orang ingin dipuji karena kekayaan materinya. Banyak yang berpandangan kalau dia terlihat lebih kaya berarti dia lebih gengsi. Inilah alasan mengapa masyarakat kita cenderung tidak ‘maju’, yang dipikirkan hanyalah gengsi semata.

Baca Juga: Sempat Absen, Khofifah Pastikan Hadir di Sidang Korupsi Rabu Esok

5. Menuntut hidup instan

8 Kebiasaan Buruk yang Harus Segera Dihilangkan dari IndonesiaUnsplash/Ben Mullins

Tidak mau bekerja keras, tapi ingin memiliki banyak uang, tidak mau berusaha tetapi ingin merasakan hasilnya seperti pesugihan, masih banyak orang kita yang percaya dengan hal seperti ini yang jelas-jelas tidak masuk akal. Contoh kecil lainnya yang bisa kita lihat adalah pada saat ujian sekolah, pastinya kita bisa mendapati teman kita yang menyontek, ini menjadi bukti jika penerus bangsa Indonesia suka hal yang instan, mereka memilih menyontek dibandingkan belajar sungguh-sungguh.

6. Kurang bersyukur

8 Kebiasaan Buruk yang Harus Segera Dihilangkan dari IndonesiaUnsplash/Stefan Spassov

Kurang bersyukur? Pasti, karena orang miskin justru jadi yang konsumtif. Mengapa? Karena walaupun miskin tapi Indonesia itu termasuk negara yang paling konsumtif loh. Ini jelas kasihan lagi mengkhawatirkan. Gimana mungkin coba kamu gak punya uang, tapi masih bisa belanja ini itu, bahkan sampai melebihi pendapatan.

7. Kebiasaan mengadu domba

8 Kebiasaan Buruk yang Harus Segera Dihilangkan dari IndonesiaUnsplash/Hasan Almasi

Contoh kecilnya adalah banyaknya tawuran yang terjadi di Indonesia, dan hal itu dilakukan oleh para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa. Jika penerus bangsa sudah begitu bagaimana mungkin Indonesia bisa maju? Kita harus bersatu teguh untuk menjadi Indonesia, jangan pernah terpecah belah walaupun kita berbeda. Dan yang paling penting, janganlah pernah mengusik kepercayaan orang lain yang berbeda dengan kita.

8. Pemalas

8 Kebiasaan Buruk yang Harus Segera Dihilangkan dari IndonesiaUnsplash/Sam Solomon

Bangsa yang malas adalah bangsa yang miskin, kenapa? Karena malas adalah sumber kemiskinan. Tidak semua orang miskin adalah pemalas tetapi orang malas sudah pasti akan jadi miskin. Udah kerjanya malas tapi malah menuntut upah yang gila-gilaan. Mau dapat gelar sarjana atau master tapi ogah belajar.

Mari sebagai warga negara Indonesia kita mulai dari diri sendiri untuk menjadikan bangsa kita jadi yang lebih baik. Tidak perlu menunggu orang lain untuk melakukannya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Ini yang Bikin Rekan Kerja Jadi Ilfil Denganmu

Faris Ferdian Photo Community Writer Faris Ferdian

Movie Lovers and old fashion 80s style

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You