Comscore Tracker

[Opini] Tampil Impresif, 4 Klub Ini Layak Menjuarai Liga Eropa

Mimin dari dulu jagokan nomor 1. Kalau kamu?

Liga Eropa telah mencapai babak 16 besar dan akan diselenggarakan dini hari nanti (9/3/2018). 16 tim akan saling berhadapan di leg I demi mengamankan tiket ke babak perempat final.

Italia, Spanyol, Prancis dan German masing-masing diwakili oleh dua klub, Russia menjadi negara terbanyak yang menyumbangkan timnya di babak 16 besar Liga Eropa musim ini dengan tiga tim.

Mereka adalah Lokomotiv Moskow, CSKA Moskow dan Zenit St Petersburg. Sedangkan sisanya diisi oleh perwakilan dari Austria, Portugal, Ukraina dan Ceko.

Namun tampaknya dari 16 klub Eropa tersebut, empat tim berikut ini memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa menjuarai trofi Liga Eropa musim ini. Tak hanya karena soal performa, mereka merupakan klub yang penuh dengan pengalaman dan prestasi di Eropa. Siapa saja mereka? Yuk kita simak ulasannya.

1. AC Milan

twitter.com/acmilan

Sejak ditangani Genarro Gattusso, AC Milan kini bertransformasi menjadi klub yang kembali ditakuti baik di Italia maupun di Eropa. Kini AC Milan tak terkalahkan dalam 13 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Termasuk keberhasilannya lolos ke babak final Coppa Italia saat mengalahkan Lazio.

AC Milan sendiri musim ini belum terkalahkan di Liga Eropa dan akan menghadapi musuh yang berat di babak 16 besar nanti, Arsenal. Namun Milan akan lebih diuntungkan. Karena mereka akan bertanding di San Siro terlebih dahulu.

Hal lainnya adalah saat ini Arsenal sedang berada dalam performa terburuknya. Mereka mengalami empat kekalahan berturut-turut. Termasuk kekalahan 3-0 di babak final Carabao Cup dari Manchester City.

Hal tersebut harus bisa dimaksimalkan oleh AC Milan untuk meraih kemenangan. Apalagi mereka memiliki waktu istirahat lebih karena Liga Italia pekan lalu ditunda akibat meninggalnya pemain Fiorentina, Davide Astori.

AC Milan merupakan klub paling berpengalaman dan berprestasi di kompetisi Eropa di antara klub lainnya di ajang ini dengan 7 trofi Liga Championsnya. Tak mengherankan jika mereka menjadi kandidat utama yang akan menjadi juara Liga Eropa musim ini.

Apalagi target Milan musim depan adalah mampu tampil di Liga Champions, dan menjuarai Liga Eropa menjadi tiket bagi mereka jika ternyata nantinya mereka tidak masuk 4 besar di Liga Italia.

Milan sendiri belum pernah meraih trofi Liga Eropa dalam sejarah klubnya. Sehingga hal tersebut akan lebih menambah motivasi mereka untuk merebut gelar ini untuk pertama kalinya.

2. Atletico Madrid

twitter.com/Atleti

Atletico Madrid musim ini sebenarnya tampil di Liga Champions. Namun secara mengejutkan mereka harus tersisih di babak grup, sehingga turun ke Liga Eropa.

Mereka mampu lolos ke babak 16 besar Liga Eropa setelah mengalahkan FC Kopenhagen dengan aggregate 5-1, dan akan menghadapi Lokomotiv Moskow di babak tersebut.

Seharusnya Atletico Madrid bisa mengalahkan Lokomotiv Moskow dinihari nanti dengan skuad bintang yang dimilikinya. Namun tentunya hal tersebut tidak akan mudah melihat performa Lokomotiv Moskow yang sedang bagus-bagusnya.

Saat ini Lokomotiv Moskow sendiri merupakan pemuncak klasemen Liga Russia. Akan tetapi Atletico Madrid tetap lebih diunggulkan dengan segudang pengalamannya di ajang ini serta duet maut striker Anoine Grieamann dan Diego Costa.

Dengan pengalaman yang dimiliki Atletico Madrid di kompetisi Eropa, pantas sekali jika mereka musim ini menjadi kandidat juara di ajang ini. Mereka pernah menjuarai ajang ini sebanyak dua kali pada musim 2009/2010 dan 2011/2012. Tak hanya itu saja, dalam lima musim terakhir mereka mampu menjadi finalis Liga Champions.

Trofi Liga Eropa akan menjadi target Atletico musim ini, setelah kesulitan mengejar Barcelona di Liga Spanyol. So, hal ini tentunya akan menjadi motivasi tersendiri pasukan Diego Simone.

3. Dortmund

twitter.com/BVB

Dormund memiliki nasib yang sama dengan Atletico Madrid, terlempar dari Liga Champions di babak penyisihan grup. Namun hal tersebut tak membuat mereka menjadi klub yang tak diperhitungkan di ajang ini.

Bahkan Liga Eropa merupakan fokus mereka musim ini, setelah hampir mustahil mengejar Bayern Muenchen yang berada di puncak klasemen Liga Jerman. Mereka tertinggal 21 poin dan berada di posisi ke-3 klasemen sementara.

Maka jika tak ingin mengakhiri musim ini tanpa gelar, maka harapan trofi Dortmund tinggal Liga Eropa. Skuat Dortmund musim ini terbilang sangat kompetitif meskipun kehilangan Aubameyang yang hijrah ke Arsenal.

Mereka masih memiliki Mario Gotze, Marco Reus, Batshuayi dan Nuri Shahin yang merupakan pemain-pemain yang sangat berpengalaman di Eropa.

Terbukti mereka mampu lolos ke babak 16 besar Liga Eropa, setelah mengalahkan lawan kuat Atalanta dengan aggregate 4-3. Di babak 16 besar dinihari nanti mereka akan melawan Red Bull Salzburg. Ini akan menjadi langkah selanjutnya bagi mereka untuk menjuarai ajang ini.

4. Lazio

twitter.com/OfficialSSLazio

Di luar dugaan musim ini Lazio mampu tampil apik di bawah pelatih Simone Inzaghi. Mereka mampu tampil bermain tajam dengan mengandalkan striker utamanya Cirro Immobile yang didukung oleh Milinkovic-Savic, yang menjadi rebutan tim-tim besar di bursa transfer.

Di babak 32 besar sendiri Lazio mampu tampil luar biasa dengan membalikan keadaan setelah kalah 1-0 di leg I. Di leg kedua yang diadakan di kandang mereka, Lazio mampu menghabisi Steua Bucuresti dengan skor 5-1.

Dalam pertandingan tersebut, Immobile mampu mencetak hat-trick. Hal ini menjadi pembuktian jika Lazio merupakan lawan yang patut diwaspadai di ajang ini.

Saat ini, Lazio sendiri berada di posisi ke-4 klasemen Liga Italia, tertinggal satu angka dari AS Roma yang berada di posisi ke-3. Lazio memiliki modal yang cukup baik dimana skuad mereka musim ini mampu tampil berimbang.

Mereka memiliki Luca Leiva, Milinkovic-Savic, dan Felipe Anderson yang tampil kuat di lini tengah dan Immobile yang tampil tajam sebagai striker. Immobile kini merupakan top skorer sementara Liga Italia dengan 23 gol. Maka bukan sebuah kemustahilan jika mereka mampu menjuarai Liga Eropa musim ini.

Di babak 16 besar mereka akan bertandang ke Ukraina untuk menghadapi Dynamo Kiev dini hari nanti.

5. Klub kejutan

twitter.com/fczenit_en

Namun terlepas dari 4 klub besar di atas bisa saja sebuah kejutan muncul dari mereka yang tak diunggulkan. Di antaranya berasal dari dua klub asal Rusia, Zenit St Petersburg dan CSKA Moskow. Mereka merupakan tim yang pernah menjuarai ajang ini pada musim 2007/2008 dan CSKA Moskow yang menjadi juara pada musim 2004/2005 setelah mengalahkan Sporting Lisbon dengan skor 2-1.

Jadi layak untuk ditunggu siapa diantara mereka yang akan menjadi juara Liga Eropa musim 2017/2018.

Line Ads

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You

I Want More !