[OPINI] Alcohol Swabs Bukan untuk HP Kalian

Tidak perlu sampai segitunya

Setelah hebohnya virus Corona atau Covid-19 ini secara tiba-tiba ada banyak oknum dengan sangat tidak berperasaan menjadikan hal ini sebagai ladang uang buat mereka.

Harga masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan , dan barang-barang antiseptic lainnya menjadi mahal bahkan tak terlihat di pasaran. Buatku itu adalah hal yang sangat tidak manusiawi, mengambil kesempatan di tengah musibah yang mungkin juga bisa menimpa dirinya sendiri atau keluarganya.

Setelah masker medis yang dikomersilkan dengan sangat tidak wajar dan cenderung langka, kemudian disusul dengan hand sanitizer, sekarang masih belum puas oknum tidak bertanggung jawab juga mulai merekomendasikan alcohol swab.

Please teman-teman milenials dan gen-z kalian jangan sampai terpengaruh untuk membeli ini karena efect panik virus corona. Alcohol swabs bukan tissue antiseptik yang bisa kalian bawa ke mana saja dan untuk apa saja. Barang yang terlihat kecil ini memegang peran penting dalam berbagai tindakan medis.

Disinfeksi area sebelum disuntik

[OPINI] Alcohol Swabs Bukan untuk HP Kalianpixabay.com/whitesession

Alcohol swabs digunakan untuk membersihkan area sebelum pasien disuntik untuk menghindari adanya infeksi

Disinfeksi area sebelum pemasangan infus

[OPINI] Alcohol Swabs Bukan untuk HP Kalianhellosehat.com/Serba-serbi infus

Sama dengan area suntikan, area infus juga harus diseterilkan dari bakteri dan virus untuk mencegah adanya infesksi

Disinfeksi alat-alat medis

[OPINI] Alcohol Swabs Bukan untuk HP Kalianpixabay.com/Skeeze

Alcohol swabs juga digunakan untuk mensterilkan alat-alat medis.

So teman-teman, alcohol swabs bukan untuk hand phone kalian. Apa lagi untuk membersihkan alat makan, kalian harus tahu biasanya kandungan yang terdapat dalam alcohol swabs adalah isopropyl alcohol dan itu tidak bisa termakan karena bisa menyebabkan keracunan.

Ada banyak orang di rumah sakit yang lebih membutuhkan alcohol swabs dari pada kalian. Kalian cukup membersihkan dengan alat makan kalian dengan sabun, bahkan hand phone kalian pun bisa dibersihkan dengan sabun. Cukup dengan tisu yang dibasahkan dengan sabun lalu bersihkan area hp yang tidak ada terhubung dengan listrik. it's work!

Jangan sampai ketidaktahuan dan kepanikan kalian membuat stok alat medis menjadi langka dan memberi dampak pada pasien yang lebih membutuhkan dari kalian.

Baca Juga: [OPINI] Knowledge Economy: Masa Depan Pendidikan Indonesia

Caroline Sambuaga Photo Verified Writer Caroline Sambuaga

I am a creative director of my dream(s) Twitter & Instagram : @che_sam Wattpad : @chesamstory Blog : www.chesamstory.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya