Comscore Tracker

Bukan Cuma Infrastruktur, 5 Poin Ini Juga Penting Dibangun

#DearFutureIndonesia Demi memajukan kesejahteraan umum

Jika diperhatikan 10 tahun terakhir ini, kebanyakan pemerintah lebih menggenjot pembangunan infrastruktur bagi orang kaya seperti jalan tol, bandara, bendungan atau destinasi hiburan yang belum tentu dapat dinikmati dan diakses oleh semua orang.

Seringkali pemerintah lupa dan mengesampingkan beberapa aspek penting lainnya yang tidak kalah penting untuk dibangun demi masa depan Indonesia yang lebih baik. Adapun aspek tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pendidikan

Bukan Cuma Infrastruktur, 5 Poin Ini Juga Penting DibangunPexels/Pixabay

Negara Republik Indonesia dalam Pembukaan dan batang tubuh UUD 1945 menegaskan jika kecerdasan bangsa merupakan salah satu tujuan utama dan semua warga negara berhak menerimanya.

Namun tidak dapat dipungkiri jika saat ini masih banyak anak bangsa yang tidak dapat mengakses pendidikan dikarenakan faktor ekonomi maupun minimnya lembaga pendidikan. Padahal, masa depan bangsa ini bergantung pada anak-anak tersebut juga. 

2. Layanan ramah kaum disabilitas

Bukan Cuma Infrastruktur, 5 Poin Ini Juga Penting DibangunPixabay.com/Stevepb

Semua orang sama dan berhak diperlakukan setara. Faktanya, masih banyak kaum disabilitas masih belum difasilitasi dalam mengakses semua kebutuhannya. Padahal, mereka juga adalah manusia yang sama dengan manusia normal lainnya.

Coba kamu amati sendiri apakah di kampusmu, kantor Gubernur, taman hiburan, Mall atau trotoar di daerahmu telah menyediakan fasilitas yang layak untuk kamu disabilitas. 

Baca Juga: 4 Ancaman Berat yang Harus Diselesaikan Pemerintah Indonesia 

3. Karakter anak bangsa

Bukan Cuma Infrastruktur, 5 Poin Ini Juga Penting DibangunPixabay.com/Dennies025

Melihat berbagai berita belakangan ini dimana pergaulan bebas telah merebak ke seluruh jenjang pendidikan mulai dasar hingga skala pendidikan tinggi membuat kita kehilangan jati diri sebagai bangsa yang menjunjung tinggi martabat dan nilai-nilai kesopanan.

Aspek ini seharusnya menjadi salah satu perhatian penuh pemerintah agar negara ini tetap dikenal sebagai bangsa yang memiliki identitas diri sendiri.

4. Industri Kreatif

Bukan Cuma Infrastruktur, 5 Poin Ini Juga Penting DibangunPixabay.com/Dezalb

Mengingat banyaknya pengangguran di negeri ini, mestinya pemerintah mendorong agar masyarakatnya kreatif dengan memanfaatkan berbagai benda di sekelilingnya menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi.

Selain mampu menciptakan lapangan kerja baru, juga dapat melestarikan budaya lokal atau mengurangi sampah plastik yang sulit diuraikan tanah berpuluh tahun lamanya.

5. Startup

Bukan Cuma Infrastruktur, 5 Poin Ini Juga Penting Dibangunpexels/rawpixel

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat dan memasuki ranah ekonomi seharusnya menjadi magnet bagi pemerintah agar juga mempersiapkan anak bangsa yang mampu memanfaatkan IT demi kemajuan bangsa.

Berbicara soal teknologi informasi pastinya tidak lepas dari koneksi internet. Nah, kamu bisa menggunakan produk dari SMARTFREN yang menawarkan berbagai pilihan paket #Super4GKuota yang ramah di kantong. Kamu bisa membuktikannya sendiri di situs www.smartfren.com/id/super-4g-kuota.

Nah, bagaimana menurutmu, apakah masih ada poin lain yang mesti juga diperhatikan pemerintah? Ayo berani #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu demi masa depan Indonesia yang cemerlang.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Irvin Photo Community Writer Irvin

Merdeka dalam berkarya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 26 Apr 2019 16:15:05

Progress: 310.016 dari 813.350 TPS (38.11594%)

Just For You