[Opini] Semudah Ini Kids Zaman Now Mengerjakan Tugas?

Jika ada materi pelajaran, tinggal difoto saja. Coba, siapa yang seperti ini?

Berbahagialah kids zaman now. Semua serba instan mengerjakan tugas. Modal sentuhan jari dan koneksi internet, semua tugas dapat dikerjakan dengan mudah.

Perpustakaan yang dulu penuh buku, kini harus ditambah fasilitas Wi-Fi agar tidak ditinggalkan penggunanya. Tukang fotokopi yang siap membantu mengerjakan tugas kini berganti menjadi sebuah email.

Kemudahan pengerjaan tugas tersebut perlahan-lahan mengubah cara belajar siswa. Dulu RPUL dan RPAL digunakan untuk mencari istilah, kini berganti dengan mengetik kata kunci pada situs pencarian.

Kamus pun begitu. Tinggal ketik di situs terjemahan, otomatis kata demi kata berhasil diterjemahkan. Parahnya lagi, ada soal perhitungan bisa diselesaikan melalui aplikasi perhitungan otomatis. Sangat praktis bukan?

Kids zaman now kini mulai tidak tahu pengerjaan dasar. Mereka lebih memilih cara cepat untuk mengerjakan tugas. Tidak perlu menguras banyak pikiran dan kertas untuk mengerjakan soal. Yang tambah parah, jika ada catatan guru, tinggal foto saja. Alhasil, banyak yang tidak tahu bagaimana cara menulis yang benar. Praktis sih, tapi sangat tragis bukan?

Zaman boleh now, tapi setidaknya cobalah untuk mengurangi ketergantungan pada teknologi. Bolehlah menggunakan teknologi, tetapi ingat cara manual mengerjakan tugas. Latihlah otakmu agar tidak selalu instan dalam mengerjakan tugas.

Perhitungan yang sangat rumit bagimu bisa ditanyakan kepada orang yang kamu anggap mampu. Selain itu, tugas bahasa asing yang perlu diterjemahkan, sebaiknya cari melalui kamus. Yang paling utama, menulislah catatan di buku saat mendapat pelajaran dari guru.

Menulis catatan tersebut dapat memudahkanmu mengingat pelajaran. Gunakanlah internet untuk mengerjakan tugas jika ada hal yang mendesak. Bagaimana kids zaman now bisa memajukan Indonesia kalau tidak dilatih dasar sejak dini.

Kristi Ani Photo Verified Writer Kristi Ani

Apa?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya