Comscore Tracker

[OPINI] Mengeksiskan Kembali Becak di Tengah Tren Transportasi

#LestarikanBecak #LestarikanBudaya #KurangiPengangguran 

Keberadaan becak di era kemajuan teknologi khususnya bidang transportasi mengalami kemunduran yang memprihatinkan. Kini para tukang becak hanya bisa memikirkan nasibnya sembari duduk santai di atas becak merasakan panasnya siang dan dinginnya malam perkotaan.

Salah satu penyebabnya adalah maraknya ojek daring dan taksi daring yang di pandang masyarakat lebih efisien dan mempermudah rutinitas. Coba kalian amati berapa banyak tukang becak yang masih ada di sekitar rumah kalian? semakin sedikit bukan? tentunya ini secara perlahan akan menambah angka pengangguran jika dibiarkan terus menerus oleh pemerintah dan dinas terkait.

Jadi apa sih langkah yang dapat diambil untuk memberdayakan para tukang becak?

Jadikan becak daya tarik wisata

[OPINI] Mengeksiskan Kembali Becak di Tengah Tren Transportasitheflashpacker.info

Becak sebagai daya tarik wisata adalah potensi yang besar untuk pengembangan pariwisata di setiap kota metropolitan. Para wisatawan mancanegara akan cenderung memilih kota yang memiliki kekhasan melestarikan budaya dan peninggalan sejarahnya untuk tujuan wisata. Langkahnya adalah dengan membagi becak ke dalam beberapa pos kumpul tukang becak yang tersebar di berbagai titik strategis yang berdekatan dengan bangunan cagar budaya atau sejarah.

Sehingga ketika wisatawan ingin mengetahui dan belajar mengenai sejarah tempo dulu dari kota tersebut mereka tidak perlu kebingungan untuk mencari transportasi yang dibutuhkan. Dari sanalah pos-pos kumpul tukang becak menjalankan perannya untuk setia mengantarkan mereka dari satu bangunan bersejarah ke lokasi yang lain. Pemerintah kota dan daerah juga harus terlibat dengan memberikan fasilitas berupa jalur khusus becak di sepanjang jalanan protokol kota, karena tidak mungkin jika para wisatawan dalam tujuan ke lokasi cagar budaya harus terjebak dalam kemacetan kota. Untuk kecakapan berbahasa inggris juga perlu dilakukan pelatihan dari dinas terkait setidaknya bahasa inggris sederhana sehingga para tukang becak mampu menjalin interaksi yang hangat dengan para wisatawan.

Bisa kalian bayangkan jika suatu saat becak tidak lagi dipandang dengan profesi yang erat dengan kemiskinan dan keterbelakangan. Melihat para tukang becak tersenyum di waktu petang pulang menuju rumah masing-masing dengan perasaan gembira karena mereka mendapat perhatian dari pemerintah adalah kebahagiaan untuk masyarakat.

Berikan komunitas yang mewadahi

[OPINI] Mengeksiskan Kembali Becak di Tengah Tren Transportasiinstagram-dm.com

Komunitas sebagai wadah yang menaungi para tukang becak diharapkan mampu merubah pola pikir perorangan untuk berhenti memikirkan nasibnya sendiri. Karena faktanya di jalanan mereka masih memiliki jarak untuk mengekspresikan kepedulian dengan rekan seprofesi.

Dengan memberitahukan bahwa mereka memiliki power  untuk menjadi subjek bukan lagi objek dalam pembangunan di perkotaan. Dari komunitas inilah mereka dapat berbagi keluh kesah sehari-hari dan memberikan inovasi untuk kemajuan taraf hidup dan pendapatannya, tentunya juga melibatkan pemerintah kota dan daerah untuk memberikan dukungan secara penuh. 

Kesadaran bersama, becak adalah bagian dari sejarah

[OPINI] Mengeksiskan Kembali Becak di Tengah Tren Transportasien.wikipedia.org/Cycle_rickshaw

Sejak era sebelum kemerdekaan, becak telah menjadi alat transportasi yang menunjang kebutuhan dan aktivitas sehari-hari. Becak memiliki perjalanan yang panjang dalam berbagai momentum kemajuan negeri ini. Oleh karena itu perlu dilakukan pengenalan kembali akan nilai-nilai sejarah yang melekat pada becak, mampukah kita membayangkan di masa mendatang becak hanya menjadi benda-benda bersejarah yang dimuseumkan?

Tentu tidak bukan? Setelah kesadaran akan pentingnya melestarikan becak mulai tumbuh tentu masyarakat luas akan bijak dalam penggunaan transportasi, masyarakat akan kembali melirik lagi becak sebagai transportasi yang mengingatkan tentang sejarah di masa lalu dan ramah lingkungan. Secara tidak sadar mereka telah membantu untuk mengurangi kemiskinan yang sekarang tengah dirasakan oleh para tukang becak. 

Baca Juga: [OPINI] Sampah Plastik, Nyawa Petani Singkong dan Kehidupan Laut

Mohamad Aby Gael Photo Writer Mohamad Aby Gael

I'm just ordinary, writing what crossed my mind.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya