Millennials of Indonesia: Belajar Hidup Sendiri itu Asyik, Apalagi Jadi Anak Kos!

Kalau masih tinggal bareng orang tua, nggak ada tantangannya #Vol.38

Millennials of Indonesia adalah rangkaian cerita dan pemikiran dari generasi millennial dan gen Z Indonesia. Semua cerita disampaikan oleh anak-anak muda untuk generasinya. Setiap orang punya cerita dan inilah waktunya berbagi, bukan saling menghakimi.


Millennials of Indonesia: Belajar Hidup Sendiri itu Asyik, Apalagi Jadi Anak Kos!AlvitaWibowo/IDNtimes.com

Melissa, 20 tahun.

Saya berasal dari Bekasi, tapi saat ini saya kuliah di Surabaya. Keputusan kuliah di Surabaya ini merupakan sesuatu yang besar, karena lokasinya bener-bener jauh. Banyak keluarga yang bertanya, ngapain kuliah di Surabaya yang begitu jauhnya, padahal di Jakarta ada banyak banget kampus yang bagus. Nggak kenal siapa-siapa di sini, nggak ada saudara juga. Tapi saya tetap memilih ke Surabaya.

Awalnya saya berpikir jauh dari orang tua saya bakal merasa kangen banget, nggak bisa hidup tanpa orang tua. Pas awal-awal memang berat jauh dari orang tua dan jauh dari keluarga. Alone banget rasanya, kayak alien. Tapi pas kemudian dijalani, belajar hidup sendiri itu ternyata asyik, apalagi jadi anak kos. Dibandingin kalau kuliah di Jakarta dan mesti PP Jakarta Bekasi, nggak ada tantangannya. 

Kalau misalnya saya saat ini tinggal di Bekasi dan kuliah di Jakarta, nggak akan saya mengalami yang namanya mikirin ngatur pengeluaran, mikirin besok makan apa, mikirin besok mau ngapain. Soalnya semuanya udah disiapin sama keluarga. Karena saya tinggal sendirian, saya akhirnya belajar mengatur keuangan. Buat ngerjain tugas kuliah, buat makan, buat biaya hidup lain-lain semuanya mesti direncanakan. Pelajaran yang berharga. 

Kalau ada teman-teman yang khawatir kuliahnya nanti bakal jauh dari orang tua, jangan khawatirlah. Nanti dijalanin pasti baik-baik saja, pasti kalian bisa lah menjalaninya. 


Millennials of Indonesia, Vol. 38. A Series by IDNtimes.com

Topik:

Berita Terkini Lainnya