Millennials of Indonesia: Gua Gak Ingin Jadi Lebih Baik dari yang Lain, Cuma Mau Jadi Beda!

Gua berharap bisa memberi pengaruh positif ke orang-orang #Vol.30

Millennials of Indonesia adalah rangkaian cerita dan pemikiran dari generasi millennial dan gen Z Indonesia. Semua cerita disampaikan oleh anak-anak muda untuk generasinya. Setiap orang punya cerita dan inilah waktunya berbagi, bukan saling menghakimi.


Millennials of Indonesia: Gua Gak Ingin Jadi Lebih Baik dari yang Lain, Cuma Mau Jadi Beda!AlvitaWibowo/IDNtimes.com

Chandra Timothy Liow, 23 tahun.

Profesi gua adalah seorang Youtuber dan Film Maker. Saat ini banyak generasi millennial yang ingin jadi YouTuber, terutama mereka tumbuh dengan tidak nonton TV tapi dengan nonton YouTube, Instagram dan banyak platform media sosial lainnya.

Gua sebagai pelaku di industri ini merasa banyak orang yang berpikir banyak orang yang jadi YouTuber itu mudah. Tinggal modal punya kamera, shooting dan keluarin apa yang ada di kepala lo. Tapi hal itu gak berlaku buat gua. Gua gak mau menyampaikan informasi atau keresahan gua dengan cara seperti itu, yang buat gua itu adalah short-cut.

Buat gua kualitas itu penting, baik dari sisi teknis ataupun dari segi konten. Gak banyak orang yang tahu proses gua develop video di YouTube, cukup rumit. Sebagai YouTuber gua harus mikir mulai dari ide, eksekusi, publishing dan after-effectnya. Dengan background gua sebagai film-maker, setiap video yang gua bikin harus melalui proses yang cukup panjang. Cara develop idea yang paling gampang memang melalui keresahan pribadi tapi sebagai YouTuber gua harus berinovasi di outputnya. Harus kreatif dan beda, harus ada karya. 

Dengan menghasilkan output yang berbeda dari YouTuber lainnya, at least saya sebagai YouTuber bisa dilihat orang. Bukan sebagai lebih baik dari YouTuber lainnya, tapi at least orang bisa lihat ini lho Chandra Liow, ini beda. Salah satu contohnya yang kemarin gua bikin music video The Mannequin Challenge Song karena gua ingin menyampaikan keresahan gua saat ngelihat trending video di YouTube. Keresahannya tersampaikan, tapi tetap ada karya.

Gua selalu ingin jadi yang beda. Gua nggak pengen jadi yang lebih bagus dari YouTuber lainnya, tapi hanya ingin jadi orang yang berbeda. Dan menurut gua idealnya pelaku industri kreatif memiliki 2-3 cara pikir, karena orang-orang itu sebenarnya pengen denger cerita mereka, dan kalau penyampaiannya hanya melalui cara itu-itu saja ya orang pasti akan bosan. 

Terakhir, generasi millennial adalah generasi yang gampang meng-influence orang dan juga gampang ter-influence. Sebagai social media influencer, buat gua ada tanggung jawab yang mengikuti. Sama kayak kita percaya Indonesia adalah negara yang bertanggung jawab para pembuat konten pun punya tanggung jawab untuk membuat konten yang bertanggung jawab juga. Ketika lo punya subscriber banyak, lo punya tanggung jawab untuk meng-influence mereka semua, entah itu bisa ke arah positif ataupun negatif. Gua sih selalu berharap bisa memberi influence yang positif ke orang-orang, itu aja sih.

 

Catatan redaksi: Chandra Liow adalah salah satu YouTuber yang mempelopori berdirinya Indovidgram. Channel YouTube Chandra Liow bisa kamu tonton di sini.


Millennials of Indonesia, Vol. 30. A Series by IDNtimes.com

Topik:

Berita Terkini Lainnya