Millennials of Indonesia: Rasa Malu Gak Akan Membawamu Kemana-mana

Mau melawan rasa malu atau tidak, itu dari kemauan diri sendiri #Vol.32

Millennials of Indonesia adalah rangkaian cerita dan pemikiran dari generasi millennial dan gen Z Indonesia. Semua cerita disampaikan oleh anak-anak muda untuk generasinya. Setiap orang punya cerita dan inilah waktunya berbagi, bukan saling menghakimi.


Millennials of Indonesia: Rasa Malu Gak Akan Membawamu Kemana-mana

Bayu Eko Moektito, 24 tahun.

Banyak orang mengenal saya sebagai Bayu Skak. Tapi sebenarnya seorang Bayu Eko Moektito itu bukanlah sosok Bayu Skak terus-terusan. Saya juga punya sisi diri saya sendiri, sementara sosok Bayu Skak adalah sisi yang saya ciptakan untuk menjadi suatu "produk". 

Sebenarnya saya pemalu, tetapi yang menggembleng saya agar mau dilihat orang banyak adalah momen kelulusan sekolah. Waktu kelulusan dulu, ada kompetisi pidato bahasa Inggris. Itu adalah titik balik di mana saya nggak mau dilihat sebagai orang pemalu. Saya memutuskan menggembleng diri saya sendiri dengan berpikir, "Kalau saya tidak melakukan sesuatu yang menggelegar, saat ini, kapan lagi momennya?" Dalam artian, saya harus melawan rasa malu saya saat itu karena saya sebenarnya paling nggak suka ngomong di depan orang banyak. Dulu paling bikin "tremor" tuh. 

Dan berhasil, nyatanya aku bisa  melawan rasa malu itu. Tapi jujur, kadang sampai sekarang masih ada rasa malu. Bahkan, kadang rasa malunya itu sangat dahsyat. Seorang Bayu Skak yang selengekan ternyata masih malu. Tapi yang terpenting adalah bagaimana kita bisa melawan rasa malu itu: ya dengan kemauan kita sendiri. 

Mungkin saat ini banyak anak-anak muda yang ingin melakukan sesuatu di masyarakat. Misalnya saat menonton video saya lalu terinspirasi menjadi YouTuber, tapi malu. Yah, kalau malu terus ya kapan melangkahnya? Saat malu kalian nggak akan dapat apa-apa. Justru saat seseorang berani melawan rasa malunya, baru ia akan berjalan selangkah lebih jauh mendekati tujuannya.
 


Millennials of Indonesia, Vol. 32. A Series by IDNtimes.com

Topik:

Berita Terkini Lainnya