Comscore Tracker

Pekerjaan yang Perlu Dilakukan Pemerintah dalam Memajukan Pelosok

#DearFutureIndonesia Daerah pelosok juga perlu dimajukan

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat luas dan terdiri atas berbagai macam kepulauan, wajar jika terdapat pelosok daerah yang belum terlihat berkembang seperti di kota-kota besar. Namun pemerintah tetap harus memeratakan perkembangan ini agar Indonesia bisa dikatakan sebagai negara yang maju.

Berikut mungkin salah satu hal yang perlu dilakukan pemerintah dalam memajukan daerah pelosok. Apa saja? Mari kita simak.

1. Pemerataan pendidikan

Pekerjaan yang Perlu Dilakukan Pemerintah dalam Memajukan Pelosokpapuawest.com

Perkembangan pendidikan di Papua masih dibilang sangat tertinggal dengan wilayah di Indonesia lain. Bahkan jumlah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) masih terbilang sedikit jumlahnya.

Untuk itu pemerintah perlu untuk memajukan pendidikan di wilayah pelosok dengan lebih giat lagi termasuk di wilayah Papua seperti, mendirikan lebih banyak sekolah dengan fasilitas yang memadai dan mengirim beberapa tenaga pendidik yang berpengalaman.

Sebab, pendidikan merupakan hal yang penting dalam memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas yang kelak berguna demi kemajuan bangsa Indonesia tentunya.

2. Pembangunan di daerah pelosok

Pekerjaan yang Perlu Dilakukan Pemerintah dalam Memajukan Pelosoklinggakab.go.id

Pembangunan di daerah pelosok seperti di Sulawesi Tengah juga sangat mengkhawatirkan. Jalanan utama yang menghubungkan antar desa masih berlapiskan lumpur.

Ini juga pekerjaan yang perlu dilakukan pemerintah dalam memajukan wilayah pelosok dalam masalah pembangunan yang masih sangat tertinggal dengan wilayah Indonesia lain. Mengapa demikian? Karena akses jalan merupakan hal yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup dan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Rumah yang Harus Segera Dirampungkan Pemerintah Baru

3. Perbaikan Perekonomian

Pekerjaan yang Perlu Dilakukan Pemerintah dalam Memajukan PelosokPexels/Rawpixel

Wilayah-wilayah terpencil di Indonesia sejujurnya memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, seperti di Indonesia bagian timur banyak sekali  kekayaan alam seperti tambang emas, mineral, dll. Namun karena terkendala sumber daya manusia yang terbatas akibatnya tidak dapat dikelola dengan baik.

Jika hasil kekayaan ini bisa dikelola dengan baik, mungkin willayah Indonesia Timur bisa menjadi wilayah paling maju. Maka dari itu pemerintah harus sadar akan pengelolaan sumber daya alam yang tersimpan di wilayah-wilayah terpencil.

Selain itu, kita sebagai masyarakat juga harus turut serta dalam menyadarkan pemerintah dalam pengelolaan kekayaan alam yang butuh untuk diolah ini.

4. Pemerataan penyebaran informasi

Pekerjaan yang Perlu Dilakukan Pemerintah dalam Memajukan PelosokPexels/Brett Sayles

Masih banyak daerah pelosok Indonesia yang masih belum tersentuh jaringan internet yang sangat berguna dalam memberikan berbagai informasi, akibatnya mereka yang tinggal di daerah pelosok juga akan tertinggal dengan perkembangan zaman yang semakin maju ini.

Maka pemerintah perlu membangun beberapa jaringan internet agar masyarakat pelosok juga bisa menikmati perkembangan informasi yang ada. Selain itu, mereka bisa menikmati kuota internet super cepat yang telah disediakan oleh Smartfren dengan harga yang sangat terjangkau, agar bisa #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu yaitu dengan paket #Super4GKuota 10GB dengan harga Rp30.000 kamu sudah bisa mengakses berbagai informasi dengan super cepat.

Itulah beberapa hal yang mungkin perlu untuk dilakukan pemerintah dalam memajukan lagi wilayah-wilayah yang ada di pelosok Indonesia. Selain pemerintah sendiri, kita sebagai masyarakat di wilayah-wilayah yang mungkin bisa dibilang tercukupi harus bisa membantu saudara-saudara yang ada di daerah pelosok dengan terus memberikan kontribusi yang lebih baik demi kemajuan Indonesia.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Oktavia Isanur Maghfiroh Photo Community Writer Oktavia Isanur Maghfiroh

just do it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 26 Apr 2019 17:30:04

Progress: 312.931 dari 813.350 TPS (38.47433%)

Just For You