[OPINI] 4 Cara Hargai Temanmu yang LGBT, Mereka Juga Manusia

Gak setuju boleh, tapi jangan menindas

Sebagai makhluk sosial, setiap hari kita hidup berdampingan dengan berbagai macam orang di sekitar kita. Kebanyakan orang mungkin terbilang normal dan biasa-biasa saja. Tapi ada pula minoritas orang yang memiliki perbedaan dari orang pada umumnya. Misalnya mereka yang di bawah spektrum LGBT.

Sebenarnya perbedaan adalah hal yang lumrah, dan seharusnya itu gak menjadi masalah. Namun perbedaan yang dimiliki orang yang di bawah spektrum LGBT terbilang cukup kontroversial sehingga menimbulkan beragam reaksi dari masyarakat. Ada yang cukup santai menghadapinya, tapi ada pula yang terang-terangan menentang.

Namun terlepas dari apapun pandanganmu terhadap LGBT, kamu tentu setuju bahwa mereka tetap adalah manusia. Maka mereka gak boleh diperlakukan dengan hina, tapi justru harus dihargai. Kamu pun wajib menghargai mereka. Tapi bagaimana caranya? Lima hal ini bisa kamu lakukan.

1. Perlakukan mereka seperti biasa

[OPINI] 4 Cara Hargai Temanmu yang LGBT, Mereka Juga Manusiapexels/Helena Lopes

Jika suatu saat kamu bertemu atau bahkan harus berurusan dengan seseorang dari orang yang di bawah spektrum LGBT, apa yang harus kamu lakukan? Perlakukan dia seperti biasa, seperti kamu memperlakukan orang-orang lain. Gak harus menunjukkan kebaikan secara berlebihan, tapi yang pasti jangan mendiskriminasi.

Bahkan gak ada salahnya loh kalau kamu berteman dengannya. Banyak dari antara orang yang di bawah spektrum LGBT adalah orang-orang baik yang pantas dijadikan teman. Jangan percaya dengan anggapan bahwa kamu bisa 'tertular', misalnya orientasi seksualmu tiba-tiba berubah karena berteman dengan mereka. Tenang saja, itu gak akan terjadi kok!

2. Jangan tanyakan hal-hal yang bisa menyinggung

[OPINI] 4 Cara Hargai Temanmu yang LGBT, Mereka Juga Manusiapexels/Christina Morillo

Kemungkinan, kamu punya beberapa pertanyaan yang membuatmu penasaran perihal LGBT. Itu wajar, terutama jika kamu memang gak tahu banyak soal mereka. Tapi coba pikir baik-baik dulu, apakah kira-kira dia akan tersinggung atau merasa gak nyaman kalau kamu menanyakan pertanyaan itu?

Jika kemungkinan jawabannya adalah ya, lebih baik tahan dirimu. Dalam kehidupan sehari-hari pun kemungkinan kamu bisa menahan diri untuk gak bertanya pertanyaan yang bisa menyinggung orang lain. Maka saat bertemu dengan seorang LGBT pun harusnya kamu bisa kan?

Baca Juga: [OPINI] Hierarki Perempuan dalam Prostitusi: Kentalnya Patriarki

3. Jika terjadi diskriminasi, jangan diam saja

[OPINI] 4 Cara Hargai Temanmu yang LGBT, Mereka Juga Manusiafreepik/freepik

Kalau kamu bisa memperlakukan orang yang di bawah spektrum LGBT tanpa diskriminasi, kamu patut dipuji. Tapi kamu tentu sadar bahwa gak semua orang punya sikap sebaik kamu. Diskriminasi terhadap LGBT masih sering kali terjadi, termasuk juga hinaan dan bahkan persekusi.

Jika kebetulan kamu melihat hal semacam itu terjadi, jangan diam saja. Kamu perlu menegur si pelaku dan menolong korban. Kalau perlu, kamu bisa melaporkan kejadian itu pada pihak berwajib. Dan bukan hanya di dunia nyata, hal seperti itu juga bisa terjadi di dunia maya. Jangan takut membela seorang LGBT yang jadi korban bullying di media sosial.

4. Berikan edukasi kepada orang sekitar

[OPINI] 4 Cara Hargai Temanmu yang LGBT, Mereka Juga Manusiafreepik/yanalya

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi selain bertindak setelah diskriminasi terjadi, penting juga untuk berusaha mencegah agar hal itu terus terulang. Cobalah edukasi orang-orang di sekitarmu tentang cara yang benar dalam memperlakukan LGBT.

Soal apakah LGBT itu salah atau benar, itu urusan masing-masing orang. Jika orang-orang di sekitarmu menganggap bahwa LGBT itu salah, kamu gak harus mencoba mengubah pandangan itu. Kamu pun boleh kok berpendapat demikian.

Tapi, coba sebarkan pemahaman bahwa meskipun orang-orang menganggap LGBT salah, bukan berarti mereka berhak mendiskriminasi LGBT. Tindakan diskriminasi, apalagi disertai kekerasan, juga adalah tindakan yang salah. Jika orang-orang di sekitarmu memahami itu, pastilah tindakan diskriminasi kepada orang yang di bawah spektrum LGBT bisa berkurang.

Itulah 5 cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan respek kepada orang yang di bawah spektrum LGBT. Ingat, orang yang di bawah spektrum LGBT juga manusia, jadi perlakukan mereka dengan cara yang sama seperti kamu ingin diperlakukan!

Baca Juga: [OPINI] Yang Perlu Kita Bicarakan Saat Membincangkan Bullying

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya